Benarkah Install Linux itu Sulit?


Dari beberapa obrolan di Millis ataupun Jejaring Sosial (Facebook) banyak orang bilang kalau Install Linux itu sulit dan terlalu ribet, di dunia nyata pun banyak teman-teman yang bilang begitu, lantas benarkah anggapan tersebut? Ingin tahu jawabannya? silakan baca tulisan ini sampai selesai.

Dibawah ini saya berusaha membuat tulisan yang sedikit mengupas permasalahan diatas, Agar lebih mudah untuk mencerna dan memahami tulisan ini, sengaja saya hanya membandingkan 2 (dua) sistem Operasi yaitu Linux VS Windows.

Install Linux mudah
Mengapa saya bilang install Linux itu mudah, disini saya asumsikan Komputer atau Laptop/Netbook yang akan di install dalam keadaan kosong (belum ada data dan sistem operasinya) maka pada saat proses install tidak ada resiko untuk kehilangan data, dalam kasus ini sama seperti kalau kita install OS lain (contoh Windows) dalam hal ini tinggal forward (maju) terus sampai selesai, kalau di Windows Next dan next sampai selesai.

Install Linux setengah Mudah/Sulit

Dalam hal ini saya asumsikan Komputer yang mau di install sudah ada datanya namun bagaimana caranya agar data tersebut tidak “Hilang” maka waktu melakukan Install tinggal Pilih di partisi mana yang akan di Install OS tersebut (Linux), dalam hal ini sebenaranya sama jika melakukan Install Windows, cuma perbedaannya kalau di windows partisi dikenali sebagai Drive C, D, E, dan seterusnya sedangkan di Linux dikenali sebagai Drive SDA1, SDA2, SDA3, dan seterusnya.



Saya asumsikan lagi dalam hal ini di Komputer sudah memiliki Sistem Operasi dan data penting, dan ingin melakukan Install Linux, tapi OS dan data yang sudah ada tidak hilang (Install dualboot) cara yang dilakukan hampir sama cara diatas yaitu di install pada partisi yang masih kosong, jika tidak ada partisi kosong buat dulu partisi baru dengan cara menggeser/memperkecil salah satu partisi yang sudah ada, kemudian buat partisi baru dari sisa partisi yang digeser tadi untuk tempat Install Linux, cara inipun sama jika di komputer sudah terpasang Windows XP namun ingin dipasangin Windows 7.


Install Linux Sulit

Sebenarnya tidaklah sulit Install semua distro Linux, namun ada sebagian Distro Linux memang sulit (agak ribet) dalam proses Install-nya, sebagai contoh Slackware, Arch, Backtrak, dll. Dalam hal ini sebenaranya hampir sama pada saat kita melakukan Install Windows 95, Windows 98, dan Windows 2000/ME, kalau tidak percaya silakan dicoba sendiri :D

Dari tulisan saya diatas sekarang Anda bisa menyimpulkan sendiri “Benarkah Install Linux itu Sulit?

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Benarkah Install Linux itu Sulit?"

  1. Wah, nice posting..
    Keep spirit ngeblognya :D
    Mampir2 juga kesini :)
    http://amygdala.blog.stisitelkom.ac.id/

    ReplyDelete
  2. permisi bang saya mau tanya. kalo saya install linux pada partisi yang sudah terisi sistem operasi/data misal di drive c kalo di window, data di drive tersebut apa akan hilang?? dan apa sih arti/maksud dari duolboot itu? terima kasih

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.