Membuat Table pada Inkscape


Saat mengisi acara pelatihan Inkscape pada awal bulan, salah seorang peserta ada yang bertanya Bagaimana cara membuat Table di Inkscape?.

Mungkin teman-teman  yang belum tahu caranya juga bertanya-tanya bagaimana caranya?
Sebenarnya sangat mudah, yaitu dengan cara membuat object Rectangles satu buah, kemudian aktifkan Stroke dan hapus Fill pada object tersebut, maka jadilah sebuah table, untuk memperbanyak dapat dilakukan dengan metode Duplicate atau Create Tiled Clones.



Namun jika menggunakan cara ini, table yang dibuat sulit untuk dimodifikasi menjadi berbagai format seperti pada aplikasi perkaantoran, misalnya kita akan kesulitan melakukan merger (penggabungan) beberapa kolom atau baris menjdi satu.













Cara paling efektif adalah=menggunakan Extensions pada Inkscape, baik yang sudah tersedia secara default (bawaan inkscape) atau dengan menambahkannya sendiri.


Tentang  Extensions
Object yang dibuat dengan Inkscape dapat dimaksimalkan dengan menggunakan Extensions. Extensions terdiri dari script atau program yang dapat dijalankan secara langsung oleh Inkscape. Sebagian besar extensions memerlukan program dari luar yang ditulis  dengan Perl atau Python.

Extensions baru dapat dibuat dengan mempelajari kode dan script yang sudah ada atau Anda dapat menulisnya sendiri. Pada Operasi Sistem GNU/Linux kode Extensions yang sudah ada dapat dilihat pada direktori usr/share/inkscape/extensions.

Beberapa kode Extensions yang dibangun ke dalam Inkscape berada di direktori src/extension/internal (tidak disertakan pada semua sistem operasi)
Jika extension tidak bekerja dengan baik, kemungkinan besar Inkscape yang dipakai telah kehilangan beberapa dependency yang berasal dari luar. Jika hal ini terjadi, lakukan pememeriksaan dengan cara melihat log file extensions-errors pada direktori Inkscape berdasarkan sistem operasi yang dipakai, pada sistem operasi GNU/Linux log file tersebut terletak pada .config/inkscape, sedangkan pada sistem operasi Windows terdapat pada Documents and Settings\USER\ Application Data\Inkscape.

Pada seebagian extension memiliki jendela pengaturan dengan   menyertakan kotak menu Live preview yang dapat di gunakan untuk melihat tampilan secara langsung sebelum melakukan perubahan pada object



Cara Menggunakan Extensions
Pilih Object => arahkan kursor pada Menu Bar => klik Extensions => pilih kelompok Extensions => pilih Extensions yang akan dipakai. Jika extensions yang dipakai menampilkan jendela pengaturan, lakukan pengaturan yang sesuai. Untuk  melihat tampilan gambar gsecara langsung sebelum melakukan perubahan, aktifkan Live Preview dengan memberi tanda centang (checklist) pada kotak kecil yang tersedia, jika sudah pada yakin perubahan yang diinginkan klik Apply, kemudian tutup jendelaa pengauran dengan melakukan klik Close


Salah satu Extensions yang sudah disediakan secara default oleh inkcape yang dapat digunakan untuk membuat table adalah Extension Cartesian Grid. 

Cara kerja extensions Cartesian Grid menciptakan bidang dengan garis atau grid cartesian. Terdapat berbagai macam pilihan yang dapat digunakan, pilihan meliputi jumlah kolom dan garis, ukuran kotak, dan lain-lain.


Namun Table yang dibuat menggunakan extension Cartesian Grid lagi-lagi agak sulit untuk dimodifikasi.

Terus adakah solusi lain?


Tenang saja, di dunia OpenSource para programer selalu berinovasi dan saling bantu-membantu untuk menciptakan atau  menutup kekurangan suatu program dengan lebih cepat dibandingkan programer .....

Oke langsung saja ke inti permasalahan tentang Cara Membuat Table pada Inkscape, salah satu cara yang menurut saya lebih baik dari kedua cara diatas adalah menggunakan Extensions Table, memang extensions ini belum terpasang secara default pada Inkscape, namun kita dapat menambahkanya secara manual.


Pertama download Extensions Table di http://sourceforge.net/projects/inkscape-tables/, setelah itu buka terminal ketik perintah berikut

  • $ cd ~/Downloads
  • $ sudo tar xvfz inkscape-table-1.0.tar.gz
Masukkan Password Root Anda, kemudian lanjutkan dengan mengetik perintah berikut:

  • $ cd inkscape-table-1.0
  • $ sudo ./install

Catatan:
  • Saya asumsikan File yang di download terletak pada direktori Downloads.
  • Dalam contoh saya menggunakan Distro BlankOn Linux

Menggunakan Extension Table

Jalankan Inkscape pada komputer Anda, kemudian klik Extensions => Table => Add => Create atau tekan tombol Ctrl+Shift+Alt+C pada Keyboard. 





















Pada jendela pengaturan yang tampil lakukan pengaturan sesuai Table yang akan dibuat, misalnya jumlah Colums (kolom) dan Rows (baris), maupun tinggi dan lebarnya.


Untuk memodifikasi bentuk dan ukuran Table lakukan dengan menggunakan beberapa menu yang disediakan oleh Extesions Table tersebut, cara kerjanya tidak jauh berbeda seperti pada aplikasi pengolah kata pada umumnya.


Demikian Tutorial sederhana tapi cukup panjang ini, sebenarnya intinya pendek sih namun saya tulis dengan pembahasan berbagai studi kasus sehingga jadi panjang (maklum bakat menulis)

Tutorial ini hasil Salin-Tempel sebagian kecil  isi dari Buku Inkscape yang sedang saya edit dan segera terbit, kalau suadah terbit jangan lupa beli ya  :D

Jika Anda mendapat manfaat dari tulisan ini silakan share ke orang lain dan jangan lupa meninggalkan komentar.

Postingan terkait:

7 Tanggapan untuk "Membuat Table pada Inkscape"

  1. Replies
    1. Terimakasih
      kalau sempat nulis saya share tips lainnya

      Delete
  2. Thank you very much gan, resepnya berhasil,

    ReplyDelete
  3. gan ini buat linux ya,..bisa gak ekstensi ini di terapkan di windows,.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya untuk Linux, untuk windows saya belum tahu ada apa tidak

      Delete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.