Apa Open Source Bisa untuk Internetan?


Beberapa Bulan yang lalu saya bersama seorang teman Penggiat Open Source melakukan sosialisasi dan pengenalan Open Source ke salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mana sekolahan tersebut termasuk sekolahan Favorite di kota tersebut.
1327408954392997778
Sebenarnya kegiatan ini tidak murni dari inisiatif saya, tapi dari permintaan dari pemilik Yayasan yang kebetulan Beliau adalah Costumer saya.

Kami berangkat dari rumah sekitar jam 7.00 WIB, karena kami berdua belum pernah sekalipun ke sekolahan tersebut maka kita harus mencari dulu letak sekolahan tersebut dengan bermodalkan alamat yang sebelumnya diberikan kepada kami, setelah muter-muter yang lumayan melelahkan akhirnya kami sampai juga di sekolah tersebut.

Disitu kami sudah ditunggu oleh salah satu guru TIK yang mengajar Ektrakulikuler disekolah tersebut, kami pun saling memperkenalkan diri masing-masing, pada saat memperkenalkan diri  saya hanya menyebutkan nama dan pekerjaan apa adanya, sedangkan guru TIK tersebut memperkenalkan diri dengan sangat detail menyebutkan juga beberapa gelar yang dimiliki.
Selesai acara perkenalan kami pun di minta untuk menjelaskan apa itu Open Source dan apa saja kelebihannya, setelah itu dilanjutkan dengan tanya jawab.
Disini ada kejadian yang menurut saya agak aneh dan lucu

Guru TIK melontarkan pertanyaan “Apakah Open Source bisa untuk Internetan?”
Teman saya malah balik bertanya “Anda kalau Internetan pakai Browser apa?
Guru TIK menjawab “Pakai Mozilla Firefox sama Google Chrome, kadang pakai Opera Mini”

Teman saya pun menjelaskan bahwa Mozilla Firefox, Google Chrome dan Opera adalah Aplikasi Open Source, jadi kesimpulannya adalah Open source bisa buat Internetan.
13274092291896073579
Itulah salah satu cerita nyata di Negara kita yang mana banyak orang-orang pintar tapi sebetulnya bodoh, mengapa saya bilang kalau mereka bodoh? Jawbannya sederhana saja, mereka kan beli Sistem Operasi untuk komputernya mahal tapi yang dipakai koq Aplikasi Open Source yang gratis.

Sampai kapankah orang-orang yang mengaku Pintar tersebut menyadari semua kebodohannya, kita tunggu saja semoga Generasi mendatang tidak akan seperti mereka.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa Open Source Bisa untuk Internetan?"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.