Review Motherboard 945GM6-L pada Linux


Sobat pengguna OS dan Aplikasi berbasis OpenSource kita bertemu kembali dengan artikel Uji Hardware Motherboard yang support GNU/Linux melalui uji coba kami untuk kesekian kalinya.
Motherboard  yang  kami Uji  kali  ini adalah  Motherboard merk China yang harganya merakyat untuk rakyat kecil yaitu motherboard 945GM6-L. Motherboard seri ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan seri G31LM4 yang pernah kami review sebelumnya.

Motherboard ini sedikit berbeda jika dibandingkan dengan seri G31LM4 yang tidak mendukung processor Dual Core atau Core 2 Duo, motherboard seri ini malah sebalik walaupun masih menggunakan chipset 945.

Install dan Hasil Pengujian
Kami menguji Motherboard seri ini menggunakan Processor Dual Core E2140, Hardisk 80 GB, RAM Memori DDR2 1 GB,  PSU  450  Watt,  kami mengujinya menggunakan BlankOn 8 Rote.
Untuk melakukan pemasangan (install) menggunakan Flashdisk, sebelum melakukan pemasangan kami lakukan penyetingan pada Bios agar dapat booting melalui Flashdisk.

Cara untuk masuk ke BIOS pada motherboard seri ini mirip pada beberapa Laptop/Netbook yaitu dengan menekan tombol F2 bukan tombol DELETE, hal ini dapat dimaklumi karena menggunakan jenis BIOS American Megatrend v02.59 yang tergolong sederhana.

Untuk mengatur urutan BIOS dapat dilakukan melalui tab Boot, agar dapat booting melalui flashdisk harus melakukan dua pengaturan yaitu pada Boot Device Priority dan Hard Disk Drives karena Flashdisk secara otomatis dikenali sebagai Hard Disk.

Setelah berhasil melakukan booting menggunakan flashdisk maka kami masuk ke desktop terlebih dulu dengan memilih mode Live untuk melakukan pemartisian Hardisk yang masih kosong karena habis diformat, selanjutkan dilakukan pemasangan Distro BlankOn 8 Rote seperti biasanya,  

Selesai  proses  Pemasangan Distro BlankOn  maka kami mencoba  menjalankan  beberapa  aplikasi untuk  memastikan  bahwa  semua  driver  berjalan  normal  tanpa  masalah. Saat digunakan untuk memutar lagu dengan Speaker yang memiliki Subwoofer suaranya tidak begitu mengecewakan bahkan dapat dikatakan menggelegar.

Salah satu kekurangan dari motherboard seri ini terdapat pada resolusi layar, yaitu hanya mendukung resolusi 800 X 600 dan 1024 X 768 sesuai pengujian pada beberapa layar yang kami miliki, baik pada Monitor Tabung, LCD, maupu LED, begitupun saat dicoba pada LED Samsung SyncMaster SA100 hasilnya sama saja.


Demikian Review Motherboard 945GM6-L yang dapat kami sampaikan, secara garis besar sudah mendukung GNU/Linux secara native dengan semua driver berjalan baik setelah proses pemasangan.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Review Motherboard 945GM6-L pada Linux"

  1. Mohon review mobo gigabyte dong....sy punya web toko online penjualan komputer juga yg kebetulan utk produk mobo yg dijual kebanyakan gigabyte
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah pernah menulis review motherboard gigabyte, coba saja cari di label "Uji Hardware"

      Delete
  2. sedikit tambahan dari saya, untuk seri mainboard seri itu, resolusi bisa sampai 1280 x1024
    trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih info tambahannya, mungkin kalau pakai OS lain resolusi bisa segitu, saya belum sempat menguji pada beberapa OS liannya

      Delete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.