Konferensi BlankOn 2012


Sekilas tentang BlanKonf
Konferensi BlankOn (BlanKonf) merupakan konferensi tahunan yang mempertemukan pengembang, kontributor, pengguna, pebisnis, dan pemerhati BlankOn untuk berdiskusi mengenai perkembangan dan rencana kegiatan BlankOn di masa mendatang dalam rangka ikut serta berkontribusi pada perkembangan TIK di Indonesia.


Setelah sukses dilaksanakan berturut-turut di Bogor (2009), Surabaya (2010), danSemarang (2011), tahun ini BlanKonf akan kembali digelar di Bogor. Kegiatan BlanKonf meliputi penyajian presentasi, diskusi dan lokakarya teknis seputar penggunaan, pengembangan dan bisnis BlankOn. Pada pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya, acara BlanKonf didukung oleh sekitar 15 narasumber profesional dari berbagai latar belakang profesi dan dihadiri sekitar 300-500 peserta dari seluruh Indonesia.


Sesuai dengan misi BlankOn yang menjadi salah satu penggerak pemberdayaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia yang berbasis komunitas, tahun iniBlanKonf mengangkat tema “Revolusi Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia”.
Secara umum tujuan BlaKonf adalah sebagai berikut:
  1. Menjadi ajang temu pengembang, kontributor, pebisnis dan penggunaBlankOn
  2. Membahas pencapaian BlankOn di masa sebelumnya dan rencana BlankOn di masa mendatang
  3. Mengenalkan peluang-peluang bisnis bersama kemitraan BlankOn
  4. Penyampaian teknologi termutakhir yang dikembangkan oleh BlankOn kepada masyarakat


Sekilas BlankOn
BlankOn merupakan kegiatan sukarela pengembangan ekosistem baru dalam konteksperangkat lunak bebas dan terbuka. Pengembangan kemampuan sumber daya manusia dan pengembangan produk telah dan terus dikembangkan dari kegiatan ini.Dengan berbasis komunitas yang menjadi kekuatan utamanya, kegiatan BlankOn telah berjalan selama kurang lebih 8 tahun.


Telah banyak produk dan acara yang dihasilkan dari kegiatan BlankOn, diantaranya adalah:
  1. Distribusi BlankOn. Sistem operasi berbasis GNU/Linux untuk destop, laptop atau netbook yang berisi aplikasi-aplikasi popular. Versi yang telah dirilis adalah versi 1 Bianglala, versi 2 Konde, versi 3 Lontara, versi 4 Meuligoe, versi 5 Nanggar, versi 6 Ombilin dan versi 7 Pattimura. Versi terbaru adalah versi 8 dengan nama kode rilis Rote uamg dirilis pada 17 Agustus 2012 .

  2. Distribusi BlankOn Sajadah . Edisi khusus distribusi BlankOn yang bersi aplikasi-aplikasi Islami.

  3. Distribusi BlanKOn Edukasaun . Edisi khusus distribusi BlankOn yang berisi aplikasi-aplikasi pendidikan untuk digunakan di Timor Leste.

  4. BlankOn Manokwari . Lingkungan destop BlankOn yang dibuat dengan teknologi destop termutakhir, memiliki antarmuka pengguna yang mudah dan performa yang lebih cepat dibanding teknologi lingkungan destop lainnya.

  5. Aksara Nusantara . Aksara tradisional Indonesia sebagai metode input pada BlankOn yang meliputi aksara Bali, Batak Toba, Bugis, Jawa, Rejang dan Sunda.

  6. Pelokalan Nusantara. Pelokalan bahasa daerah untuk aplikasi-aplikasi BlankOn. Saat ini kegiatan sedang berjalan untuk bahasa Bali, Banjar, Banyumas, Bugis, Latin, Dayak, Gayo, Jawa, Lampung, Ledo Kaili, Madura, Sasak, Sunda dan Tegal.

  7. Buku Elektronik Panduan BlankOn. Buku panduan untuk membantu menggunakan distribusi BlankOn

  8. Mesin Pabrik Paket. Server yang melayani pembuatan paket-paket aplikasi
  9. BlankOn dan menyimpannya ke dalam lumbung paket (repository) BlankOn secara otomatis.

  10. w.blankon.in. Layanan pemendek alamat tautan (URL) di internet.

  11. tempel.blankon.in. Layanan berbagi tempel (paste) teks kode program di internet.

  12. Kelompok Pengguna BlankOn. Sekumpulan orang pengguna distribusi BlankOn di suatu wilayah/daerah yang mengikuti Ketentuan Kelompok Pengguna BlankOn: Cirebon, Jakarta, Surabaya, Kerinci, Gresik, Madiun, Bekasi, Jambi, Malang, Semarang

  13. Konferensi BlankOn (BlanKonf). Konferensi tahunan yang mempertemukan pengembang, pengguna, pebisnis dan pemerhati BlankOn untuk berdiskusi mengenai perkembangan dan rencana kegiatan BlankOn di masa mendatang.

  14. Kopi Darat BlankOn (BlanKopDar) . Pertemuan antara pengembang atau antara pengguna BlankOn untuk mengevaluasi dan merencanakan masa depan pengembangan BlankOn atau kegiatan BlankOn.

  15. Kemitraan BlankOn . Kerjasama BlankOn yang diwakili Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dengan perusahaan-perusahaan TIK sebagai penyedia jasa Pelatihan, Sertifikasi, Dukungan dan Solusi, Pengembangan Sistem Operasi, Pengembangan Aplikasi dan Perangkat Keras.


Waktu dan Tempat
BlanKonf #4 akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 1 dan 2 Desember 2012 di CICO Resort, Jl. Tumenggung Wiradireja No. 216 Cimahpar, Bogor, Jawa Barat.

Info lebih lanjut baca di: http://konf2012.blankonlinux.or.id/

Liputan BlanKonf#3 dapat dilihat di Istana Media Go Open Source #BlanKonf

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Konferensi BlankOn 2012"

  1. Saya sudah sudah pasang BlankOn berdampingan dengan distro-distro Linux lain.
    Ternyata, jika BlankOn 8.0 Rote di-install dengan pilihan Bahasa Indonesia banyak aplikasi yang ngak bisa dibuka, tapi bisa berjalan normal jika di-instal dengan pilihan Bahasa Inggris
    Contohnya : update-manager,Gdebi, dll
    Saya udah coba di 2 komputer dan hasilnya sama.
    MD5 dari berkas ISO-nya juga sudah saya periksa

    ReplyDelete
  2. untuk beberapa paket misalnya, Gdebi bermasalah pada terjemahan bahasa yang kurang benar, sekarang sedang diperbaiki

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.