Menggabungkan Dua Gambar dengan GIMP

Untuk menggabungkan dua gambar, orang sering menggunakan aplikasi Photoshop tidak peduli asli atau bajakan, tapi sampai saat ini saya masih yakin kalau pengguna photoshop di Indonesia lebih banyak yang menggunakan photoshop asli bajakan karena harganya yang memang sangat murah mahal, bahkan ada salah seorang teman yang terkenal dengan edit foto artis juga masih menggunakan photoshop versi pak tani.

Saya sebagai penggiat aplikasi Open Source tentunya tetap komitmen untuk selalu menggunakan aplikasi yang legal dan murah tapi bukan murahan. Salah satu aplikasi Open Source untuk mengolah foto adalah GIMP.

Pada Tutorial kali ini saya memberi contoh sederhana cara menggabungkan dua gambar, yaitu gambar Superman dan Patung Dirgantara, alasan saya menggunakan dua gambar tersebut adalah karena keduanya memiliki sedikit hubungan, yaitu orang yang tidak tahu nama Patung Dirgantara ada yang menyebutnya dengan plesetan (terutama ABG Alay) Patung Superman, mungkin karena mirip Superman yang sedang terbang. Sedangkan masyarakat umum lebih banyak yang menyebutnya sebagai Patung Pancoran karena letaknya di Pancoran.

Beberapa patung di Jakarta juga mengalami nasib yang sama, misalnya Patung Selamat Datang sering disebut Patung jali-jali atau Patung HI  karena letaknya di depan Hotel Indonesia, Patung Arjuna Wijaya/ Patung Asta Brata sering disebut Patung Kuda Setan atau Patung Delman karena bentuknya seperti delman, Patung Pemuda Membangun sering disebut Patung Pizza Man, Patung Pahlawan sering disebut Patung Pak Tani dan Ibu Tani atau disebut Tugu Tani karena bentuknya seperti pak tani dan ibu tani.
Masyarakat umum semakin tidak tahu nama-nama patung di atas dapat dimaklumi karena akhir-akhir ini banyak media yang sering tidak menyebut nama patung tersebut dengan nama aslinya, misalnya pas ramai-ramainya berita terjadi kecelakaan di depan Patung Pahlawan, media lebih sering menyebutnya di depan Tugu Tani, ini medianya yang malas menyebut nama asli patung tersebut atau memang tidak tahu nama aslinya.

Kembali ke Tutorial, pertama saya siapkan dua gambar yang akan dimanipulasi, yaitu gambar Superman dan Patung Dirgantara seperti di bawah ini:

Jalankan aplikasi GIMP sesuai Sistem Operasi komputer yang Anda gunakan, kemudian buka kedua gambar tersebut, caranya, klik File => Open, atau tekan tombol Ctrl+O pada keyboard, lakukan pencarian file yang akan dibuka pada direktori komputer Anda. Klik salah satu file berupa gambar untuk melihatnya pada kotak Preview, untuk menampilkan semua jenis gambar klik menu All Images, Anda juga dapat memilih opsi berdasarkan kategori gambar tertentu. Setelah gambar yang akan dibuka sesuai dengan pilihan, klik Open atau klik dua kali.

Setelah kedua gambar terbuka dengan GIMP kita pilih Tab Image View yang menampilkan gambar Superman, potong bagian gambar yang akan kita pindahkan ke gambar lain dengan Free Select (the Lasso), berikut cara sederhana penggunaan Free Select pada GIMP; klik bagian gambar untuk titik awal seleksi, lanjutkan ke bagian lain sesuai bentuk gambar yang akan dipotong dengan cara memutar mengelilingi gambar sampai ke titik awal tadi, sambungkan titik awal dengan titik akhir hingga membentuk seleksi utuh.


Jika proses seleksi yang Anda lakukan benar, maka pada sekeliling gambar akan muncul bintik-bintik kecil contohnya seperti gambar di bawah ini:
 Catatan: 
  • Agar seleksi pada gambar dapat maksimal gunakan fitur Zoom dengan nilai tertentu untuk memperbesar tampilan gambar pada bagian yang kecil dan rumit.

Langkah selanjutnya adalah menyalin gambar hasil seleksi (gambar superman) ke gambar lain (gambar patung dirgantara), gunakan metode copy-paste.
Untuk mempermudah pengerjaan ada baiknya Anda menggunakan teknik layer pada gambar yang dikerjakan yaitu dengan menambahkan layer baru pada gambar Patung Dirgantara, di dalam layer yang ditambahkan itulah gambar hasil seleksi sebelumnya diletakkan.

Sekarang tempelkan (paste) gambar hasil seleksi ke layer yang dibuat sebelumnya, maka hasilnya seperti gambar di bawah ini, jelek kan?

Ya, tentu saja gambarnya melewati batas Image Window karena kedua gambar tersebut ukurannya berbeda (lebih besar gambar yang diseleksi), untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan tool Scale seperti gambar dibawah ini

Catatan

  • Jika gambar yang sudah diperkecil dengan tool Scale letakknya tidak sesuai keinginan Anda dapat menggesernya ke lokasi tertentu dengan menggunakan tool Move.

Sekarang kita anggap ukuran besar-kecilnya gambar sudah sesuai, namun hasilnya gambar tersebut posisi kemiringannya tidak sesuai keinginan kita, untuk mengatur kemiringan gambar pada GIMP dapat dilakukan dengan menggunakan tool Rotate

Untuk mengatur kemiringan gambar selain menggunakan tool Rotate Anda juga dapat menggunakan tool Shear.

Jika tampilan gambar masih kurang menarik atau realistis Anda dapat juga menggunakan tool Perspective untuk mengatur tampilan gambar tersebut

Salah satu masalah dalam penggabungan gambar adalah warna dan efek cahaya dari kedua gambar tersebut berbeda, sehingga akan tampak kontras jika dilihat, sehingga secara kasat mata akan terlihat bahwa gambar tersebut adalah hasil editan (padahal emang hasil editan), beberapa cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan tool yang disediakan oleh Toolbox-Color, cara lainnya adalah dengan mengubah Opacity pada setiap layer seperti yang saya lakukan

Setelah semua manipulasi foto selesai kita dapat menyimpannya dengan format standard GIMP yaitu *.xcf, setelah itu Anda dapat mengeksportnya menjadi format lain, misalnya png, jpg, eps,dll.
Inilah hasil akhir dari tutorial di atas yaitu Superman nyasar di Jakarta
Superman nyasar di Jakarta

Sampai jumpa pada tutorial lainnya, salam Open Source.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menggabungkan Dua Gambar dengan GIMP"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.