Mengatasi Table Berantakan Pada LibreOffice


Dari beberapa Komentar baik di Blog, Millis, atau pertanyaan yang masuk lewat jejaring sosial banyak teman-teman yang berkomentar yang intinya mereka sering mengalami masalah jika membuka berkas (file) yang dibuat menggunakan Microsoft.
Masalah serupa juga pernah di tanyakan oleh salah seorang peserta acara Bimbingan Teknis OpenSource Software (OSS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Magetan tahun 2011 yang lalu.


Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada dokumen aplikasi perkantoran, dimana dokumen dengan format yang tidak memenuhi standard Aplikasi Perkantoran di Negara kita atau tepatnya yang dibuat menggunakan Microsoft Office 2007/2010 (.docx) berisi banyak table saat dibuka menggunakan LibreOffice Writer ataupun OpenOffice akan sangat berantakan.
Kasus yang sering terjadi adalah table (kolom) melewati margin (lembar kertas) dan waktu kita melakukan pengeditan menemui kesulitan karena kolom (column) yang melewati margin tidak bisa diseret untuk diperkecil atau di sesuaikan dengan lebar kertas yang dipakai.
Biasanya kalau diutak-atik dengan menyeret lebar kolom tersebut akan semakin berantakan, efek lainnya tiba-tiba kepala Anda akan terasa Pusing.... hahahahaha....

Untuk menyelesaikan masalah tersebut sebenarnya sangatlah mudah asal tahu caranya, untuk Anda yang pernah menggunakan Wordstar pasti akan bisa mengatasi masalah ini dengan mudah.
Tapi tidak mungkin dong untuk memecahkan masalah sepele ini kita terlebih dulu harus menggunakan Wordstar karena akan membuang-buang waktu saja.


Letakkan tetikus/kursor disalah satu table tersebut klik “Properties” pada toolbar table, atau klik Table ->”Properti Table” biasanya berada paling bawah pada menu “Table”.
Maka akan segera tampil “Table Format” yang mana fasilitas ini sangatlah mudah digunakan untuk management atau pengaturan table yang dibuat, pada menu yang tersedia pilih “Table” biasanya terletak disebelah paling kiri
Jika diperhatikan dalam contoh gambar maka terlihat permasalah yang terjadi dan tentunya jalan keluarnya sudah terlihat.
Oke saya perjelas pembahasannya, pada bagian “with” (lebar) table terlihat berukuran 28,87 cm sedangkan lebar halaman yang dipakai 21 cm (dalam contoh menggunakan ukuran kertas A4) sampai disini pasti sudah pada paham permasalahan sebenarnya dari kasus ini.


Agar lebar “Table” muat atau menyesuaikan halaman kertas (margin) arahkan kursor pada Alignment atau Perataan, kemudian pilih Automatic (otomatis) setelah itu klik Oke.

Sekarang Table yang ada sudah muat pada margin (lembar kertas) walaupun masih sedikit berantakan setidaknya table tersebut sudah bisa diatur ulang.

Untuk melakukan pengaturan lebar kolom secara manual klik “ Table Properies” kemudian pilih “Columns”.
Lakukan pengaturan lebar kolom yang ada dengan mengisikan nilai ukuran yang di kehendaki misalnya; kolom 1: 1,14 cm, kolom 2: 2,64cm, kolom 3: 1,90 cm, dan seterusnya.
Untuk mengatur dan memilih jenis bingkai klik tab “Border” sedangkan tab “Background” untuk memberi warna Table.
Klik tombol OK untuk menyelesaikan proses pengaturan table.

Sampai disini dulu tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, sampai jumpa di tulisan berikutnya dengan tema yang berbeda.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Mengatasi Table Berantakan Pada LibreOffice"

  1. mas..bias ndak kasih tutorial2... buat Media Pembelajaran Interaktif berbasis libbrey Impres..Thanks

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak Mas, luar biasa, artikel tahun 2012 tapi masih relevan di tahun 2020 ini, saya sangat terbantu.

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.