Selasa, 30 Oktober 2012

Mengenal Perangkat Lunak Untuk Presentasi

Artikel ini hanya hasil salin-tempel dari buku TIK SD kelas III  yang sedang saya susun, jika pada postingan sebelumnya berisi cara "Menggambar logo BlankOn dengan Libreoffice Draw" maka pada postingan kali ini berisi sedikit pengenalan dan cara membuat presentasi sederhana, jadi jika isinya sangat sederhana sekali ya mohon di maklumi karena memang dibuat sederhana, namanya juga buku untuk anak SD


Apa itu Presentasi
Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara tertentu misalnya, seminar, lokakarya, pelatihan, dll. 

Macam-macam Program untuk membuat Presentasi
Di dunia ini banyak program komputer untuk membuat presentasi diantaranya, Microsoft Power Point, LibreOffice Impress, KOffice (KPresenter), Magicpoint, Apple Keynote, dll.

LibreOffice Impress 
Libre Office Impress merupakan komponen aplikasi LibreOffice yang berfungsi untuk membuat dokumen presentasi dan media interaktif.
Kelebihan program unggulan dari LibreOffice Impress adalah:

  • Multi Monitor, mempresentasikan dengan tampilan lebih dari satu monitor. 
  • Perangkat penggambar dan diagram 
  • Animasi dan Efek Slide show 
  • Master Document, membuat dokumen presentasi secara kelompok dalam jumlah besar

Membuka Program LibreOffice Impress
Klik ikon libreoffice impress di menu favorit, cara lainnya klik "Menu utama BlankOn -> Aplikasi ->Perkantoran ->LibreOffice Impress"


Tidak beberapa lama di layar akan tampil halaman utama Libre Office Impress
Antarmuka libreoffice impress memiliki beberapa bagian, berikut ini keterangan dari beberapa bagian tersebut:
  1. Baris Nama, Merupakan Nama dan jenis Berkas yang sedang Aktif.
  2. Baris menu, menampilkan daftar perintah Impress berupa menu.
  3. Baris alat standar, menampilkan ikon-ikon perintah esensial untuk dokumen Anda.
  4. Baris alat pemformatan, menampilkan ikon-ikon atau pengaturan untuk melakukan pemformatan objek yang Anda pilih dalam presentasi.
  5. Daftar slide, menampilkan slide yang terdapat dalam presentasi yang Anda buat.
  6. Bagian halaman utama, menampilkan dan mengedit isi suatu slide.
  7. Panel tugas, berisi berbagai macam pengaturan yang membantu Anda dalam mengatur presentasi. Seperti pengaturan tata letak (layout ), palet (template), animasi, dsb.
  8. Baris alat menggambar, menampilkan ikon-ikon untuk menambah berbagai objek baru pada suatu slide.
  9. Baris alat Status, berisi kolom-kolom yang menampilkan berbagai status dari area kerja.


Anda bisa menambahkan berbagai baris alat tambahan sesuai keperluan dengan cara klik menu Tampilan > Baris alat > baris alat yang ingin ditambahkan. 

Membuat presentasi
Buka program LibreOffice Impress
pada saat pertama kali libreoffice impress terbuka tampil dua kotak, kotak pertama untuk menulis judul presentasi, sedangkan kotak kedua berisi sub judul presentasi, sub judul biasanya diisi Nama dan keterangan singkat Pemateri. Orang yang membawakan presentasi biasanya disebut pemateri kadang disebut juga presenter.


Memilih Palet (template)
Agar presentasi tidak hanya polos (berwarna putih) sebaiknya diberi latar belakang, untuk membuat latar belakang bisa menggunakan palet yang sudah disediakan oleh libreoffice impress, untuk memilih palet, arahkan krusor ke menu panel tugas yang terletak disisi kanan halaman utama dengan melakukan klik kiri pada palet yang dipilih





Menulis Presentasi
Tulis judul presentasi pada kotak judul, judul merupakan tema utama dari presentasi yang akan disampaikan
pada kotak subjudul isi dengan nama dan keterangan pemateri, dibawah nama pemateri bisa diisi kerangan lain misalnya alamat email, nomor telepon atau yang lainnya.

Agar presentasi lebih menarik lakukan aturlah jeni, ukuran dan warna huruf, caranya hampir sama dengan pengaturan karakter pada LibreOffice Writer, masih ingat cara mengaturnya karakter di libreoffice writer?

Menambah Salindia (slide)
Sisipkan lembar baru dengan cara berikut: klik Baris menu  -> Sisip -> Salindia
maka dibawah salindia yang sudah ada sebelum akan bertambah salindia baru
cara lain untuk menambah salindia baru dengan melakukan klik kanan salindia ->Salindia Baru

Dalam program libreoffice impress halaman untuk presentasi disebut salindia, salindia dalam bahasa inggris disebut Slide

Tema Presentasi
Ketiklah isi presentasi sesuai tema pada judul
buat salindia baru lagi seperti cara diatas tadi
pada salindia terkhir isi dengan kata penutup, misalnya Terimakasih, Wassalamu'alaikum, dll

Mengatur posisi tulisan
Agar presentasi lebih menarik kadang posisi teks atau tulisan perlu diatur ulang,  untuk mengtur posisi teks klik kotak teks  yang akan digeser sampai muncul tanda lima jari, klik kiri tetikus dan tahan kemudian geser ke kiri-kanan atau ke atas-bawah sesuai yang diinginkan, setelah itu lepas tetikus.

cara lain untuk menggeser adalah dengan menggunakan tanda panah kiri-kanan dan atas-bawah pada papan tik.

Menjalankan presentasi
Klik halaman pertama salindia untuk menjalakan presentasi, arahkan tetikus ke baris menu kemudian klik Pertunjukan Salindia ->pertunjukkan salindia, atau dengan menekan tombol F5 pada papan tik, maka layar monitor akan berubah menjadi layar penuh tulisan yang dibuat tadi, untuk kembali atau menghentikan presentasi tekan tombol Esc pada papan tik
[>Gambar 5.5.6.1: Menjalankan presentasi<]

Simpanlah presentasi yang telah dibuat pada komputer, cara menyimpannya sama dengan cara menyimpan dokumen pada LibreOffice Writer, masih ingat bukan?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

UNTUK DAPAT MEMBERI KOMENTAR SILAKAN LOGIN DENGAN AKUN YANG ANDA MILIKI

silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.

Saran

Saran