Sharing File Via Bluetooth pada BlankOn 8 Rote


Beberapa hari lalu saya coba Transfer File antara HP merk china dengan Komputer jadul yang menggunakan OS BlankOn 8 Rote, saat melakukan transfer dari Komputer ke HP berjalan lancar, namun tidak berlaku sebaliknya, atau dengan kata lain saat melakukan transfer dari HP ke Komputer selalu gagal. Saya pun berpikir mungkin salah satu peralatan tersebut bermasalah kalau bukan karena komputernya yang kelewat jadul mungkin HPnya yang terlalu murah, ya sudah saya hentikan saja kegiatan ini. 



Tidak beberapa lama setelah kejadian tersebut datang Customer yang ingin menggandakan DVD sebanyak 45 keping (satu DVD digandakan menjadi 46 keping), karena versi Brasero pada BlankOn 8 Rote ada bug yaitu selalu gagal digunakan untuk membuat ISO dari File DVD maka saya restart saja komputer kemudian login ke BlankOn 7 Sajadah (alasan jika burn file DVD dalam jumlah banyak saya ubah dulu menjadi ISO tidak saya jelaskan, silakan cari sendiri di internet).

Setelah saya berhasil membuat ISO menggunakan brasero pada BlankOn 7 Sajadah dari DVD, kemudian saya iseng mencoba transfer file dari HP ke Komputer saya dan secara mengejutkan berhasil. Kemudian saya cari permasalahannya (acara burn DVD saya tunda karena DVD kosong belum beli), setelah melakukan penyelidikan secara mendalam permasalahannya saya temukan yaitu pada BlankOn 7  Sajadah tersedia menu Berbagi Berks Pribadi pada Pengaturan => Preferensi seperti pada gambar dibawah ini

Sedangkan pada BlankOn 8 Rote menu tersebut belum ada


Sekarang permasalahan yang saya alami sudah mendapatkan titik terang, namun saya masih bingung mencari nama aplikasi yang belum terpasang  tersebut pada Synaptic, lagi-lagi setelah saya ubek-ubek kesana-kemari termasuk pasang BlankOn 7 Pattimura lewat Virtualbox agar tahu nama aplikasi yang sudah terpasang, hal ini saya lakukan karena malas melakukan restart komputer untuk berpindah OS, walau resikonya komputer saya yang jadul ini tambah menjadi ngenes.

Oalah ternyata nama aplikasi tersebut bernama gnome-user-share, hal ini saya ketahui setelah saya terjemahkan Berbagi Berks Pribadi dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris kemudian saya masukkan kata kunci tersebut pada pencarian di Synaptic.


Maka saya pasang saja aplikasi tersebut pada BlankOn 8 Rote (cara memasang aplikasi ini tidak saya jelaskan pada artikel ini karena lagi males ngetik, lagian di buku panduan blankon 8 rote sudah ada tutorialnya).

Setelah aplikasi tersebut terpasang maka pada Menu Utama BlankOn => Preferensi tersedia menu Berbagi Berks Pribadi seperti gambar dibawah ini



Agar kita dapat mengirim file dari HP ke Komputer maka perlu melakukan pengaturan terlebih dulu, untuk melakukannya klik Menu Utama BlankOn => Preferensi => Berbagi Berks Pribadi, pada jendela pengaturan Preferensi Berbagi Berkas Personal beri tanda Centang (checklist) pada submenu dibawah menu Berbagi Berkas melalui Bluetooth


Setelah pengaturan pada menu Berbagi Berkas melalui Bluetooth selesai, tutup jendela pengaturan tersebut, kemudian coba kirim file dari HP ke Komputer, secara Default file yang dikirim tersimpan pada direktori Downloads

Dibawah ini contoh Gambar yang saya kirim lewat Bluetooth dari HP ke Komputer.


Oh ya, padahal dulu waktu saya menulis buku Panduan BlankOn 8 Rote halaman 126 s/d 28 menggunakan versi beta masalah ini tidak terjadi namun pada versi final malah terjadi, hanya Tuhan dan Pengembang BlankOn yang tahu jawabannya.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Sharing File Via Bluetooth pada BlankOn 8 Rote"

  1. cara pasang "berbagi berkas pribadi" nya gimana kang,,?? sekarang saya lagi ngalamin hal yang sama,,pasang bluetooth USB di blankon 9 suroboyo,,tapi gak bisa konek,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di atas sudah saya jelaskan cara pasangnya, mungkin di BlankOn 9 Suroboyo cuma sedikit berbeda saja, coba pasang lewat Warsi

      Delete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.