Mengganti Template Inkscape

Ketika Anda menjalankan atau membuka halaman baru Inkscape maka secara otomatis halaman yang terbuka adalah ukuran A4 dengan orientasi portrait (tegak). Di Inkscape versi 0.48 jenis satuan atau unit yang digunakan secara baku (default) adalah px, sedangkan mula versi 0.92 adalah mm (mulai 0.92 atau 0.91 penulis agak lupa).

Beberapa teman yang baru menggunakan Inkscape versi 0.92 ternyata merasa kikuk dengan masalah ini karena belum terbiasa.

Masalah ini sempat ditanyakan oleh salah seorang anggota group Facebook Inkscape Indonesia, tadinya sih penulis biarkan saja pertanyaan itu menggantung tanpa jawaban, tujuannya adalah memberi kesempatan orang lain untuk menjawabnya, alasannya karena kunci jawabannya sudah ada di Buku Inkscape versi Digital yang penulis bagikan secara gratis, tapi karena sudah lebih dari 7 jam tidak ada yang jawab akhirnya salah seorang admin group memberi jawabannya.


Lain di dunia maya, lain di dunia nyata, beberapa bulan lalu ketika penulis mengisi pelatihan Desain Grafis di salah satu Pabrik (perusahaan) pembuat tas, pertanyaan serupa juga ditanyakan oleh salah seorang peserta, namun pertanyaannya sedikit berbeda yaitu; bagaimana agar ketika membuka halaman baru otomatis satuannya cm?, pertanyaan ini muncul karena mereka (bahkan di Indonesia pada umumnya) lebih sering menggunakan satuan atau ukuran cm daripada satuan lain.

Berikut salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah di atas:

  • Buka halaman baru Inkscape, panggil jendela Document Properties, ubah satuan pada Display units dan Unit yang tadinya mm menjadi px atau cm (sesuai keinginan).

  • Simpan halaman atau berkas ini di direktori tertentu pada komputer Anda, beri nama default (format svg), tutup halaman Inkscape.
  • Salin berkas yang dibuat tadi ke direktori usr/share/inkscape/templates, timpa (replace) berkas defautl.svg yang sudah ada dengan berkas yang dibuat tadi.


Catatan 
  • Jika Anda menggunakan sistem operasi GNU/Linux maka ketika melakukan salin-tempel berkas ke direktori usr/share/inkscape/templates harus menggunakan mode root atau mengubah hak akses pada direktori tersebut.

Referensi:
  • Buku Desain Grafis dengan Inkscape versi Digital Bab 3 dan 4.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengganti Template Inkscape"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.