Mengecilkan Ukuran Ikon Inkscape pada Netbook


Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas dibawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS.

Inkscape bersifat cross-platform dan dapat dijalankan pada Mac OS X (biasanya dibawah aplikasi X11, walaupun toolkit GTK+ yang digunakan dapat dikompilasikan untuk beroperasi secara langsung dibawah Quartz, sistem operasi berbasis Unix, dan Microsoft Windows. Implementasi SVG dan CSS di Inkscape belum sempurna, misalnya Inkscape tidak mendukung animasi SVG, dan font SVG, walaupun dukungan dasar untuk pembuatan font SVG telah diimplementasikan pada versi 0.47. Inkscape bersifat multibahasa, terutama untuk antarmuka dan script rumit, sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.

Pada 2010, Inkscape dalam proses pengembangan aktif, dengan penambahan fitur dan antarmuka baru secara rutin pada setiap rilis baru, saat tulisan ini dibuat Inkscape sudah mencapai Versi 0.48.2
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Inkscape

Inkscape merupakan aplikasi penyunting grafis vektor yang secara default sudah terinstal di BlankOn. Aplikasi ini adalah padanan dari aplikasi penyunting grafis vektor komersial Corel Draw yang ada di Microsoft Windows.

Beberapa hari bulan yang lalu saya membantu Migrasi Sistem Operasi pada Komputer di kantor teman yang tadinya menggunakan Windows Bajakan di ganti dengan Linux, tepatnya memakai Distro BlankOn  termasuk Netbook teman saya tersebut juga diinstall BlankOn.

Awalnya tidak terjadi masalah karena sebelum migrasi karyawan dari kantor tersebut sudah saya ajari cara menggunakan Apliasi di Linux beberapa hari sebelumnya, namun kurang-lebih seminggu setelah migrasi terjadi masalah yaitu logo yang dimiliki kantor tersebut tidak memiliki File asli di komputernya, karena dulunya logo tersebut memang tidak di buat sendiri melainkan pesan pada tukang Desain.

Akhirnya diputuskan untuk melakukan desain ulang logo agar kantor tersebut memiliki master logo, dan tentunya para karyawan kantor tidak ada yang bisa membuat logo yang dimaksud dengan menggunakan Linux, maka sang pemilik perusahan menelpon saya untuk membuat logo (lumayan dapat proyek yang tidak terduga) karena waktu saya datang pada saat jam kerja secara otomatis semua komputer terpakai dan saya tidak membawa laptop karena berat.

Solusi satu-satunya adalah memakai Netbook milik teman saya tersebut, sayapun menyalakan netbook kemudian membuka aplikasi untuk menggambar yaitu Inkscape, dan ternyata waktu halaman Inkscape tampil beberapa Ikon penting tidak terlihat karena terlalu besar-besar dan ini membuat kurang nyaman waktu memakainya.
Setelah oprek sana-sini akhirnya ketemu juga cara mengecilkan tampilan Ikon, berikut ini beberapa langkah singkat untuk mengecilkan Ikon pada Inkscape
Klik File ->Inkscape Preferences (Shift+Ctrl+P) kemudian cari Interface, pada Sub menu “Toolbox icon size” yang tadinya large ubah menjadi “Smaller” lakukan hal yang sama pada “Control bar ikon size” dan Secondary toolbar ikon size” tutup menu “Inkscape Preferences” dengan cara klik tanda silang di pojok kanan atas.

Sekarang tutup semua aplikasi Inkscape yang masih terbuka, kemudian buka lagi Aplikasi tersebut, jika tidak terjadi masalah harusnya beberapa Ikon yang tadinya besar-besar akan menjadi agak kecil sehingga beberapa Ikon penting yang tadinya tidak terlihat kini sudah terlihat


Demikian tulisan singkat saya kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada yang masih kurang jelas atau ada beberapa tulisan yang keliru silakan tulis saja dibagian komentar.

Sumber:

Artikel lainnya silakan lihat di http://imgos-linux.blogspot.com/


Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Mengecilkan Ukuran Ikon Inkscape pada Netbook"

  1. Yang bermasalah dengan GUI macam itu mungkin orang yang baru saja memakai komputer.
    Jika yang mempermasalahkan ternyata orang yang telah 10-tahun lebih pakai komputer,ow ow, sangat lucu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.... orang sudah puluhan tahun memakai komputer-pun tidak menutup kemungkinan mengalami masalah yang sebenarnya sangat sedrhana, sebgai contoh beberapa waktu yang lalu saya dapat pertanyaan dari temen yang kebetulan dia Guru TIK, dan beliaulah yang dulunya mengenalkan Linux pada saya, permasalahan yang ditanyakan adalah seperti tulisan saya di tautan berikut ini:
      http://imgos-belajarlinux.blogspot.com/2012/04/mengatasi-table-berantakan-pada.html

      Delete
    2. Wah untung netbooknya gak pakai display 2-Inchi... ha ha ha ha :) :) :)

      Delete
    3. yang aku heran tuh orang-orang pakai Netbook terus Aplikasi Officenya pakai Microsft Office 2007/2010 koq pada nyaman aja ya (ikon ribon gede-gede) saya pernah makai netbook temen, buat ngetik dengan spasi 1,5 belum sampai 10 enter baris pertama sudah gak kelihatan, akhirnya saya pasang LibreOffice di netbook tersebut

      Delete
  2. kunjungi http://jedertutorial.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.