Telpon Lewat Internet Tidak Gratis

Hingga hari ini masyarakat yang baru mengenal Smartphone (ponsel cerdas) banyak yang benar-benar belum smart, bisa dibilang lebih cerdas ponselnya dibanding yang makai. Misalnya ada yang bilang bahwa nelpon lewat internet itu gratis, padahal sebenarnya tetap bayar. Belum lama ini penulis ngobrol-ngobrol dengan Calon Customer yang sok cerdas, berikut kurang-lebih obrolannya.


C: Calon Customer - P: Saya
  • C: Laptop saya LCDnya pecah, mas-e bisa benerin?
  • P: Gak bisa, harus ganti
  • C: Di sini punya gak?
  • P: Merek dan seri Laptopnya apa
  • C: Toserba xyz 12345
  • P: Stok sedang kosong pak, kalau pesan bisa dicarikan
  • C: Kalau sudah ada saya kabari ya mas, punya WA kan mas?
  • P: Punya, jawab saya sambil nyodorin kartu nama
Kemudian dia menerima kartu nama saya dan memberikan nomor WAnya dengan menulis di atas kertas kosong
  • C: Kalau sudah ada kabari ya, telpon aja lewat WA, gratis kok kalau telpon lewat WA
  • P: Yang bener aja, Telpon lewat WA itu tidak gratis, malah yang menerima telpon ikut bayar
  • C: Gak kok bayar mas, kalau saya telpon pakai WA pulsa saya tidak berkurang.
  • P: Ya pulsanya tidak berkurang, tapi kuotanya berkurang, coba aja telpon WA tapi paket data seluler dimatikan, bisa gak?
Kemudian dia melakukan seperti yang saya bilang
  • C: Ya mas, tidak bisa, tapi kalau saya telpon pakai WA kan mas-e gak ikut bayar seperti yang mas bilang tadi
  • P: Saya tetap ikut bayar kok, coba saya matikan Data Seluler, kemudian sampean telpon saya pakai WA, nyambung gak
  • C: Dia telpon saya pakai WA, dan ternyata tidak bisa tersambung.
Kesimpulannya adalah Telpon lewat WA tidak bebas Roaming, alias yang ditelpon ikut bayar, bukan hanya lewat WA saja, lewat beberapa aplikasi jejaring sosial lain juga bayar (Telegram, Facebook Messenger, Google Hangout, dll.)

Ini ceritaku, mana ceritamu?

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Telpon Lewat Internet Tidak Gratis"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.