Aplikasi Edit Video yang Gratis

PiTiVi Video Editor
Kebutuhan editing video saat ini masih cukup bagus prospeknya. Terutama untuk acara-acara yang memiliki kesan tersendiri seperti acara ulang tahun, family gathering, wisata bersama, ataupun acara pernikahan yang sederhana. Nah.. Jika Anda ingin membuka usaha tersebut, di BlankOn Pattimura juga tersedia aplikasi yang sudah lengkap namanya Pitivi Video Editor
GStreamer dan kompatibilitas
Kekuatan besar dalam PiTiVi terletak pada penggunaan multimedia dalam kerangka GStreamer. GStreamer digunakan oleh puluhan aplikasi multimedia dalam arsitektur dan sistem operasi pada lingkungan dekstop.
Pada dasar ada tiga hal penting harus di pahami oleh pengguna:
  • Dalam teorinya hampir semua format media yang didukung GStreamer dapat di impor.
  • Anda dapat membuat proyek Video yang mengandung kombinasi codec dari Gstreamer.
  • Untuk memaksimalkan kemampuan dan mengurangi kemungkinan adanya bug sangat disarankan untuk memakai PiTiVi versi terbaru, karena Pengembang proyek PiTiVi berusaha bekerja keras dalam memperbaiki masalah langsung dari GStreamer (bukan menempatkan workarounds sementara dalam PiTiVi).


Tentang Codec yang tidak Sesuai
Beberapa codec GStreamer, seperti MP3 Fluendo dan muxers MPEG mungkin tidak sepenuhnya sesuai dengan spesifikasi Gstreamer, maka Anda harus menyediakan file yang legal agar dapat dijalankan dengan normal (ini berlaku di negara-negara yang mana paten perangkat lunak dilindungi oleh Hukum yang berlaku)
Beberapa pengguna telah melaporkan masalah ini ketika mereka menggunakan codec ini (baca: tidak dapat mengimpor file MP3 ketika codec ini mereka install).
Alasan untuk masalah ini adalah codec berorientasi pemutar yang sepenuhnya tidak sesuai dengan spesifikasi Gstreamer, sehingga proses eiting tidak bisa dilakukan oleh PiTiVi dengan benar. Situasi ini sangat disayangkan jika pada akhirnya mereka tetap menggunakan codec ini sehingga hasil editing dari PiTiVi tidak sempurna karena tidak sesuai dengan GStreamer yang ada.

Membuat proyek


Ketika pertama kali Anda mejalankan PiTiVi, segera tampil halaman sebuah proyek baru yang masih kosong, untuk membuka proyek sudah pernah kita buat klik File> Open atau tekan Ctrl + O.
Jika Anda ingin membuat sebuah proyek baru silahkan klik File >New atau tekan Ctrl+N pada Keyboard secara bersamaan.


Mengedit pengaturan proyek
Waktu pertama kali memulai proyek baru Anda harus mebuat pengaturan misalnya, Framerate, Resolusi, dan Codec yang sesuai, karena ini akan mempengaruhi hasil proyek video yang dibuat
Untuk melakukan pengaturan proyek, klik Proyek> Project Setting


Menyimpan proyek
Untuk menyimpan proyek yang telah Anda buat, klik File> Simpan pada toolbar utama yang tersedia, atau tekan Ctrl + S pada Keyboard secara bersamaan.
Waktu pertama kali menyimpan sebuah hasil proyek yang Anda buat, maka akan muncul sebuah jendela dialog, yang menayakan dimanakah Anda akan meletakkan file proyek tersebut dan akan diberi nama apa, silahkan simpan di derektori sesuai pilihan anda dan beri nama yang sesuai.


Jika Anda ingin menyimpan proyek Anda sebagai file yang berbeda, gunakan File >Simpan sebagai atau tekan Ctrl + Shift + S pada Keyboard secara bersamaan. Disini Anda dapat menyimpan proyek tersebut dengan nama dan versi yang berbeda.


Memasukkan File dari Media
Beberapa cara untuk memasukan file ke PiTiVi mungkin bisa dilakukan, namun pada saat saya menulis tutorial ini, satu-satunya cara paling mudah untuk memasukan file ke proyek adalah dengan melakukan Impor file dari hardisk atau media lainnya yang terpasang pada komputer,
Menurut keterangan web resmi dari PiTivi, rencana kedepanya kita bisa memasukan secara langsung dari beberapa sumber tambahan misalnya dari:
  • Capture dari camcorder DV atau HDV menggunakan koneksi IEEE 1394.
  • Capture dari webcam.
  • Dumping aliran jaringan / internet.
  • Mengimpor dari DVD.
  • Mengimpor dari CD audio.


Mengimpor File
Untuk melakukan impor file, klik Proyek> klip Impor … Anda juga bisa melakukannya dengan klik tombol Impor yang disediakan pada toolbar utama, atau tekan Ctrl + i pada Keyboard secara bersamaan.


Untuk pengaturan tampilan Klik Edit >Preferences, pilih Appearance atur sesuai keinganinan Anda, misalnya latar belakang Video ataupun Audio, Anda juga bisa mengatur jenis Aksara /huruf yang akan dipergunakan.
untuk pengaturan project yang akan dibuat juga tersedia agar hasil videonya sesuai dengan yang di inginkan, caranya Klik Project >Project Setting
Anda juga bisa melakukan memasukan atau mengedit waktu dari Video yang akan dibuat, caranya klik Project >Insert at end timeline, atur sesuai keinginan Anda


Setelah selesai dengan pengaturan scene pada video yang kita edit, tinggal kita render saja dengan menekan tombol "Render project"

Pada saat merender video, maka load dari processor dan ram komputer akan meningkat lumayan drastis, biasanya yang paling tinggi loadnya adalah processor dari komputernya. Waktu yang dibutuhkan untuk merender video ini sangat tergantung dari besar file video dan spesifikasi hardware yang digunakan.

Sampai disini dulu tulisan saya, mungkin beberapa hari lagi akan saya update setelah saya ngoprek dan nerjemahin Aplikasi ini, tentu saja jika saya sempat ngoprek


File Asli dari tulisan bisa Anda Download disini 

atau Anda juga bisa melihat di web resminya: 

http://www.pitivi.org/
Sebagian dari tulisan ini juga ada di buku panduan BlankOn 7 Pattimura Bab 9 : http://dev.blankonlinux.or.id/wiki/Dokumentasi/Panduan/7/Bab9

Salam


Newbie

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Aplikasi Edit Video yang Gratis"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.