Banyak Group dengan Anggota Sama


Dengan kemajuan Teknologi yang begitu cepat terutama Akses Internet yang sudah semakin murah, maka sekarang sudah tidak bisa dipungkiri lagi hampir semua orang baik anak-anak ataupun orang dewasa sudah pasti mengenal yang namanya Jejaring Sosial terutama Facebook.

Dengan hadirnya banyak Jejaring sosial tersebut semakin mepermudah jalinan pertemanan walaupun jarak antara orang satu dengan lainnya berjauhan.

Mungkin karena bosan dengan tampilan facebook atau fitur yang itu-itu saja maka pengguna facebook mulai mencoba mencari kesenangan baru yaitu membuat suatu group, belakangan ini terjadi Fenomena tersendiri yakni banyaknya grup-grup baru yang bermunculan, dalam hal ini Group OpenSource, sebenarnya dengan banyaknya group-group tersebut sangatlah baik.

Namun bagi saya pribadi kadang agak merasa terganggu dengan kehadiran grup-grup baru yang banyak bermunculan itu. Ketika sedang melihat notification, diantara pemberitahuannya ada saja ajakan untuk gabung di salah satu grup yang anggotanya orang yang sama dengan group yang sudah ada lebih dulu.


Ada-ada saja teman yang membuat group baru dengan nama berbeda, ada yang karena tidak puas dengan group dia ikuti sebelumnya, ada juga waktu awal membuat group bersemangat sekali menulis blog tentang OpenSource terus di share pada group yang dia sendiri menjadi Adminnya, bahkan saya pernah baca disalah satu postingannya kalau dia mempunyai target sehari harus menulis satu Blog walaupun cuma hasil translate dari tulisan yang sudah ada, padahal dia punya misi lain yang berhubungan dengan Bisnis, dan seperti perkiraan saya sebelumnya, setelah dia sukses dengan Bisnisnya orang tersebut jarang nulis Blog, bahkan keluar dari Group yang pernah dibanggakannya.


Ada juga yang rajin membuat group baru, tapi setelah itu dia tinggalkan dan tidak pernah mengurusi group tersebut, dan dia membuat group baru lagi begitu berulang kali, dan yang lebih meprihatinkan lagi orang tersebut statusnya masih sebagai Admin di group yang ditinggalkannya.

Belakangan ini saya sering mendapatkan group yang tidak memiliki aturan khusus bagi anggotanya, karena tidak memiliki aturan yang jelas maka group tersebut banyak berisi Spam dan para Admin-nya diam saja, padahal Admin dari group tersebut lebih dari tiga orang.

Dengan kemudahan yang diberikan facebook, tentunya semua orang bisa membuat grup. Bahkan satu orang bisa membuat banyak grup jika ia mau namun efektifkah cara ini?.

Sebenarnya tidak masalah dengan kehadiran grup-grup tersebut. Namun menurut saya kurang efektif jika terlalu banyak group tapi isinya orang yang sama.

Hanya tulisan iseng di malam minggu, semoga tidak ada yang tersinggung, salam OpenSource.

 

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Banyak Group dengan Anggota Sama"

  1. kita juga punya nih artikel mengenai Open Source, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1169/1/50407311.pdf
    trimakasih

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.