Cara membuka file ODF di Komputer ber-OS Windows

Cerita ini adalah kejadian yang sangat memprihatinkan di Negara kita, dimana standard Office yang sudah disahkan adalah Open Document Standard, Pembahsan mengenai standard office bisa Anda baca pada tulisan saya sebelumnya dengan judul Standard Open Document Format, tapi untuk membuka format tersebut kita masih merasa kesulitan,  kejadian ini saya alami beberapa bulan yang lalu saat saya sedang ke luar kota dan ingin membuka file dengan format .odt yang simpan di Flashdisk, karena saya biasa menggukan Sytem Operasi Linux maka sebagian File Office yang saya simpan formatnya Open Document, sebenarnya saya sudah berkeliling untuk mencari Warnet yang menggunakan Linux, tapi tidak juga ditemukan akhirnya saya masuk kesalah satu warnet yang menggunakan System Operasi windows, dan benar saat saya mau membuka file tadi tidak bisa dibuka, karena tidak tersedia aplikasi yang mendukung format tersebut.

Jika Anda mengalami masalah seperti saya diatas tidak usah bingung, karena Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan Google Docs, pertama tulis https://docs.google.com/ pada browser yang anda gunakan, jika Anda belum mempunyai akun Gmail, silahkan buat dulu, setelah masuk ke akun Google docs, silahkan klik Upload >File, setelah itu cari file yang ingin Anda buka tadi, 

setelah file yang ingin dibuka tadi ketemu, sekarang kita upload ke google docs dengan cara klik Start Upload, tunggu prosesnya hingga selesai


Lihat sekarang file Anda sekarang sudah tersedia di Akun Google Docs milik Anda, lanjutkan langkah berikut untuk mengambil kembali file tadi ke Format Doc, klik kanan file tersebut pilih download


Langkah terakhir adalah mendownload file yang kita upload tadi ke Format MS Office, pada tab Document pilih microsoft word atau klik langsung MS Office, setelah itu klik download tunggu prosesnya hingga selesai


Sekarang Anda bisa membuka file tadi dengan menggunakan aplikasi yang ada di System Operasi Windows.
Sangat ribet bukan? file yang kita miliki harus di upload terus di download lagi, itulah kejadian nyata di negara kita ini yang sebagian besar menggunakan System Opetasi Berbayar, dan yang lebih memprihatinkan lagi menggunakan OS Bajakan


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara membuka file ODF di Komputer ber-OS Windows"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.