Senin, 01 Juli 2013

Mengenal dan Menggunakan Pencil Tool pada Inkscape



Pensil Tool, digunakan untuk membuat path atau garis, fungsi alat ini seperti pencil yang digunakan oleh para seniman untuk membuat sketsa pada lukisan.


Cara menggunakan
Klik ikon Pencil (freehand) pada Toolboox atau menekan tombol F6 pada keyboard, letakkan kursor pada area kerja, klik => tahan dan seret ke area kerja hingga membentuk object garis, setelah itu lepas.
Pada saat membuat garis sambil menekan tombol Ctrl akan menghasilkan sebuah titik kecil, sedangkan jika sambil menekan tombol Ctrl+Alt maka akan menghasilkan titik yang ukurannya dua kali lipat dari jika sambil menekan tombol Ctrl.
Pencil Tool juga dapat diaktifkan dengan menekan tombol P pada keyboard.


Ikon Pencil Tool
Ikon Pensil Tool pada Tool Control dapat digunakan untuk mengatur bentuk dari object yang dibuat, berikut penjelasan dari beberapa ikon tersebut:

1.  Mode
Pada menu ini terdiri dari dua ikon yaitu Regular Bezier dan Spiro yang dapat digunakan untuk membuat object berupa garis yang hasilnya hampir sama.

2.  Smoothing
Digunakan untuk mengatur jumlah node pada path (lihat halaman Node Tool), dengan cara menggeser lingkaran kecil yang berada atas garis lurus ke arah kanan atau ke kiri, semakin besar nilai pada  Smoothing, maka Node yang terdapat pada path semakin sedikit.

3.  Reset
Digunakan untuk mengembalikan fungsi Smoothing ke posisi semula (jika sudah di geser).

4.  Shape
Pada menu Shape terdapat submenu yang terdiri dari 5 (lima) model garis yang dapat di gunakan yaitu, None, Triangle in, Trianggle Out, Ellipse, dan From clipboard, dibawah ini penjelasan dari submenu tersebut: 
  • None, bentuk garis atau path dari pangkal ke ujung sama besarnya
  • Triangle in, bentuk garis atau path pada pangkal lebih besar daripada ujung
  • Trianggle Out, bentuk garis atau path pada pangkal lebih kecil daripada ujung
  • Ellipse, bentuk garis atau path pada pangkal dan ujung sama kecilnya, bagian tengah lebih besar
  • From clipboard,  garis  yang dibuat akan berbentuk object.



Maju =>

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

UNTUK DAPAT MEMBERI KOMENTAR SILAKAN LOGIN DENGAN AKUN YANG ANDA MILIKI

silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.

Saran

Saran