Fitur Stitch Sub-Paths pada Inkscape


Sudah dua bulan ini saya tidak menulis artikel di blog ini, sampai-sampai ada teman yang PM saya di Facebook, katanya kok sekarang saya jarang nulis lagi, apa sudah ganti profesi.

Artikel ini saya tulis secara iseng, di hari minggu pagi tanggal 1 Juni 2014 sambil nunggu proses upload file yang gak selesai-selesai, artikel kali ini masih mengenai salah fitur di Inkscape yaitu Stitch Sub-Paths pada menu Life Path Editor

Tentang Stitch Sub-Paths
LPE Stitch Sub-Paths digunakan untuk membuat object berupa garis-garis dan sub-path diantara Stroke dengan path, cara ini sangat berguna untuk membuat object berupa arsiran dan menggambar rambut.

Dalam contoh artikel ini saya menggunakan fitur Stitch Sub-Path untuk membuat gambar yang agak unik namun sedikit aneh, dan nama gambar tersebut saya juga tidak tahu karena namanya juga tulisan iseng :D

Yang mau iseng seperti saya langsung saja ikuti langkah-langkahnya

Buka Inkscape yang sudah terpasang pada komputer Anda dengan baik, buat object Shape tergantung selera Anda, dalam contoh saya membuat object bintang.

Hapus fill object shape tersebut sehingga object tersebut hanya memiliki stroke saja, kemudian ubah menjadi path, caranya klik ikon sesuai urutan angka pada gambar dibawah ini:


Buat satu buah object seperti object yang dibuat sebelumnya namun ukurannya lebih kecil, jika malas untuk membuatnya, gandakan saja object pertama dengan metode yang Anda sukai, misalnya bisa menggunakan teknik Duplicate, Clone, atau Copy-Paste.

Letakkan object kedua ditengah-tengah object pertama, jika Anda kesulitan saat meletakkan object kedua di tengah-tengah object pertama, lakukan dengan batuan fitur Align and Distribute dengan memilih (seleksi) kedua object tersebut kemudian ikuti langkahnya seperti pada gambar dibawah






















Saya asumsikan kedua object masih dalam keadaan terseleksi, kemudian kombinasikan kedua garis tersebut menjadi path yang terdiri dari dua sub-path, untuk melakukannya klik Path => Combine (Ctrl+K), Kedua sub-path harus sejajar ke arah yang sama, jika belum sejajar klik Path => Reverse (Shift+R).

Untuk menerapkan efek LPE Stitch Sub-Paths, pilih object tadi, kemudian klik Path => Live Path Effects => pada jendela pengaturan yang tampil klik submenu Stitch Sub-Paths yang ada pada Apply new effects, setelah itu klik Add






















Pada kotak disebalah Number of path isi dengan nilai tertentu sesuai jumlah garis yang diinginkan, dalam contoh saya gunakan nilai 75, lakukan pengaturan dengan mengisi nilai tertentu pada kotak lainnya jika diperlukan.























Klik ikon Edit Node (edit on-canvas) untuk mengedit Stitch Path sehingga Anda dapamengubah object menjadi berbeda, node juga dapat ditambahkan pada garis Stitch path.



Catatan:
Semakin banyak garis-garis yang dibuat maka semakin lambat juga kinerja komputer, jika spesifikasi komputer Anda pas-pasan jengan mengunakan modus ini.


Demikian tulisan iseng saya hari ini, semoga bermanfaat untuk pembaca semuanya, tidak lupa mohon Do'a-nya agar saya punya waktu untuk tetap menulis.

Sumber:
Sebagian isi dari artikel ini adalah hasil copy-paste dari Buku Panduan Inkscape Bahasa Indonesia yang segera terbit

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "Fitur Stitch Sub-Paths pada Inkscape"

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.