Salah Kaprah Dunia Komputer

Dalam dunia TI terutama bahasa komputer kita sering menemukan penyebutan istilah yang salah dengan barang yang sebenarnya, atau sering disebut salah Kaprah, misalnya menyebut Komputer dengan CPU, menyebut Random-Access Memory (RAM)  dengan memori saja, dan lain-lain. 


CPU

Dalam kehidupan sehari-hari orang sering salah kaprah dalam penyebutan CPU, kebanyakan orang-orang menyebut perangkat Elektronika yang terdiri dari Motherboard, Processor, RAM, Hard disk, CD-Rom, Cassing, dan Power Supply yang dirakit menjadi satu disebut CPU.
Contoh beberapa jenis CPU/Processor

Padahal secara harifah CPU adalah Processor bukan satu perangkat komputer seperti yang dijelaskan pada halaman Wikipedia dibawah ini:
A central processing unit (CPU), also referred to as a central processor unit, is the hardware within a computer that carries out the instructions of a computer program by performing the basic arithmetical, logical, and input/output operations of the system. The term has been in use in the computer industry at least since the early 1960s. The form,design, and implementation of CPUs have changed over the course of their history, but their fundamental operation remains much the same.
 Lebih lengkapnya silakan baca di: http://en.wikipedia.org/wiki/Central_processing_unit

Salah kaprah penyebutan kata komputer menjadi CPU semakin parah lagi dengan adanya buku-buku TIK yang beredar saat ini bahkan buku TIK SD saja menyebutkan satu perangkat komputer tanpa Papan Tik, Tetikus, dan Monitor sebagai CPU, berikut kutipan dari salah satu buku tersebut
  • hardi ingin tahu cara kerja cpu
  • hardi mengamati ayah menyalakan cpu
  • ayah menekan tombol utama cpu
  • cpu mulai menyala
[buku TIK SD kelas I halaman 28 penerbit Yudistira]

Saya sebagai tukang service [komputer] yang setiap hari bersinggungan langsung dengan masalah ini juga bingung untuk menjelaskan ke customer yang sudah terbiasa memakai kata CPU daripada kata komputer karena mereka beranggapan bahwa komputer itu ya terdiri dari CPU [tadi], Keyboard, Mouse, dan Monitor.
Misalnya kasus seperti berikut
Customer: komputer kantor saya rusak, bapak bisa datang untuk betulin?
Saya: kalau datang ke kantor bapak saat ini tidak bisa, bawa saja komputernya kesini 
eh, besoknya sopir bapak tersebut datang membawa komputer lengkap dengan monitor, Keyboard, Mouse, dan Printer ke kios saya.

Sebenarnya saya bisa saja bilang “CPU-nya saja yang dibawa ke sini”, ya kalau bapak tersebut orang biasa yang gak tahu istilah dunia komputer tidak akan ada masalah, tapi kalau bapak tersebut paham dengan istilah komputer maka kasusnya akan berbeda, misalnya dia akan tanya lagi “berarti Processornya saja dilepas terus dibawa kesini ya pak”?.

Tulisan ini terinspirasi percakapan di twitter dengan pak Mohammad Anwari waktu beliau mengomentari iklan penjualan komputer saya.




Sebagai generasi yang peduli dengan penggunaan bahasa yang benar kita punya kewajiban meluruskan beberapa salah kaprah tersebut.  


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Salah Kaprah Dunia Komputer"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.