Video Review Buku

Beberapa hari lalu salah seorang teman sosial media ada yang bertanya tentang isi dari buku Desain Grafis dengan Inkscape yang saya tulis, dia minta review berupa video.

Awalnya saya bingung bagaimana cara membuat video review isi dari buku tersebut, setelah berhari-hari tidak juga menemukan titik terang masalah ini, akhirnya tidak sengaja saya menemukan cara sederhana yaitu pada saat membuka dan menjalankan presentasi dengan file PDF.

Berikut urutan membuat video review buku
  • Buka File buku yang akan dijadikan video review, dalam contoh menggunakan LibreOffice Writer.
  • Export file tersebut menjadi format PDF.
  • Buka File buku format PDF dengan aplikasi Penampil Dokumen.
  • Buka aplikasi Perekam Desktop, dalam contoh saya menggunakan RecordMyDekstop.
  • Jalankan Presentasi file PDF dengan menekan tombol F5, lakukan perekaman menggunakan RecordMyDekstop.
  • Buka halaman buku satu persatu dari awal hingga halaman terakhir dengan menekan tombol arah bawah pada keyboard.
  • Setelah semua halaman selesai dibuka, hentikan proses perekaman Desktop.
  • Simpan hasil rekam desktop, dilanjut dengan mengubah format yang tadinya *.ogv menjadi format lain yang dapat dibaca dengan baik menggunakan browser, dalam contoh saya ubah menjadi format *.mkv menggunakan OggConvert.
  • Terakhir unggah video tersebut ke Youtube supaya bisa dibagi ke semua orang.
Dibawah ini tautan Video buku Desain Grafis dengan Inkscape yang saya buat.


Demikian tulisan singkat tentang cara membuat Video Review Buku sederhana ini, dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Video Review Buku"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.