Buku Bermain dan Belajar dengan GCompris

Puji syukur penyusun panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, akhirnya Buku Bermain dan Belajar dengan GCompris ini dapat terselesaikan. Buku ini saya susun berdasarkan artikel dari situs Panduan BlankOn linux (http://panduan.blankonlinux.or.id/) yang ditulis oleh Muhammad Mustofa.

Buku ini sengaja saya susun ulang sebagai langkah awal untuk memenuhi kebutuhan buku anak-anak agar dapat belajar sambil bermain secara menyenangkan dengan menggunakan aplikasi permainan (game) yang berbasis kode sumber terbuka (open source).  Buku ini berisi panduan cara-cara bermain dan belajar dengan mudah menggunakan software open source yang dapat diunduh (download) dan digunakan secara gratis.

Dengan adanya buku ini kami (penyusun dan penulis) berharap semoga anak-anak dapat belajar sambil bermain dengan menggunakan Aplikasi murah tanpa harus memakai aplikasi bajakan. Penyusun dan Penulis berharap dengan adanya buku ini, semoga akan hadir juga buku Bermain dan Belajar secara menyenangkan lain  yang ditulis orang lain sehingga dapat saling melengkapi.

Buku ini berisi panduan dasar cara menggunakan aplikasi permainan pendidikan GCompris. Buku ini diperuntukkan untuk orang tua agar dapat mengajarkan dan mendampingi anaknya belajar menggunakan komputer lewat permainan yang mengasikkan.

Gcompris yang digunakan penyusun pada buku ini adalah versi 15.10 yang berjalan di atas Sistem Operasi BlankOn Linux versi X yaitu BlankOn Tambora, maka dari itu sangat memungkinkan terdapat perbedaan pada sistem operasi lain yang pembaca gunakan. Walaupun GCompris yang digunakan oleh penyusun sudah menggunakan versi yang termasuk baru, namun buku ini tetap dapat digunakan sebagai panduan untuk Gcompris versi sebelumnya, hal ini dapat terjadi karena sebagian besar permainan pada GCompris versi baru sudah ada pada versi sebelumnya. 

Terima kasih kepada teman-teman Pengembang BlankOn Linux dan Komunitas Open Source seluruh Indonesia atas semua dukungannya, tanpa dukungan kalian semua buku ini tidak dapat tersusun dengan baik.

Penyusun dan Penulis menyadari bahwa buku ini masih banyak kekurangannya. Untuk itu, kritik dan saran dari para pengguna buku ini sangat diharapkan. Akhir kata, terima kasih telah menggunakan buku ini. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua.





NB:
  • Pembaca boleh menyebarkan buku versi digital ini ke masayarakat yang membutuhkan baik secara online ataupun offline, juga dipersilakan untuk membuat mirror di berbagai web atau server pembaca miliki.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Buku Bermain dan Belajar dengan GCompris"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.