Blokir Iklan di Youtube


Artikel ini hanyalah sebuah keprihatinan saya terhadap tingkah laku pengguna Internet di Indonesia, mungkin saja isinya bisa menimbulkan sedikit kotroversi.

Jika dipikir-pikir, kadang saya agak sedikit miris dengan kelakuan orang-orang Indonesia yang maunya gratis melulu tanpa mau memberi imbal balik sedikitpun, hal ini bahkan menimpa juga pada sebagian orang penggerak F/LOSS, misalnya mereka dengan teganya memblokir iklan di Youtube dengan Addon agar video tutorial  saat mereka nonton bersih dari iklan.

Apakah mereka tidak berpikir sedikitpun bahwa si pembuat video tutorial juga butuh tenaga ekstra untuk membuat video tersebut, dan tentunya membutuhkan "Bandwidth" yang lumayan kecang untuk upload.

Sebagai contoh: Sebuah video dengan durasi 19 menit menampilkan iklan yang durasinya hanya 14 detik kok ya diblokir juga, padahal ukuran video tersebut besarnya 45 MB.

Video dengan durasi 19 menit
Iklan cuma 14 detik kok diblokir
Ukuran video 45 MB
Sedangkan untuk menghasilkan video dengan ukuran 45 MB harus dilakukan berbagai cara, termasuk memperkecilnya dengan aplikasi convert tertentu (ukuran aslinya 90an MB).


Yang paling miris lagi adalah, sebagian orang yang suka blokir iklan adalah pemilik akses internet yang melimpah (unlimited), sedangkan pembuat video tersebut hanya menggunakan internet dengan jaringan GSM yang kuotanya dibatasi oleh provider, kalau sudah begini maka akhirnya orang yang ingin berbagi ilmu melalui video tutorial dengan mengharapkan imbalan sedikit receh jadi malas.

Saya kok malah jadi ingat saat blog ini saya pasangi Adsense, tulisan berisi tutorial komputer eh yang muncul malah iklan Shampo, begitu saya lakukan pengaturan agar iklan yang tampil sesuai konten tulisan, eh yang muncul malah iklan jualan komputer, padahal pekerjaan saya juga jualan komputer, nek wis ngene aku kudu piye jal?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Blokir Iklan di Youtube"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.