Klarifikasi untuk Fanspage SMPN 1 Semarang

Tulisan ini saya buat sebagai klarifikasi pada salah satu postingan di Fanspage SMPN 1 Semarang, dengan adanya klarifikasi ini semoga tidak terjadi salah paham lagi oleh pembacanya.

Hari Rabu tanggal 16 Maret 2016 adalah jatah saya ngajar eskul Desain Grafis dengan Inkscape, hari itu adalah pertemuan kedua saya ngajar eskul di sekolah tersebut, adapun ruangan yang digunakan adalah Lab. Biologi lantai 2.
Seperti pada pertemuan sebelumnya, eskul dimulai jam 14.00 WIB dan berakhir pukul 16.00. Adapun materi pada pertemuan kali ini adalah menggambar Landscape dan sekilas mempelajari cara desain logo. Materi menggambar landscape dapat Anda baca di artikel Menggambar Pemandangan dengan Inkscape, sedangkan salah satu materi mempelajari logo dapat Anda lihat pada video di Youtube dengan judul Create tile Clones.

Di bawah ini adalah gambar postingan di di Fanspage SMPN 1 Semarang

Kemudian ada yang komentar begini "Pake windows tu masian", lebih jelasnya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini

Berikut kronologi sebenarnya yang terjadi
  • Pukul 14.07 WIB eskul dimulai dengan pembacaan doa sebelum acara dimulai, siswa yang resmi ikut eskul adalah 5 (lima) siswa/i, seharusnya sih 6 (enam) siswa/i, tapi yang satu siswa tidak datang. 2 Siswa menggunakan komputer desktop, sedangkan 3 siswa/siswi menggunakan Laptop. Komputer Desktop terinstall Windows dan Ubuntu (dualboot). 
  • Ketika pelajaran desain, 2 siswa yang menggunakan komputer desktop login dengan Ubuntu, sedangakn 3 siswa/i lainnya menggunakan windows di laptop masing-masing.
  • Sekitar 30 menit pelajaran desain berjalan, tiba-tiba listrik dari PLN padam sehingga siswa yang menggunakan komputer desktop terpaksa tidak dapat mengikuti pelajaran desain.
  • Sekitar 10 menit listrik nyala lagi, siswa yang menggunakan komputer desktop menyalakan komputer, karena si siswa belum terbiasa menggunakan Ubuntu maka pas pemilihan sistem operasi ia malah pilih  login ke Windows (sudah kebiasaan).  kemudian acara eskul dapat diikuti kembali oleh semua siswa/i. 
  • Sekitar Jam 15.15 WIB pihak sekolah mengambil gambar untuk dokumentasi, gambar inilah yang akhirnya diposting di Fanspage SMPN 1 Semarang kemudian dishare oleh lebih dari sepuluh orang. 
Di bawah ini adalah beberapa foto yang saya ambil menggunakan kamera HP buatan china yang saya miliki
-
-
-

Demikian klarifikasi yang dapat saya sampaikan, semoga kita tetap semangat untuk memajukan gerakan Open Source di Indonesia terutama dalam bidang Pendidikan.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Klarifikasi untuk Fanspage SMPN 1 Semarang"

  1. Alhamdulillahi rabbil 'alamin. Terima kasih atas niat dan kerja keras Pak Sokhibi mengajarkan komputer dengan perangkat lunak bebas dan memiliki semangat besar untuk meniadakan perangkat lunak yang tak menunaikan hak penggunanya (Windows) yang semangat itu adalah terpuji. Semoga kita tetap semangat memajukan gerakan perangkat lunak bebas di Indonesia terutama di bidang pendidikan. Semoga sehat wal afiat selalu untuk Pak Sokhibi dan semua.

    Wassalamu'alaykum,

    Ade Malsasa Akbar

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.