Mengenal Koordinat Object pada Inkscape dan Corel Draw

Beberapa minggu lalu saya ngisi pelatihan desain grafis di salah satu Pabrik Garment yang sedang masa transisi migrasi ke OS GNU/Linux di JaBoDeTaBek, tepatnya ngajari beberapa pegawai pabrik tersebut menggambar pola menggunakan Inkscape.

Sudah bukan rahasia lagi jika para pegawai suatu perusahaan di Indonesia dalam urusan desain grafis terutama vektor sebagian besar hanya menguasai aplikasi menggambar Corel Draw, begitu juga beberapa pegawai yang ikut menjadi peserta pelatihan yang diadakan kali ini, ceritanya sih mirip seperti Kisah Perjalanan Sepatu FANS menuju Open Source yang ada di Panduan BlankOn, untuk kisah proses migrasi pabrik garment ini saya belum bisa share secara terbuka karena belum dapat ijin dari pemilik pabrik, tapi pemilik pabrik sudah berjanji akan membuat artikelnya jika proses migrasi sudah mencapai 90%.

Hari pertama pelatihan berjalan lancar seperti yang terjadi pada saat saya mengisi pelatihan di pabrik sepatu FANS, salah satu materi pelatihan pada hari pertama adalah mengenal transformasi dan letak object pada halaman, pembahasaan utama adalah masalah perbedaan koordinat object pada Inkscape dengan Corel Draw.

Dibawah ini catatan sederhana mengenai perbedaan koordinat yang dipakai kedua aplikasi tersebut

Corel Draw
Koordinat Object terhadap halaman pada Corel Draw adalah berdasarkan pusat object atau dengan kata lain titik nol halaman (sudut kiri bawah) sesuai titik pusat object.
Misalnya jika terdapat object persegi panjang dengan ukuran Lebar 8,00 cm dan tinggi 6,00 cm, kemudian pada kotak X dan Y memiliki nilai 0,00 cm maka tengah-tengah object tersebut berada pada sudut kiri bawah halaman.  



Inkscape
Koordinat Object terhadap halaman pada Inkscape adalah berdasarkan sudut kiri-bawah atau dengan kata lain titik nol halaman (sudut kiri bawah) sesuai sudut kiri-bawah object.
Misalnya jika terdapat object persegi panjang dengan ukuran Lebar 8,00 cm dan Tinggi 6,00 cm, kemudian pada kotak X dan Y memiliki nilai 0,00 cm maka pinggir kiri-bawah object tersebut berada pada sudut kiri bawah halaman.



Di atas adalah perbedaan koordinat yang digunakan oleh dua Aplikasi untuk menggambar yang berbeda, dan semua memiliki kelebihan masing-masing, tentunya orang punya pandangan berbeda tentang kemudahan saat mengunakan fitur tersebut dalam menggambar.

Studi Kasus
Pada saat pelatihan beberapa pegawai mengatakan bahwa koordinat yang dianut (digunakan) Inkscape agak ribet, saya sih memakluminya karena mereka memang dari waktu pertama belajar komputer untuk menggambar lebih banyak diajari Corel Draw dan sejenisnya.

Untuk menemukan jawaban mana yang lebih mudah mengenai koordinat pada dua aplikasi yang berbeda tersebut, maka saya melakukan test ke beberapa orang pegawai yang menjadi peserta pelatihan dengan menggunakan kedua aplikasi tersebut, oh ya pelatihan saat itu pesertanya 8 (delapan) orang, enam orang wanita dan dua orang pria.

Bagamanai cara mengujinya?
Dalam melakukan test atau pengujian, peserta dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok masing-masing 4 (empat) orang mengunakan Corel Draw, kelompok lainnya menggunkan Inkscape, untuk memilih aplikasi yang akan digunakan peserta, dilakukan dengan cara diundi.

Materi pengujian adalah mengatur beberapa gambar pola yang sudah dibuat sebelumnya dalam satu halaman dengan ukuran A3 (29,70 x 42,00 cm) yang akan dicetak pada printer yang telah tersedia.
Masing-masing peserta harus menyusun gambar-gambar tersebut dengan jarak tertentu ke dalam halaman A3. Adapun object pertama harus menggunakan jarak dari pinggir halaman kiri 1,55 dan dari sisi bawah 1,25 cm sesuai jangkauan cetak printer yang tersedia.
Pada saat pengujian ternyata waktu yang tersedia sesuai rundown sangat mepet atau terbatas, maka akhirnya peserta hanya dapat jatah memasukkan 4 gambar saja ke dalam halaman ukuran A4.

Begini kira-kira ilustrasi sesuai ingatan saya:
Memasukan object atau gambar dengan ukuran lebar 9,55 cm x tinggi 6,75 cm, dengan jarak dari pinggir sisi kiri halaman 1,55 dan dari sisi bawah halaman 1,25 cm.

Jika menggunakan Corel Draw, peserta menyeleksi object yang akan diatur jaraknya terhadap halaman, kemudian menggunakan rumus berikut:
Lebar gambar 9,55cm dibagi dua (sesuai pusat object) maka hasilnya adalah: 4,775 cm, kemudian hasil tersebut (4,775 cm) ditambah 1,55 cm (jarak dari sisi kiri) hasilnnya 6,325 cm, nilai inilah yang dimasukkan pada kotak Xlumayan rumit bukan?.

Sedangkan untuk jarak dari sisi bawah halaman adalah mengisi kotak Y dengan angka 4,625 dari hasil rumus seperti yang digunakan untuk kotak X.


Jika menggunakan Inkscape, peserta menyeleksi object yang akan diatur jaraknya terhadap halaman, kemudian peserta cukup mengisikan nilai pada kotak X dengan nilai 1,55 dan kotak Y dengan nilai 1,25,
sangat mudah bukan?


Untuk mengatur gambar ke 2, 3, dan 4 metode yang digunakan juga hampir sama.

Setelah semua peserta menyelesaikan ujian masing-masing dengan perbedaan waktu yang terpaut cukup lama (Anda simpulkan sendiri lebih dulu yang menggunakan Corel Draw atau Inkscape), maka saya melakukan pengujian untuk mengubah posisi halaman atau kertas yang digunakan yang semula tegak (potrait) menjadi mendatar (landscape), maka hasilnya seperti gambar dibawah ini:

Menggunakan Corel Draw

Menggunakan Inkscape

Demikian artikel saya kali ini tentang perbedaan koordinat yang digunakan dua aplikasi yang berbeda, dan yang namanya kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakannya tergantung selera dan ketrampilan masing-masing, sampai jumpa dengan artikel lainnya

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Mengenal Koordinat Object pada Inkscape dan Corel Draw"

  1. wah keren.
    saya termasuk memakai dua duanya dlu, pernah kesulitan sih dengan fungsi ini,
    tapi namanya juga pengguna ngototan, banyak jalan ke Roma. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih
      Sebenarnya saya ingin membuat artikel perbandingan lainnya tapi sudah gak pakai Windows lagi, lagian saya cuma bisa sedikit Corel draw

      Delete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.