Install BlankOn 8 Rote pakai BlankOn 8 Rote


Membaca judul dari tulisan ini pasti pada bingung, lha saya sendiri juga bingung waktu mau nulis judul, pokokmen ngono kuwi lah.

Berawal dari kejengkelan karena remaster BlankOn 8 selalu saja ada erornya, walaupun sebenarnya sudah berhasil tapi ya itu tadi selalu saja ada eror, misalnya LAN card berubah dikenali menjadi eth6, jadinya waktu Install LTSP selalu gagal, dan masih ada beberapa kendala lainnya yang saya sudah lupa

akhirnya pakai cara Install BlankOn 8 Rote memakai BlankOn 8 Rote, metode ini saya tidak tahu disebut Remastering apa Kloning, karena hasil setelah install sama persis dengan BlankOn yang untuk install tersebut.


Install terlebih dulu "blankon-installer" dan "live-installer" caranya klik Menu Utama BlankOn ->Administrasi ->Synaptic Manager Paket, jika keluar jendela untuk memasukkan kata sandi isikan kata sandi yang Anda buat waktu pemasangan.
Setelah jendela "Synaptic Manager Paket" tampil, arahkan krusor pada kotak pencarian dibawah tulisan "Quick filter" tulis "installer" kumudian klik kanan pada blankon-installer ->Tandai untuk dipasang, lakukan hal yang sama pada "live-installer", setelah itu klik terapkan (harus konek internet atau bisa menggunakan Repo lokal)


tunggu prosesnya samapai selesai, kemudian keluar dari destop BlankOn 8 Rote, masuk lagi ke dekstop, cek apakah paket tersebut sudah terpasang,  dalam komputer saya terpasang didalam "Perkakas Sistem"














Matikan komputer kemudian pasang satu hardisk lagi pada komputer tadi (dua hardisk terpasang dalam satu komputer), salah satunya sudah harus terpasang BlankOn dengan ditambahi berbagai macam Aplikasi sedangkan hardisk satunya masih kosong (tidak harus hardisk kosong yang penting ada partisi yang masih kosong), pada waktu sampai pada target pemasangan pilih hardisk/partisi yang kosong tadi, kemudian lanjutkan seperti melakukan pemasangan BlankOn 8 Rote pada umumnya.

Demikian sedikit trik dari saya berdasarkan hasil ngoprek di komputer prihatin yang saya miliki, semoga trik tersebut ada manfaatnya.

Salam

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Install BlankOn 8 Rote pakai BlankOn 8 Rote"

  1. Iya, bingung.
    Maksudnya untuk apa harus begitu?

    ReplyDelete
  2. jadi dua sistem dan 2 hardisk, waduh mohon d perinci lg dan tegaskan. kok tambah binggung kaya anga 8 muter tdk ada ujungnya, he3

    ReplyDelete
  3. maksudnya ya itu fungsi kayak remaster atau bisa juga disebut kloning sistem operasi

    sebagai contoh kita membangun lab komputer disekolah dengan komputer sebanyak 20 unit, ya tinggal kita lakukan cara seperti diatas, setelah selesai hardisk yang sudah terinstall kita pindah ke PC lainnya begitu seterusnya
    khan di linux hardisk di install di komputer manapun waktu terus kita pindah ke PC lain kebanyakan akan jalan

    ReplyDelete
  4. Apakah proses ini tidak "memusnahkan" boot loader yang sudah ada di rote yang sudah terinstall?

    ReplyDelete
  5. applikasi yg sudah diintall di blankon sebelumnya apakah langsung sdah terpasang di blankon yg baru di install

    ReplyDelete
  6. Apakah cara ini bisa untuk buat installer Blankon rote dari USB?

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.