Membangun Usaha dengan menerapkan Open Source

Dari obrolan dengan salah satu teman pada acara BlanKopdar#2 tanggal 22-23 September yang lalu, ada yang menanyakan tentang bagaiman memulai atau membangun usaha dengan menggunakan Aplikasi Open Surce, apakah dengan menggunakan Open Source kita mendapatkan penghasilan atau kuat bersaing dengan usaha lain.


Dalam Artikel ini saya akan berusaha memberi gambaran tentang bagaimana Membangun Usaha dengan menggunakan Open Source berdasarkan pengalaman saya, semoga saja ada yang tertarik atau mau mencoba seperti yang pernah saya lakukan, disini saya memberi 8 Contoh jenis usaha yang dapat dilakukan, dan ke-delapan jenis usaha tersebut bisa saling berkaitan.

Beberapa usaha yang dapat dilakukan sesuai dengan gambar adalah
  1. Toko Komputer
  2. Service Komputer
  3. Support Center
  4. Rental Komputer
  5. Penyedia CD/DVD Linux
  6. Penyedia Buku Komputer
  7. Training Center
  8. Pembuat Aplikasi Khusus

Dibawah ini saya jelaskan secara singkat hubungan beberapa usaha tersebut sesuai gambar yang diatas

Ilustrasi 1
Hubungan 1 dengan 2: saya asumsikan Anda sudah membuka usaha Penjualan Komputer (toko komputer) setelah mampu menjual beberapa unit komputer maka ada peluang untuk mengembangkan usaha lainnya yaitu Service Komputer, mengapa demikian?
Biasanya orang-orang yang telah membeli komputer di tempat kita beberapa bulan kemudian akan membutuhkan jasa service karena komputer tersebut mulai mengalami kerusakan ringan maupun kerusakan berat dan Anda akan memanfaatkan peluang tersebut untuk membangun usaha baru yaitu Service Komputer.

Hubungan 1 dengan 3: Anda sudah memiliki Toko Komputer, kemudian ada orang yang sudah membeli komputer di tempat Anda, kebetulan orang tersebut memiliki perusahaan yang mana perusahaan tersebut membutuhkan supoort di bidang IT, maka Anda Anda akan memanfaatkan peluang tersebut untuk membangun usaha baru yaitu Support Center di bidang tersebut.

Hubungan 1 dengan 4: Anda sudah memiliki Toko Komputer, namun karena ada beberapa (banyak) orang yang belum mampu membeli komputer dan kebetulan toko Anda berdekatan dengan Sekolah atau Universitas, maka Anda Anda akan memanfaatkan peluang tersebut untuk membangun usaha baru yaitu Rental Komputer ataupun Warnet adapun usaha tersebut dengan melayani; Pengetikan, Scanning, Cetak Foto, Penjilidan, Printing, dan lain-lain, bahkan kalau mau Anda bisa membuka usaha Foto Copy sebagai tambahan.

Hubungan 1 dengan 5: Anda sudah memiliki Toko Komputer, kemudian ada beberapa orang yang sudah membeli komputer di tempat Anda karena mereka membutuhkan Software atau Aplikasi tertentu dan didaerah mereka jaringan Internet masih agak susah untuk mendapatkannya, maka satu-satunya jalan adalah membeli CD/DVD yang berisi software tersebut, maka Anda bisa mengembangkan usaha baru yaitu iseng-iseng menyedikan CD/DVD Linux.

Hubungan 1 dengan 6: Anda sudah memiliki Toko Komputer, kemudian ada beberapa orang yang sudah membeli komputer, karena sebagian orang-orang yang sudah membeli komputer tersebut belum begitu mahir menggunakan komputer, maka mereka akan membutuhkan buku-buku tutorial Komputer, Anda bisa menambahkan usaha sampingan yaitu Penyedia Buku Komputer, disini sebenarnya tidak hanya orang-orang yang belum bisa komputer saja yang bisa menjadi pelanggan Anda, orang-orang yang sudah ahli komputerpun akan membutuhkan buku-buku yang berisi tutorial aplikasi tertentu, karena biasanya seorang yang sudah menguasai aplikasi tertentu dia akan mempelajari aplikasi lainnya yang belum dia kuasai.

Hubungan 1 dengan 7: Anda sudah memiliki Toko Komputer, kemudian ada beberapa orang yang sudah membeli komputer, karena sebagian orang-orang yang sudah membeli komputer tersebut belum begitu mahir menggunakan komputer, maka mereka akan membutuhkan tempat yang bisa mengajari mereka untuk menggunakan komputernya, maka ada peluang baru yaitu membuka Training Center sebagai contoh paling kecil Anda bisa membuka Kursus komputer.

Hubungan 1 dengan 8: Anda sudah memiliki Toko Komputer, kemudian ada orang yang sudah membeli komputer di tempat Anda, kebetulan orang tersebut memiliki perusahaan yang mana perusahaan tersebut membutuhkan Aplikasi khusus yang akan dipakai pada perusahaannya, maka ada peluang baru untuk mengembangkan usaha Anda yaitu dengan membuka usaha Pembuatan Aplikasi Khusus misalnya aplikasi Point Of Sale (POS) untuk swalayan.



Kesimpulan pada posisi 1
Hubungan 1 dengan 2: pelanggan setelah memiliki komputer membutuhkan Tukang Service disini ada peluang untuk buka jasa service komputer

Hubungan 1 dengan 3: pelanggan setelah memiliki komputer membutuhkan Support Center disini ada peluang baru untuk Anda bisa membuka usaha “Support Center”

Hubungan 1 dengan 4: Pelanggan yang belum memiliki Komputer membutuhkan Rental Komputer

Hubungan 1 dengan 5: Pemilik komputer membutuhkan CD/DVD berisi software tertentu

Hubungan 1 dengan 6: Pemilik komputer membutuhkan buku-buku komputer

Hubungan 1 dengan 7: Pemilik komputer membutuhkan Trainer untuk mempelajari aplikasi tertentu

Hubungan 1 dengan 8: Pemilik Komputer membutuhkan aplikasi khusus

Ilustrasi 2
Hubungan 2 dengan 1: jika orang memiliki komputer kalau komputernya sudah rusak parah akan membeli komputer baru

Hubungan 2 dengan 3: setelah komputer diservice kadang butuh Support Center

Hubungan 2 dengan 4: pada waktu komputer diservice butuh Rental komputer untuk menyelesaikan pekerjaan mendadak yang tidak bisa di tunda lagi

Hubungan 2 dengan 5: Setelah komputer diservice sering membutuhkan Software tertentu

Hubungan 2 dengan 6: setelah komputer selesai diservice pelanggan kadang butuh buku-buku komputer

Hubungan 2 dengan 7: Pemilik komputer membutuhkan Trainer untuk mempelajari aplikasi tertentu

hubungan 2 dengan 8: Pemilik komputer membutuhkan aplikasi tertentu

Untuk Ilustrasi 3 s/d 8 sengaja tidak saya tulis karena saya yakin Anda pasti sudah paham

Berdasarkan tulisan diatas sudah dapat disimpulkan jika peluang membuka usaha di bidang Open Source sangat bisa dilakukan bahkan yang tadinya hanya 1 usaha saja bisa buka usaha lainnya, tulisan diatas hanya ilustrasi sederhana saja, Anda bisa otak-atik sendiri sesuai selera.
.
Untuk memulainya Usaha dibidang OpenSource Anda bisa memilih sendiri apakah dimulai dengan membuka Toko Komputer, Service Komputer, Support Center, Rental Komputer, Penyedia CD/DVD Linux, Penyedia Buku Komputer, Training Center, Pembuat Aplikasi Khusus, atau Anda bisa memulai cara lainnya yang tidak saya cantumkan.

Pertanyaannya sekarang Adalah:
Apakah Anda berani untuk jadi orang Sukses?
Apakah Anda mempunyai keberanian untuk memulainya?
Atau Anda hanya akan menunggu orang lain sukses setelah itu Anda baru memulainya, dengan begitu Anda pasti akan ketinggalan jauh.

Jika ada yang tertarik untuk memulai usaha seperti diatas bisa menghubungi saya untuk sekedar share pengalaman dan beberapa teknis yang perlu dilakukan.

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Membangun Usaha dengan menerapkan Open Source"

  1. Penyedia CD/DVD Linux mungkin yang paling populer saat ini Om...

    ReplyDelete
  2. saya kerja dikontraktor bagian desain dengan corel dan juga punya sambilan service komputer selama ini cuma bisa windows yang ingin saya tanyakan sulit ga mas belajar linux seperti saya untuk install OSnya sedangkan saya cuma lulusan teknik mesin dan bisa komputer karena sering pegang?mohon pencerahanya dan ilmunya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua tergantung kemauan, karena OS dan Aplikasi hanyalah sebuah alat layaknya alat-alat lainya,

      saran saya cobalah terlebih dulu Linux dengan tanpa di install ke komputer, istilahnya Live CD/USB karena sebagian besar Linux bisa dijalankan tanpa di install, nanti kalau sudah merasa agak nyaman baru di install

      atau coba install aplikasi Linux (opensource) untuk windows misalnya: GIMP, Inkscape, LibreOffice, dll

      Delete
  3. Oiya. Saya lupa sebut di posting saya. Buku Linux. Terima kasih, Pak.

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.