Memasang Inkscape 0.92 di BlankOn X Tambora

Seperti yang telah kita ketahui bersama, awal bulan ini Proyek BlankOn telah merillis BlankOn seri kesepuluh yaitu BlankOn X Tambora. Dalam BlankOn X Tambora sudah tersedia berbagai aplikasi yang siap digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk aplikasi grafis, dalam hal ini sudah menyertakan Inkscape .091.

Beberapa hari kemudian Pengembang Inkscape merillis Inkscape versi terbarunya, yaitu Inkscape 0.92, lha terus apa hubungannya?
Tidahk ada sih 

Beberapa teman ada yang bertanya, bagaimana cara install Inkscape 0.92 di BlankOn X Tambora?
Ah.... sebenarnya mudah saja kok, namun tetap saja ada beberapa teman yang tidak berani  ambil resiko install Inkscape 0.92 di komputernya

Berikut ini catatan singkat cara memasang Inkscape 0.92 di BlankOn X Tambora.

Sebelum melakukan langkah ini sebaiknya baca artikel Cara Menambahkan Repository Debian ke BlankOn X Tambora, karena artikel ini merupakan lanjutan dari artikel tersebut. 

Langkah pertama adalah menghapus Inkscape 0.91 yang sudah terpasang secara baku, karena cara inilah yang paling mudah dilakukan. Pemulis pernah mencoba upgrade secara langsung dari Inakcap 0.91 ke 0.92 dan hasilnya gagal total.
Untuk menghapus Inkscape 0.91 di BlankOn X Tambora dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui Terminal dan Synaptic Manager Paket. Dalam contoh tulisan ini menggunakan Synaptic Paket Manager, alasannya kalau pakai Terminal nanti dikira Hacker.

Untuk membuka Synaptic Manager Paket dapat dilakukan dengan klik Menu Utama BlankOn => Administrasi => Synaptic Manager Paket.


Setelah Synaptic Manager Paket terbuka, lakukan pencarian aplikasi Inkscape 0.91 yang akan dihapus, caranya klik tombol Cari, pada kotak kecil yang tampil ketik kata kunci Inkscape, kemudian tekan Enter atau klik tombol Cari, tunggu beberapa saat hingga aplikasi ditemukan.

Langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi yang akan dicabut (dalam hal ini inkscape), caranya seperti berikut: klik kanan tulisan Inkscape, pilih Tandai untuk Dicabut Habis, maka segera tampil konfirmasi Tandai yang lain? untuk melakukan pencabutan suatu aplikasi berikut beberapa paket lainnya, klik tombol Tandai


Maka segera tampil jendela konfirmasi untuk menerapkan operasi yang akan dilakukan, klik tombol Apply untuk menerapkannya.


Sesaat setelah tombol Apply ditekan maka proses pencabutan aplikasi segera berlangsung, tunggu prosesnya hingga selesai
Langkah selanjutnya adalah melakukan pembaruan paket atau memuat ulang repository pada Synaptic, karena jika langsung melakukan pemasangan Inkscape 0.92 akan terjadi error atau galat sepeti gambar di bawah ini

Klik tombol Muat Ulang (reload) pada pojok kanan atas di bawah Menu Bar pada Synaptic


Maka preses menguduh paket dan pembaruan Repository berlangsung, tunggu hingga selesai.

Setelah proses pembaruan repository selesai, saatnya untuk memasang Inkscape 0.92, caranya sebagai berikut;
  • Klik tombol Cari, pada kotak kecil yang tampil ketik kata kunci Inkscape, kemudian tekan Enter atau klik tombol Cari, tunggu beberapa saat hingga aplikasi ditemukan.
  •  Langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi yang akan dipasang (dalam hal ini inkscape), caranya klik kanan tulisan Inkscape, pilih Tandai untuk Dipasang.


  •  Maka segera tampil konfirmasi Tandai yang lain? untuk melakukan pencabutan dan pemasangan suatu aplikasi berikut beberapa paket lainnya, klik tombol Terapkan (Apply).

Sesaat setelah tombol Apply diklik maka proses pemasangan aplikasi beserta paket lainnya segera berlangsung, tunggu prosesnya hingga selesai. Lamanya proses pemasangan tergantung seberapa besar paket yang diunduh dan kecepatan Internet yang digunakan.

Jika ketika proses pemasangan Inkscape berlangsung, muncul konfirmasi untuk memperbarui paket lain klik tombol Forward, dalam hal ini terjadi pembaruan pada Debconf-editor yang digunakan penulis untuk mengatur tampilan Ikon pada submenu Aplikasi.

Jika muncul kembali konfiramsi seperti gambar di bawah ini, klik tombol Forward untuk melanjutkan proses pemasang
Maka proses pemasangan dan pencabutan perangkat lunak berlangsung kembali, tunggu hingga selesai, jika sudah selesai klik tombol Close.

Catatan:
  • Agar Anda tidak perlu menekan tombol Close setelah proses pemasangan perangkat lunak selesai, beri tanda centang pada kotak Automatically close after the changes have been successfully applied 
Setelah proses pemasangan aplikasi selesai, tutup Synaptic Paket Manager.
Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa aplikasi yang baru saja di pasang pada BlankOn X Tambora tidak secara otomatis muncul pada menu aplikasi pada Panel Kiri, sehingga aplikasi tersebut dapat langsung digunakan. Agar aplikasi yang baru saja dipasang muncul pada menu, lakukan logout Destop Manokwari yang Anda gunakan, kemudian masuk kembali ke Destop.
Cara lainnya untuk memunculkan aplikasi yang baru saja selesai dipasang pada menu dapat dilakukan melalui Terminal dengan perintah $ pkill manokwari


 Di bawah ini adalah tampilan Inkscape 0.92 yang setelah berhasil dirpasang pada BlankOn X Tambora


Demikian tutorial singkat Cara  Memasang Inkscape 0.92 di BlankOn X Tambora yang dapat penulis sampaikan pada tulisan singkat kali ini, sampai jumpa pada tulisan lainnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Memasang Inkscape 0.92 di BlankOn X Tambora"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.