Membuat Pamflet Pendaftaran Sekolah

Awal bulan Mei tahun ini kita akan menjumpai beberapa hal seperti yang pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, salah satunya banyak kita jumpai Brosur dan Spanduk ditempel maupun dipasang pada pohon dipinggir jalan yang isinya "Penerimaan Siswa Baru" mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK sampai perguruan Tinggi.
Kata almarhum Gusdur gedung ini isinya Anak-anak TK
Dengan adanya moment penting ini, beberapa hari yang lalu saya mendapat sedikit pekerjaan (proyek) yang tidak terduga sebelumnya, yaitu disuruh membuat (desain) Pamflet “Penerimaan Siswa Baru” di salah satu SMK (yah lumayanlah hasilnya, kalau dibeliin Kwaci orang se RT kebagian semua.


Oke, langsung saja saya akan berbagi tutorial sederhana cara membuat Pamflet tersebut, seperti biasa saya membuat pamflet tersebut menggunakan Aplikasi OpenSource yaitu Inkscape, sebenarnya dari pihak sekolahan sudah menyediakan Komputer untuk saya pakai, tapi berhubung di komputer tersebut aplikasi untuk desain gambar adalah Corel Draw dan saya tidak bisa memakainya terpaksa saya menyalakan Laptop yang kebetulan ada dalam tas yang saya bawa.

Agar Anda tidak bingung mengikuti tutorial ini ada baiknya baca dulu tulisan saya sebelumnya pada tautan beriukut: http://imgos-linux.blogspot.com/
Halaman utama Inkscape

Dalam contoh tulisan ini seperti biasa saya memakai Distro BlankOn 7.0 Pattimura (untuk distro atau OS lainnya silakan sesuaikan sendiri), pertama klik Menu utama BlankOn ->Aplikasi ->Grafik ->Inkscape, setelah tampil halaman utama “Inkscape” klik File ->Document Properties (Ctrl+Shift+D) pada "Page Size" pilih saja A4 atau sesuaikan ukuran desain yang akan dibuat, pada tab "Orientation" pilih Landscape, untuk memudahkan waktu melakukan desain, jangan lupa pada bagian "Unit" yang tadinya “px” ubah menjadi cm.

Buat garis pembatas bagian atas dengan menggunakan Tool Box ->Rectangles and squares, tarik dan geser memanjang pada halaman kerja, dalam contoh saya buat ukuran "W: 29,500 dan H: 0,373 cm, buat lagi garis yang agak kecil dibawahnya, Tulis Nama Sekolahan yang dengan menggunakan "create and edit text objects (atau tekan F8 pada keyboard), buat garis pembatas antara nama Sekolah dengan alamat sekolah, kemudian tulis alamat dan keterangan lainnya dibawahnya, Pasang Logo sekolahan di sebelah kiri nama Sekolahan, Anda juga bisa memasang logo lainnya disebelah kanan sebagai hiasan.


Buat kotak persegi panjang dengan menggunakan Tool Box ->Rectangles and squares, kemudian tulis keterangan dari jurusan sekolah yang bersangkutan, tulis juga keterangan lainnya.

Pasang Gambar disebelah kiri sebagai penghias sesuai tema pada Pamplet, dalam contoh saya memasang gambar Komputer (tutorial membuat gambar komputer saya tulis lain waktu), Anda bisa memasang gambar yang diambil di Internet atau gambar dari koleksi foto yang Anda milik, pada bagian tengah buat tulisan sesuai isi dari pamflet yang dibuat, Buat juga keterangan lainnya agar tambah menarik, jangan lupa sertakan juga gambar pendukung pada sisa halaman yang masih kosong


Akhirnya Pamflet berhasil dibuat dengan hasil yang masih jauh dari sempurna, yang penting kan saya mendapatkan upah yang setimpal dan yang lebih penting lagi sudah berusaha untuk belajar membuat Pamflet sendiri.


Lho..... gambarnya koq jadi lain dari yang dibuat tadi?.... sengaja saya pasang gambar ini karena kalau saya pasang gambar sesuai aslinya nanti saya dianggap pasang Iklan hahaha.....



Alasan lainnya adalah saya merasa agak jengkel dengan sekolahan yang pesan Pamflet tersebut, karena hampir semua Komputer di SMK tersebut pakai OS dan Aplikasi Bajakan, kata guru TIK-nya “untuk Pendidikan pakai Bajakan gak apa-apa” alasan yang  saya sangat tidak setuju dan kalau ini dibiarkan terus mau jadi apa lulusan sekolah tersebut, bisa-bisa orangpun membuat alasan begini “untuk pendidikan pakai bajakan tidak apa-apa, untuk penggunaan pribadi pakai bajakan tidak apa-apa, untuk kantor pemerintah pakai bajakan tidak apa-apa. intinya untuk apapun pakai bajakan tidak apa-apa”.

Diakhir tulisan saya mengajak Anda semua “Mulai sekarang mari kita gunakan OS dan Aplikasi Bajakan Original, jika memang tidak mampu beli ya gunakan Aplikasi OpenSource.

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Membuat Pamflet Pendaftaran Sekolah"

  1. Replies
    1. ada apa pak, pengen jadi gurunya? hahahaha...

      Delete
  2. Sangar tenan rek...TeKaBe wkwkkwkwkwwk

    ReplyDelete
  3. Kebetulan saya mau buat pamflet untuk pelatihan blog. thank gan ..

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.