ORCA Aplikasi Untuk Tuna Netra

          Akhirnya ketemu juga jalan keluarnya, setelah Gogling seharian mencari Aplikasi di Linux untuk Tuna Netra, oke saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya dalam membantu Migrasi di salah satu Yayasan/SLB, sebenarnya pihak Yayasan Minta Komputernya di Install Windows Bajakan, tentu saja saya Tolak dan saya paksa pakai Linux, padahal waktu itu saya belum menemukan Aplikasi di GNU/Linux untuk para Siswa/i-nya, tapi saya yakin "Selalu ada jalan keluar di Linux" dibawah ini saya jelaskan sedikit contoh cara setting Aplikasi tersebut.


          Orca adalah software  untuk membantu tuna netra dan low vision dalam menggunakan komputer terutama untuk komputer dengan sistem Operasi GNU/Linux. Aplikasi ini dilengkapi juga dengan kemampuan untuk melafalkan teks dan braille display, kelebihan dari Orca di banding Aplikasi lainnya adalah bisa di unduh gratis kelebihan lainnya adalah sudah didukung dari berbagai bahasa teramasuk  Bahasa Indonesia.
Info lebih lengkapnya silahkan lihat Disini


       Dibawah ini akan saya jelaskan cara Configurasi Orca, sebagai contoh saya menggunakan System Operasi Ubuntu, untuk Distro lainnya silahkan sesuaikan sendiri.
        Untuk mengaktifkan Orca Klik System >Preferences >Main Menu >pilih Universal Acces > beri tanda Centang pada Orca Screen Reader and Magnifier, Anda juga bisa mengaktifkan menu lainnya dari sini,setelah itu tutup Main Menu dengan klik tombol Close,  sekarang coba Anda klik Applications dibawah System Tools sudah ada menu Universal Acces.

       Sekarang kita melakukan pengaturan Orca Screen Reader and Magnifier caranaya Klik  Preferences >Assstive Technologies Preferences >Preferences Applications, pada Tab Accessibility pilih Orca jangan lupa pada tab Run at Start beri tanda centang, kembali ke menu awal pada tab Preferences pilih Keyboard Accessibility pada tab General beri tanda Centang pada key presses repeat when key is held down dan pada tab Cursor blinks in text fields, setelah itu klik tombol Close.
       Buka Aplikasi Orca melalui Aplications setelah keluar tampilan Orca Screen Reader /Magnifier pilih Preferences karena dalam contoh ini saya menggunakan PC maka pilih Dekstop, aktifkan Show Orca main window 

       Pindah pada tab Speech beri tanda centang pada Enable speech, pilih indonesian-test(id) pada menu Person untuk mengubah ke Bahasa Indonesia, pada Sub menu Punctuation Level pilih Most, Verbosity: Verbose, Table Rows: Speak row, Progress Bar Updates silahkan klik enable, beri tanda centang juga Break speech into chunks between pauses dan speak blank lines.

Pada tab Braille beri tanda centang : Enable Braille Support, Enable Braille monitor dan Dots 7 and 8

Dibagian tab Key Echo, aktifkan menu enable key echo di sub menu pilih Enable alphanumeric and punctuation, enable modifier keys, enable locking keys, enable functions keys dan enable action keys, aktifkan juga: enable echo by character, enable echo by word dan enable echo by setence.

Sekarang Restart komputer Anda sebelum menggunakan Aplikasi Orca, setelah Login kembali Aktifkan Orca melalui Application >Universal Access >Orca Screen Reader /Magnifie, setalah itu coba buka aplikasi OpenOffice.org dan mulailah mengetik disitu maka setiap anda menekan tuts keyboard pasti akan keluar suara sesuai Abjad yang anda tekan.
Untuk keperluan lainnya silahkan melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan Anda, karena pada contoh ini saya masih menggunakan pengaturan standar.


Aplikasi ini selain ditujukan untuk para Tuna Netra, juga ditujukan untuk pembelajaran bagi anak-anak agar mudah menghapal dan menulis Aksara.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ORCA Aplikasi Untuk Tuna Netra"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.