Menyisipkan Video pada Presentasi berbasis Web

Bagi seorang pemateri, presentasi adalah hal wajib yang harus dikuasai termasuk cara membuatnya, yang sering kita jumpai para pemateri dalam presentasi menggunakan aplikasi office dan itu sah-sah saja. Namun jika materi yang dibawakan adalah tentang grafis akan lebih keren lagi jika materi tersebut dibuat menggunakan aplikasi grafis juga, contohnya menggunakan Inkscape seperti yang sering saya gunakan.

Presentasi yang dibuat dengan Inksacape adalah berbasis web, dengan demikian kita tidak tergantung pada salah satu Sistem Operasi komputer, karena saat ini hampir semua komputer punya aplikasi browser.

Alasan saya lainnya sering menggunakan presentasi berbasis web adalah sudah sesuai kebutuhan, kelebihan presentasi jenis ini adalah kita bisa melakukan zoom pada bagian tertentu yang diinginkan atau kita juga bisa membuat coretan secara langsung pada presentasi tersebut (penjelasannya sudah ada di buku inkscape yang saya tulis).

Biasanya para pemateri yang yang menggunakan aplikasi office jika ingin menunjukkan detail pada bagian tertentu sering menggunakan senter sinar merah atau laser, toh cara tersebut sebenarnya tetap saja tidak maksimal. 

Sekarang muncul pertanyaan; apakah presentasi yang dibuat dengan Inkscape dapat juga disisipkan Video? seperti jika menggunakan aplikasi Office, jawabnya; tentu saja bisa, terus bagaimana caranya?

Berikut ini saya sertakan tautan video tutorial cara menyisipkan video pada presentasi yang dibuat menggunakan Inkscape.




Catatan
Seperti yang terlihat dalam video, bahwa untuk menampilkan presentasi hasilnya lebih maksimal jika kita buka menggunakan Firefox.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Menyisipkan Video pada Presentasi berbasis Web"

  1. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.