Rute Bus Salatiga - Semarang

Sebenarnya penulis sudah lama ingin membuat artikel singkat ini, namun lupa terus karena lebih banyak menulis buku.

Artikel ini hanya berupa info singkat mengenai beberapa rute bus Salatiga - Semarang jika anda ingin  menggunakan moda transfortasi umum.
Penulis sengaja menulis artikel ini untuk membatu pembaca yang bingung ketika memilih bus dari Salatiga yang mau ke Semarang.
  
Jika Anda akan naik Bus umum dari Salatiga ke Semarang memang harus lebih cermat, karena terdapat 3 tujuan terminal yang beda, dan satu bus jurusan tengah kota.

Salatiga - Terminal Mangkang
Bus ini cocok jika anda akan meneruskan perjalanan ke Semarang wilayah Barat dan Utara, Misalnya ke Bandara Ahmad Yani, Ngalian (Boja), Kendal, Jakarta, dan lain-lain. Anda bisa menggunakan Bus Patas Solo - Semarang yang lewat Tol Krapyak.


Salatiga - Semarang Kota
Bus ini rutenya lewat tengah kota (membelah jalur tengah kota), sangat cocok anda naiki jika tujuan anda adalah ke Semarang kota atau tengah, Misalnya ke Tembalang, Jatingaleh, RSUD Kariadi, Tugu Muda, Poncol, Johar, Kota lama, Tawang, dan lain-lain. Anda bisa menggunakan Bus jurusan Salatiga - Semarang yang berupa Mini Bus, dan bus ini satunya yang tidak lewat tol, namun ketika bus ini kembali ke Salatiga (rute seblaiknya) lewat tol.
Bus jurusan ini hanya berjalan antara pukul 05.00 s/d 17.00 WIB.


Salatiga - Terminal Terboyo
Bus ini cocok jika anda akan meneruskan perjalanan ke wilayah Genuk, Demak, Kudus, Rembang, Surabaya (jalur Pantura), dan lain-lain. Namun perlu diingat, bahwa saat ini sudah jarang Bus dengan juruan Terboyo, karena terminal Terboyo sudah ditutup untuk Bus Umum dan dialih-fungsikan sebagai terminal Peti Kemas.
Namun masih ada satu-dua Bus Patas Solo - Semarang yang ke Terboyo, Bus ini melewati Tol Tembalang - Kaligawe, yaitu masuk gerbang tol Sukun dan keluar gerbang tol Kaligawe. Yang perlu diingat bahwa Bus jurusan ini tidak masuk ke terminal.


Salatiga - Terminal Penggaron
Rute Bus ini sejatinya sebagai pengganti Terminal Bus Terboyo, sangat cocok jika anda akan meneruskan perjalanan ke wilayah Kudus, Pati, Purwodadi, dan lain-lain.
Bus ini melewati Tol Tembalang - Gayamsari, yaitu masuk gerbang tol Sukun dan keluar gerbang tol Gayamsari

Catatan: 
  • Semua bus melewati Tuntang, Bawen, Pasar Karangjati, Pasar Babadan, Banyumanik, dan Sukun, setelah dari sukun jalurnya baru berubah seperti rute masing-masing.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Rute Bus Salatiga - Semarang"

  1. yang masih lewat terminal terboyo bis apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang ke Surabaya masih ada Bus PO Indonesia, berhenti sebentar di halte Mascom Graphy (percetakan Suara Merdeka)

      Delete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.