Buku Belajar Komputer Tingkat Dasar 1

Salam sejahtera untuk Anda semua pembaca setia blog ini, postingan ini adalah update terbaru dari buku Belajar Komputer Tingkat Dasar 1 yang telah siap terbit.

Saat ini di pasar buku telah banyak buku belajar komputer tingkat dasar untuk anak-anak, namun hampir semua buku itu menggunakan sistem operasi dan aplikasi perangkat lunak tidak terbuka atau proprietary, misalnya MS Paint, MS Office, InDesign, CorelDraw, dan Photoshop.

Beberapa contoh aplikasi proprietary di atas tidak membebaskan lisensinya sehingga pengguna perlu izin dan umumnya harus membayar biaya lisensi untuk dapat menggunakannya secara legal.

Dan sayangnya hingga saat ini masih banyak tenaga pendidik yang tidak peduli dengan masalah tersebut. Sebagian orang (pengajar) memang sudah tahu kalau yang mereka lakukan tidak benar, tapi tetap saja mereka mengajar dengan beberapa aplikasi tersebut tanpa membayar lisensinya atau dengan kata lain tetap menggunakan aplikasi yang tidak legal.

Lalu mengapa mereka tetap mengajar komputer dengan menggunakan OS dan aplikasi proprietary? Karena sampai saat ini masih jarang ada buku belajar komputer tingkat dasar yang menggunakan sistem operasi dan aplikasi berbasis FOSS (Free Open Source Software), sehingga mereka terpaksa mengajar dengan aplikasi proprietary. 

Secara garis besar, aplikasi yang termasuk FOSS adalah program komputer yang dapat digunakan, digandakan/dikopi, dan diubah/dimodifikasi tanpa harus membayar royalti. Siapapun dapat mengunduh sendiri dan menggunakannya.

Buku ini hadir sebagai salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, karena semua materi dalam buku ini menggunakan aplikasi FOSS. Selain menggunakan aplikasi FOSS, buku ini berisi panduan pelajaran komputer tingkat paling dasar.

Tim penulis sengaja menyusun buku dengan materi permainan pendidikan, sehingga anak-anak bisa belajar komputer secara menyenangkan, dan tentu saja materi permainan  yang kami masukkan telah disesuaikan dengan pelajaran sekolah paling dasar yang diajarkan di sekolahan.

Buku ini berbeda dengan beberapa buku yang penulis telah rilis sebelumnya yang mana pembaca jika ingin membacanya harus membeli terlebih dulu, misalnya buku Menulis Buku dengan LibreOffice yang harganya Rp.65.000,- untuk versi Hardcover dan Rp.40.000,- untuk versi Softcover. Untuk buku ini penulis bagikan secara gratis berupa buku digital (e-book) dengan format PDF, tujuannya adalah siapa pun dapat memilikinya dan kemudian mencetaknya sendiri.

Untuk mengunduh buku digital tersebut silakan pilih salah satu tautan berikut

Pembaca boleh menyebarkan buku versi digital ini ke masayarakat yang membutuhkan baik secara online ataupun offline, juga dipersilakan untuk membuat mirror di berbagai web atau server yang pembaca miliki.
-
Demikian, terima kasih

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Buku Belajar Komputer Tingkat Dasar 1"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.