Fungsi tombol Papan Ketik pada LibreOffice Writer

Papan ketik komputer merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol seperti huruf alfabet (A—Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan ketik menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.

Pada Aplikaasi perkantoran terutama urusan ketik-mengetik penggunan tombol-tombol Papan Ketik secara maksimal akan sangat membantu mempercepat pekerjaan. Sampai hari ini masih banyak yang belum paham  beberapa  fungsi  tombol sederhana tersebut padahal setiap hari sudah memakainya (termasuk saya)

Dibawah ini saya susun tulisan dari beberapa fungsi tombol pada papan ketik yang sering saya pergunakan: 

Silakan Klik untuk melihat gambar  lebih besar
  1. Tombol Q (A) sampai M (Z): Untuk mengetik abjad-abjad atau aksara, hingga membentuk kalimat.
  2. Tombol Angka dan Tombol Simbol LainApabila SHIFT ditahan dan diikuti dengan menekan tombol tersebut, maka lambang yang ditempatkan pada bagian atas yang akan muncul. Apabila SHIFT tidak ditahan dan diikuti dengan menekan tombol tersebut, maka lambang pada bagian bawah yang akan muncul.
  3. Tombol CAPS LOCK: Apabila aktif, lampu indikator akan menyala dan semua huruf yang diketik akan berwujud kapital. Lampu indikator keyboard umumnya tiga. Terletak di kanan atas. Indikator CAPS LOCK berada di tengah. Apabila tidak aktif, indikator CAPS LOCK akan padam dan semua huruf yang diketik muncul dalam bentuk kecil.
  4. Tombol SHIFT: Apabila ditahan dan diikuti tombol huruf, akan menghasilkan bentuk huruf yang berlawanan dengan kondisi CAPS LOCK. Apabila CAPS LOCK aktif, maka yang muncul adalah huruf kecil dan sebaliknya. Apabila ditahan dan diikuti tombol simbol yang memiliki dua tingkat lambang, maka yang muncul adalah simbol di bagian atas. Apabila tidak ditahan, simbol yang muncul adalah simbol pada bagian bawah.
  5. Tombol SPASI: Umumnya berupa tombol terpanjang. Tombol ini digunakan untuk memberikan jarak antara satu kata dengan kata yang lain. 
  6. Tombol ENTER: Untuk menurunkan tanda sisip pada baris di bawahnya sekaligus membentuk paragraf baru. Tanda sisip adalah garis pendek vertikal berkedip. Ketika mengetik, karakter demi karakter muncul dari tanda sisip.
  7. Tombol BACKSPACE: Kadang, hanya berlambang sebuah tanda panah kiri. Kadang pula, dengan tulisan BACKSPACE. Selain itu, ada pula yang mencantumkan keduanya. Tombol ini untuk menghapus karakter di kiri tanda sisip.
  8. Tombol DELETE: Menghapus karakter di sisi kanan tanda sisip.
  9. Tombol INSERT: Jika Tombol ini Aktif pada saat kita melakukan pengetikan maka satu huruf di depannya yang sudah ada sebelumnya secara Otomatis terhapus dan diganti dengan huruf yang kita ketik tadi.
  10. Tombol HOMETombol ini berguna untuk kembali secara cepat ke posisi awal baris pada saat kita melakukan pengetikan.
  11. Tombol END: Tombol ini fungsinya kebalikan dari tombol HOME, yaitu untuk meletakkan krusor /tetikus secara otomatis ke akhir baris.
  12. Tombol Page Up: Jika kita menekan tombol ini maka secara otomatis letak krusor akan melompat naik satu halaman yang sedang aktif.
  13. Tombol Page Down: Jika kita menekan tombol ini maka secara otomatis letak krusor akan melompat turun satu halaman yang sedang aktif
  14. Tombol ARAHTerdiri atas empat buah. Lambang yang tertera menandakan fungsi masing-masing tombol.
  15. Tombol TAB: Saat mengetik, tombol ini akan membuat tanda sisip melompat untuk jarak yang telah ditentukan. Tombol TAB berada di atas tombol CAPS LOCK. Letaknya di kiri papan ketik.
  16. Tombol CTRL dan ALT: Kedua tombol ini hanya berfungsi bila dibarengi tombol lain. Berada di bagian bawah keyboard dan umumnya terdapat dua buah (seperti pada tombol SHIFT)
  17. Tombol Pagar: Tombol ini fungsinya sama dengan Klik Kanan pada Tetikus.
Untuk beberapa tombol lainnya yang tidak saya sebutkan diatas silakan dicoba sendiri untuk mengetahui fungsinya.
Sumber: Dasar-dasar OpenOffice.org 3.0 Write


Papan ketik tanpa logo windows

Catatan
Dalam tulisan ini Kita berpedoman pada papan ketik (keyboard) standard dengan beberapa tombol yang pada umumnya sering kita pakai, keterangan dari papan ketik tersebut bisa Anda baca di bawah ini: 

Ada sejumlah ketentuan yang berbeda dari simbol-simbol abjad, angka, dan tanda baca pada tombol. Perbedaan tata letak papan ketik ini timbul terutama karena orang yang berbeda membutuhkan akses yang mudah ke simbol yang berbeda, atau karena mereka memasukkan teks dalam berbagai bahasa, baik karena mereka memiliki ketentuan khusus di bidang matematika, akuntansi, pemrograman komputer atau keperluan lainnya. Tata letak papan ketik di Amerika Serikat digunakan sebagai sistem operasi yang paling populer saat ini, Mac OS X, Windows, dan Linux. 
Sebagian besar ketentuan umum tata letak papan ketik (papan ketik berbasis QWERTY dan sejenisnya) dirancang di era mesin ketik mekanik, sehingga ergonomi mereka harus sedikit dikompromikan untuk mengatasi beberapa keterbatasan mesin tik mekanik.

Papan ketik AZERTY

Kompromi tersebut misalnya tombol huruf menempel pada tuas yang diperlukan untuk bergerak bebas. Penemu Christopher Sholes mengembangkan tata letak QWERTY untuk mengurangi kemungkinan gangguan. Dengan munculnya komputer, gangguan tuas tidak ada masalah lagi, tapi tata letak QWERTY diadopsi untuk papan ketik elektronik karena tata letak tersebut telah banyak digunakan. Alternatif desain seperti papan ketik Dvorak tidak digunakan secara luas. Tata letak QWERTZ digunakan secara luas di Jerman dan sebagian besar Eropa Tengah. Perbedaan utama antara QWERTZ dan QWERTY, letak Y dan Z ditukar, dan karakter yang paling khusus seperti tanda kurung diganti dengan karakter diakritik. Tata letak AZERTY digunakan di Perancis, Belgia dan negara-negara di sekitarnya. Tata letak AZERTY berbeda dengan tata letak QWERTY. Pada tata letak AZERTY, letak huruf A dan Q ditukar, huruf Z dan W ditukar, dan huruf M dipindah dari sebelah kanan huruf N ke sebelah kanan huruf L (tanda titik dua/tanda titik koma di papan ketik Amerika Serikat). Posisi unshifted digunakan untuk karakter beraksen. (sumber: Wikipedia Bahasa Indonesia)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fungsi tombol Papan Ketik pada LibreOffice Writer"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.