Membuat MMT Menu Minuman dengan Inkscape


Tadi siang iseng-iseng menyeleksi berkas lama yang tersimpan di komputer, alasannya adalah untuk bersih-bersih beberapa data yang sudah tidak terpakai mengingat hard disk pada komputer tersebut sudah lumayan penuh.

Pada saat menyeleksi data yang akan dihapus tanpa sengaja saya menemukan beberapa project desain tiga tahun yang lalu, salah satunya adalah desain MMT berisi menu Sop Buah yang dipesan oleh salah seorang pemilik warung makan di Simpang Lima. Maka secara spontan (uhui... gaya komeng) saya tulis saja tutorial cara membuat MMT tersebut agar lebih bermanfaat untuk orang lain selain yang pesan MMT.


Mari langsung praktek

Untuk mendesain (menggambar) MMT seperti dalam contoh, pertama yang harus disiapkan adalah menyediakan beberapa gambar (bisa dari foto atau ambil di internet), semakin banyak gambar atau foto yang tersedia semakin bagus.



Langkah selanjutnya adalah mengatur halaman sesuai dengan ukuran project yang akan dibuat, jangan lupa atur juga unit yang digunakan, misalnya cm, px, m, dll, hal ini perlu dilakukan agar lebih nyaman saat mengerjakan project.

Sebelum lanjut ke proses desain, sebaiknya lakukan penyimpanan project yang akan dibuat pada direktori tertentu di komputer, hal ini wajib dilakukan agar jika sewaktu-waktu aplikasi yang digunakan mengalami masalah maka sebagian project yang sudah dikerjakan telah tersimpan secara otomatis oleh fitur Autosave aplikasi yang digunakan.

Berikutnya kita mulai menggambar, hal pertama yang sering saya lakukan dalam menggambar adalah membuat beberapa layer untuk kelompok gambar masing-masing, hal ini saya lakukan untuk mempermudah proses seleksi object jika melakukan editing, contohnya saya buat 3 (tiga) layer seperti gambar di bawah ini

Kunci dua layer yang belum kita gunakan, sehingga tersisa satu layer yang aktif (layer paling bawah), gambarlah kotak persegi panjang pada layer tersebut sebagai latar belakang.
Atur ukuran kotak sesuai lebar dan tinggi halaman, letakkan di tengah-tengah halaman (gunakan fitur Align and Distribute untuk mempermudah pekerjaan ini)


Modifikasi kotak persegi panjang tersebut agar lebih menarik, dalam contoh saya modofiaksi dengan Gradient Radial seperti gambar di bawah ini:


Setelah proses pembuatan latar belakang selesai, kunci layer tersebut, buka layer kedua dari bawah, buat tulisan sesuai menu yang dinginkan, jangan lupa cantumkan juga tulisan lain sebagai penghias misalnya harga, dalam contoh, saya membuat gambar seperti mendung dengan menggunakan beberapa object Circles yang ditumpuk berjejer melingkar, kemudian saya lakukan metode Union.

Kunci Layer ini jika pekerjan pada layer ini dirasa sudah selesai, aktifkan layer ketiga, masukkan gambar buah yang sudah disiapkan sebelumnya, edit gambar buah tersebut dengan cara menghilangkan bagian tertentu yang tidak terpakai.
Untuk menghilangkan bagaian tertentu dapat dilakukan dengan fitur Clip => Set menggunakan Path tertutup yang dapat dibuat dengan Bezier Tool.



Masukkan gambar lain satu persatu, lakukan juga edit gambar seperti cara sebelumnya, setelah itu aturlah semenarik mungkin.

Jika semua proses desain sudah selesai, lakukan penyimpan project, kemudian export menjadi format *.png untuk dibawa ke jasa cetak MMT.
Anda juga dapat menyimpan desain ini dengan metode Save As menjadi format lain, misalnya *.PDF atau *.EPS.

Dibawah ini adalah Video tutorial redesain dari MMT yang saya buat secara singkat



Demikian Tutorian singkat cara Membuat MMT menu minuman dengan Inkscape, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat MMT Menu Minuman dengan Inkscape"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.