Cara Menyiksa Komputer

Beberapa teman yang punya komputer/laptop dengan spesifikasi tinggi mungkin tidak tahu bagaimana caranya bisa menggunakan perangaktnya secara maksimal, terutama yang memiliki RAM besar.
Di bawah ini penulis beritahu caranya agar Anda bisa menggunakan RAM secara maksimal, bahkan mungkin sampai kehabisan resources.
Saya sarankan untuk pengguna RAM di bawah 8 GB pada komputer atau laptopnya tidak mempraktekkan tulisan ini, kalau tetap ngeyel penulis tidak ikut tanggung jawab.


Di Artikel ini penulis hanya menggunkan fitur Redaksi dari aplikasi perkantoran LibreOffice Impress.

JUAL BERBAGAI PART TV DAN MONITOR LCD/LED MURAH

Tentang Redaksi
Redaksi adalah suatu cara untuk menyensor kata-kata atau  menghapus informasi sensitif atau rahasia dari suatu dokumen.
Redaksi biasanya digunakan untuk melindungi informasi pribadi, data keuangan, data rahasia, dan informasi sensitif lainnya agar tidak dibagikan atau disebarkan secara tidak sengaja.

Unduh LibreOffice dari situs resmi LibreOffice, pilih yang sesuai dengan sistem operasi komputer Anda. kemudian Install.

Sebagai bahan uji coba unduh Berkas Membuat Presentasi Dengan LibreOffice Impress, setelah berhasil diunduh Ekstrak, selanjutnya buka berkas tersebut menggunakan LibreOffice Impress.

Setelah berkas berhasil dibuka, kemudian pilih tab Ulasan, klik ikon Redaksi. 


Maka secara otomatis berkas tersebut diekspor atau disalin ke LibreOffice Draw untuk disunting.
Teks atau konten yang akan dihapus dari dokumen ditutupi blok warna hitam atau putih, hal ini dilakukan untuk mencegah agar segala upaya memulihkan atau menyalin konten asli agar tidak bisa dilakukan.
Dokumen yang telah disunting akan diekspor ke dalam format PDF untuk dipublikasikan atau dibagikan.

Terdapat empat alat redaksi yang bisa digunakan:

  • Persegi Panjang: digunakan untuk memberi tanda pada konten yang akan disunting dengan cara menggambar objek persegi panjang di atas konten tersebut. Gunakan pegangan untuk mengubah ukuran persegi panjang.
  • Garis Bentuk Bebas: digunakan untuk memberi tanda pada konten yang akan disunting dengan cara menggambar garis atau poligon bentuk bebas untuk menutupi konten. 

Dalam Tombol Ekspor berkas yang telah disunting tersedia dua opsi:

  • Ekspor PDF Terredaksi Putih: mengekspor dokumen Anda dengan mengonversi objek semi transparan yang menutupi konten menjadi objek putih, dan ekspor sebagai gambar atau piksel dalam format PDF.
  • Ekspor PDF Terredaksi Hitam: mengekspor dokumen Anda dengan mengonversi objek semi transparan yang menutupi konten menjadi objek hitam, dan ekspor sebagai gambar atau piksel dalam format PDF..
  • Ekspor PDF Pratilik: Membuat dokumen dalam format PDF untuk dibagikan sebagai salinan kata demi kata yang masih berupa teks untuk ditinjau.

Contoh penggunaan Redaksi

  • Penulis anggap bahwa berkas presentasi Anda sudah dibuka dengan LibreOffice Draw, pilih dan klik ikon alat redaksi persegi panjang.
  • Buatlah bentuk persegi panjang untuk menutup salah satu teks atau gambar. 

  • Sekarang ekspor berkas yang sudah disunting tersebut menggunakan mode Ekspor PDF Terredaksi Putih dan ekspor sebagai gambar atau piksel dalam format PDF.

Nah..... inilah proses penyiksaan komputer dimulai, silakan tunggu sambil berdoa agar komputer/atau laptop Anda tidak apa-apa.

Jika komputer/laptop Anda dirasa masih mampu menahan siksaan silakan buka palikasi berat lainnya.

Maka setelah proses penyikasaan selesai, tercipta berkas baru format PDF dengan bagian teks atau gambar tertutup kotak putih sesuai kotak persegi panjang yang telah ditambahkan sebelumnya.
Berkas format PDF yang dihasilkan berupa bitmap atau bukan lagi teks, tentu saja tidak bisa diblok dan dicopy-paste..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menyiksa Komputer"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.

Cara Menyiksa Komputer

Beberapa teman yang punya komputer/laptop dengan spesifikasi tinggi mungkin tidak tahu bagaimana caranya bisa menggunakan perangaktnya secar...