Mengapa Buku TIK Berbasis Open Source Perlu Ada?

Sesuai Judul di atas, tulisan saya kali ini mengenai perlunya Buku TIK berbasis OpenSource di negara kita karena saat ini dunia pendidikan terutama yang berkaitan dengan TIK sebagian besar tidak jauh dari yang namanya Software bajakan, dengan berbagai keterbatasan dan alasan yang sebenarnya sudah ada solusinya  yaitu menggunakan OpenSource, namun untuk implementasi dan menerapkannya  masih sulit, sehingga  para pendidik (guru) sampai sekarang masih terpaksa mengajar pelajaran komputer dengan menggunakan software bajakan.

Dalam tulisan ini kita kesampingkan dulu Dinas Pendidikan dan tidak perlu menyalahkan mereka, sebaiknya kita sebagai Komunitas Open Source berkaca dulu apakah benar-benar memang sudah siap untuk membantu Implementasi Open Source pada dunia pendidikan?.

Berikut ini contoh kecil dan sederhana  keterbatasan yang dialami oleh para guru TIK  sesuai riset kecil-kecilan yang saya lakukan
  • Guru TIK rata-rata tidak [belum] menguasai  Aplikasi Open Source, baik untuk dirinya sendiri maupun untuk diajarkan kepada siswa, sedangkan buku TIK berbasis Open Source sampai saat ini masih sedikit, kalaupun ada masih jauh dari kata memadai, contoh buku TIK BSE memang sudah bagus namun masih banyak kekurangannya, misal buku untuk SMP dan SMA/SMK isinya hampir sama, contoh: buku TIK SMP ada pelajaran mengetik dengan menggunakan OpenOffice, di SMA/SMK juga begitu, bahkan dengan materi yang hampir sama cuma beda penulis dan pengarangnya.

    Disini peran Komunitas OpenSource di Indonesia masih kurang terlihat andilnya, misalnya masih jarang ada yang mau membuat (menulis) buku TIK berbasis OpenSource, padahal kalau saya pantau di Jejaring Sosial maupun di millis mereka sangat menggebu-gebu dalam mengadakan Sosialisasi OpenSource dengan mengadakan Workshop atau pengenalan Open Source yang disertai berbagai agenda dan usulan-usulan yang sangat bagus, tapi setelah acara tersebut selesai apa yang terjadi?.
Dengan adanya masalah di atas maka dengan segala keterbatasan yang ada, saya mulai menyusun Buku TIK berbasis Open Source, saya sengaja menyusun mulai dari Tingkat Sekolah Dasar.
-
Saya sangat menyadari bahwa buku yang saya susun masih banyak kekurangannya, karena sebenarnya menulis buku untuk anak-anak itu tidak mudah (kesulitan-kesulitan menyusun buku untuk anak akan saya tulis pada artikel berikutnya). Karena masih banyaknya kekurangan tersebut, untuk itu, kritik dan saran dari para pengguna buku yang saya tulis sangat diharapkan, silakan kirim kritik dan saran Anda ke istanalinux@gmail.com.

Untuk yang tertarik dengan buku TIK berbasis Open Source silakan unduh di bawah ini


Tautan yang berhubungan dengan tulisan ini
Saatnya Buku TIK Berbasis Open Source Masuk Kurikulum

Sampul Buku TIK SD Kelas I


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Mengapa Buku TIK Berbasis Open Source Perlu Ada?"

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.