Liputan Acara Seminar Ubuntu Indonesia 2015 (bagian 1)


Pada tanggal 23 Mei beberapa hari yang lalu Forum Ubuntu Indonesia mengadakan Seminar Tahunan dalam rangka Rillis Party Ubuntu 15.04, adapun tema yang diusung pada acara tersebut adalah Ubuntu: Sistem Perkantoran Profesional, kebetulan pada acara tersebut saya di undang untuk mengisi sesi lokakarya Desain Grafis Menggunakan FOSS.

Di bawah ini saya membuat liputan sederhana acara tersebut berdasarkan versi saya, jadi dalam liputan ini saya ceritakan juga beberapa hal penting yang saya alami berkaitan langsung dengan acara tersebut.

Awal mulanya sehingga saya di undang untuk menjadi pemateri lokakarya acara ini dikarenakan pada tanggal 11 April 2015 saya mengisi acara Lokakarya Pelatihan Desain Grafis dengan Inkscape yang di selenggarakan oleh Pemkot Pekalongan di Pusat Komputer Masyarakat

Saat istirahat setelah makan siang terjadi obrolan singkat antara saya dan mas Tomi (humas FUI) yang intinya Forum Ubuntu Indonesia akan mengadakan Rillis Party Ubuntu 15.04 pada bulan Mei 2015, dan beliau meminta saya untuk ikut mengisi salah satu workshop.

Tanggal 17 April 2015 saya menerima email dari Humas Ubuntu Indonesia yang isinya berupa Undangan untuk mengisi acara Seminar Tahunan dalam rangka Rillis Party Ubuntu 15.04.

Singkat cerita saya sudah mendapatkan tiket Kereta Api Semarang - Jakarta, sesuai jadwal tiket yang saya miliki, Kereta Api berangkat dari Stasiun Poncol Semarang pukul 18.41 WIB dan akan sampai di Stasiun Pasar Senen pukul 01.16 WIB, namun seperti yang sudah sering terjadi perjalanan ini juga molor padahal yang menjemput saya sudah siap di Stasiun Pasar Senen dari jam 23.30 WIB. 

Saya sampai di Stasiun Pasar Senen pukul 02.05 Waktu HP buatan China milik saya, singkat cerita langsung  bertemu dengan orang yang menjemput saya, kemudian saya dibawa ke Graha Okusi, di sana teman-teman Panitia FUI sedang lembur menyelesaikan persiapan untuk acara besok pagi.

Di Graha Okusi saya bertemu dengan mas Syamsul Rizal, kami ngobrolin tentang perkembangan OpenSource di Indonesia, kemudian saya menunjukkan meteri yang akan saya sampaikan besok  pagi,  di tengah-tengah obrolan beliau menanyakan buku Desain Grafis dengan Inkscape yang saya tulis apakah saya membawanya, singkat cerita transaksi pun terjadi.


Tanggal 23 Mei 2015

Acara Seminar Tahunan Ubuntu di mulai pukul 09.00 yang dibuka oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua YTTI pak Syamsul Rizal. 
Karena saya lupa ambil foto pada sesi ini maka saya pasang saja foto lain, yang penting foto orang yang sama 

Cerita selanjutnya, biarlah gambar yang berbicara

Foto sesi Seminar
Dibawah ini beberapa foto yang terjadi pada sesi seminar

Foto sesi Pak Iwan S. Tahari
Karena saya lupa ambil gambar maka foto beliau belum bisa saya sertakan, dan sampai saat ini saya belum mendapatkan foto beliau, bagi yang memiliki foto beliau pada sesi ini sekiranya dapat mengirimkan ke saya melalui email: istanalinux@gmail.com

Foto sesi Pak Gary Dean


Foto Sesi Pak I Putu Agus E. P


Foto Sesi Pak Andri Johandri


Pokoknya begitu deh, susah jelasinnya
Foto Sesi Pak Kurniadi
Sampai saat ini saya belum mendapatkan foto pak Kurniadi, bagi yang memiliki foto beliau pada sesi ini sekiranya dapat mengirimkan ke saya melalui email: istanalinux@gmail.com

Foto Sesi Pak Teddy Sukardi

Pokoknya berdiri dulu
Begini caranya nyolong lampu yang baik :D
Foto Sesi Tanya Jawab
Pada setiap sesi akhir seminar yang dibawakan masing-masing pemateri terdapat sesi tanya jawab yang di pandu oleh moderator, sayangnya saya gak hafal untuk siapa yang bertanya dan untuk siapa pertanyaan tersebut, kecuali pertanyaan yang diajukan pak Iwan S Tahari ke pak Teddy Sukardi

Moderator Acara Seminar
Sesama pemateri saling bertanya
Peserta seminar bertanya 

Foto Peserta



Foto Penyerahan Piagam
Setelah Acara seminar selesai maka dilanjutkan dengan acara pemberian Piagam kepada para pemateri, sayangnya lagi-lagi saya tidak memiliki foto yang lengkap pada sesi ini







Setelah sesi penyerahan Piagam maka acara Seminar berkahir juga, namun acara masih akan dilanjutkan pada acara berikutnya yaitu acara Workshop yang akan dimulai pukul 13.00 WIB, atau setelah acara istirahat.

Liputan acara Workshop dan acara seru lainnya akan segera saya tulis secepatnya, sampai jumpa 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Liputan Acara Seminar Ubuntu Indonesia 2015 (bagian 1)"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.