Agar nyaman memakai Aplikasi Perkantoran


Dari beberapa Surel yang terkirim ke kotak masuk saya, ternyata masih banyak yang bingung saat mempraktekkan tulisan saya terutama pada Tutorial Aplikasi Perkantoran.
Dibawah ini saya tulis beberapa pengaturan penting supaya nyaman menggunakan Aplikasi Perkantoran, disini saya asumsikan Anda masih memakai Antarmuka bahasa Inggris pada aplikasi LibreOffice.

Biasanya komputer yang Operasi Sistem-nya memakai Antarmuka berbahasa Inggris maka secara otomatis untuk ukuran Penggaris, ukuran Halaman (kertas), ukuran kotak pada table, dll, menggunakan ukuran Inchi, maka dengan tetap mepertahankan penggunakan ukuran Inchi akan mempersulit penyutingan dokumen yang dibuat karena sudah terbiasa menggunakan ukuran Centimeter, untuk merubah ukuran “Inchi” ke “Centimeter“ lakukan langkah berikut:
Kli Tools ->Options, karena dalam contoh ini aplikasi perkantoran yang sedang dipakai “LibreOffice Writer” maka arahkan tetikus pada menu LibreOffice Writer klik tombol panah yang mengarah ke bawah untuk membuka sub menu yang disediakan, klik “General” ubah ukuran Inch menjadi “Centimeter” kemudian klik “Ok”

Dari beberapa pertanyaan yang masuk juga saya mendapat pertanyaan yang dimana sebagian ada yang kebingunngan dalam mempraktekkan tutorial yang saya tulis sebelumnya, terutama dari mereka yang menggunakan Antarmuka Bahasa Inggris pada Komputernya sedangkan sebagian besar tulisan saya meggunakan Bahasa Indonesia, karena Atarmuka komputer saya memang berbahasa Indonesia.


Berikut ini cara merubah Artarmuka Bahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia:
Klik Tools ->Options, arahkan tetikus pada menu "Langueages Setting" klik tombol panah yang mengarah ke bawah untuk membuka sub menu yang disediakan, klik Langueages cari Manu "Langueage of" pada sub menu User intrface ubah menjadi "Indonesia" lakukan hal yang sama pada "Locale setting" klik "Ok" jika keluar peringatan bahwa antar muka bahasa akan diperbaharui klik "Ok" kemudian tutup semua aplikasi perkantoran yang masih terbuka, buka lagi aplikasi perkantoran tersebut maka secara otomatis Antarmuka aplikasi perkantoran (LibreOffice) sudah berubah menjadi Bahasa Indonesia, sebagai catatan: saya memakai Distro BlankOn yang mana sudah mendukung antar muka bahasa Indonesia, untuk OS atau Distro lainnya saya belum mencoba.
Sampai disini dulu tulisan saya, mulai sekarang mari kita biasakan dan budayakan menggunakan Bahasa Indonesia yang benar, walaupun pada awalnya agak ribet dan membingungkan seperti yang saya alami.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Agar nyaman memakai Aplikasi Perkantoran"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.