Pelatihan Desain Grafis dengan Inkscape di BLC Pekalongan

Tanggal 21 Agustus 2015 saya mengisi acara pelatihan desain Grafis dengan menggunakan aplikasi Open Source (inkscape), acara ini bertempat di BLC Pekalongan Jl.Majapahit Nomor 5 Pekalongan.

Saya berangkat ke Pekalongan dari Semarang melalui stasiun Poncol menggunakan jasa angkutan umum yaitu Kereta Api, adapun kereta api yang saya naiki adalah kereta api Kamanda Purwokerto - Tegal. 
Kereta api berangkat dari Stasiun Poncol (semarang) jam 05.15 WIB, dan sampai di Pekalongan jam 06.39 WIB.

Singkat cerita, acara pelatihan desain Grafis dengan Inkscape dimulai jam 09.05 WIB, Materi pertama yang saya sampaikan adalah pengenalan beberapa aplikasi Grafis yang biasa digunakan, baik aplikasi Proprietary dan Open Source.

Pada sesi ini saya juga menjelaskan tentang perbandingan harga antara aplikasi grafis Proprietary dan Open Source.


Materi selanjutnya adalah praktek secara langsung menggunakan aplikasi grafis Inkscape, adapun praktek yang dilakukan adalah menggambar atau membuat desain Kartu Nama.

Pelatihan desain grafis dengan inkscape di BLC Pekalongan menurut saya berjalan lumayan lancar kecuali beberapa kendala seperti berikut:
  • Beberapa mouse di ruang pelatihan sudah trouble sehingga kurang nyaman saat digunakan (diklik sekali langsung terklik dua kali).
  • OS pada komputer kurang familiar untuk pengguna awam karena Menu Bar pada aplikasi secara otomatis tersembunyi saat aplikasi tidak digunakan (automatic hide), hal ini sangat menghabat proses belajar sehingga banyak waktu yang terbuang sia-sia.
Acara pelatihan Desain Grafis dengan Inkscape berakhir jam 11.10 WIB, sebelum kita pisah ke alam masing-masing maka seperti acara pelatihan lain pada umumnya kita foto narsis bersama



Demikian liputan singkat yang dapat saya sampaikan, semoga pelatihan semacam ini dapat terlaksana di kota-kota lainnya.

Oh ya, hampir ada yang terlupa, untuk Anda yang tertarik dengan materi praktek pada acara tersebut dapat melihat videonya di Youtube




Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Pelatihan Desain Grafis dengan Inkscape di BLC Pekalongan"

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.