Mengatur Ukuran Garis di Inkscape

Dalam penggunaan aplikasi Desain Grafis Vektor Inkscape, masalah yang paling sering ditanyakan oleh pengguna pemula yang baru saja belajar adalah cara merubah mengubah ukuran garis. Di group Facebook Inkscape Indonesia pertanyaan ini sudah beberapa puluh kali ditanyakan, namun sampai saat ini masih belum banyak yang menulis dokumentasinya, semoga dokumentasi sederhana ini bisa menjadi jawaban jika ada yang bertanya lagi.

Untuk mengatur ukuran garis standar dapat dilakukan menggunakan jendela pengaturan (dialog box) Fill and Stroke => Style Stroke => Width, untuk menampilkan jendela pengatruan Fill and Stroke dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu klik ikon pada Command Bar atau tekan tombol Shift+Ctrl+F, cara lainnya adalah dengan klik dua kali Style Indicator pada Status Bar.

Namun cara di atas tidak dapat digunakan untuk mengatur garis jenis Triangle in, Trianggle Out, dan Ellipse yang dibuat dengan Pencil Tool dan Bezier width Pen Tool dikarenakan sebenarnya garis jenis ini bukanlah garis stroke secara nyata namun sebagai object Shape.

Untuk mengatur garis Triangle inTrianggle Out, dan Ellipse yang dibuat Pencil Tool dan Bezier width Pen Tool dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Path Effect Editor => Spiro spline+Pattern Along Path. Untuk menggunakan fitur ini dapat dilakukan dengan menampilkan jendela pengaturan Path Effect Editor dengan cara klik Path => Path Effect Editor atau tekan Shift+Ctrl+7

Setelah Jendela pengaturan Path Effect Editor tampil, lakukan pengaturan dengan mengubah nilai pada Pattern Along Path pada kotak Width, Anda juga ada mengatur nilai pada kotak lainnya.



Di bawah ini adalah video dari tutorial sesuai tema dari tutorial ini



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengatur Ukuran Garis di Inkscape"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.