Benarkah Menggunakan Linux itu Sulit?


Dari beberapa obrolan dengan teman-teman baik obrolan secara nyata maupun lewat jejaring sosial banyak bilang jika memakai Linux itu Sulit, biasanya akan saya jawab “memang Linux itu sulit, saya aja gak bisa memakainya”, biasanya mereka akan tanya lagi “lha katanya gak pakai Windows, tapi gak pakai Linux juga”  kalau mau tahu jawabannya, baca tulisan ini sampai selsesai :D

Open Source Software (OSS):
Program komputer yang didistribusikan dengan tetap menyediakan kode-nya, dan mengizinkan orang lain mempelajari, memodifikasi atau mengembangkan, dan mendistribusikannya.



Free Software:
Istilah serupa dengan OSS yang lebih menekankan kebebasan dalam menggunakan, mempelajari, memodifikasi, dan mendistribusikan program, secara berbayar maupun gratis. Free = Freedom.

Latar Belakang & Sejarah FOSS
1950-an: Era awal komputer yang menganut budaya pengembangan software secara bersama dengan cara berbagi program/kode. Dulu tidak ada istilah Open Source karena umumnya software saat itu open source.

1969: Penciptaan internet yang memudahkan komunitas software berbagi program.

1976: Bill Gates mengajak para pengembang software menjual lisensi proprietary software.

1980: UU Hak Cipta di AS memasukkan hak cipta software dengan melarang pengcopyan, penggunaan, pengubahan, dan penyebaran software tanpa izin pemilik hak cipta.

1984: Richard Stallman mengajak para pengembang kembali ke open source dan mendirikan Yayasan Free Software.

1998: Istilah Open Source dipopulerkan sebagai alternatif istilah Free Software.


Bagaimana jika tidak ada FOSS?
Tanpa FOSS, banyak sistem dan aplikasi komputer yang kita gunakan saat ini tidak tersedia, karena semua pemain besar di bidang software berasal atau memanfaatkan karya kreatif komunitas FOSS dan terus bisa mengandalkan bakat dan keahliannya untuk menghasilkan produk baru, meskipun produk baru itu tidak selalu FOSS.

Linux
Kernel Linux: Nama inti dari sistem operasi komputer yang pertama (1991) dibuat oleh Linus Torvalds dengan konsep terbuka atau FOSS (Free/Open Source Software).
GNU/Linux: Nama sistem operasi yang menggunakan kernel Linux dan program penting lainnya dari projek GNU (1983).

Distribution atau Distro Linux
Distro Linux: Kumpulan program yang dipaket bersama sistem operasi Linux dan berbagai program lain yang berlisensi FOSS maupun non FOSS. Contoh: Debian, Slackware, dll.
Distro Turunan: Distro Linux yg dibuat  berdasarkan distro Linux yang lain,  Contoh: BlankOn < Debian.
Android: Nama sejenis distro Linux yang terkenal luas untuk smartphone, tablet, dll.

Kesimpulannya adalah "LINUX itu hanyalah inti dari sistem Operasi yang berisi kode-kode dan belum berbentuk GUI (Graphical User Interface) seperti terminal pada Distro Linux atau CMD (Command_Prompt) pada Windows".



Sekarang sudah pahamkan jika Linux itu memang sulit dipakai?, tapi kalau pakai Distro Linux tentu saja mudah, semudah memakai Sistem Operasi lain pada umumnya.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Benarkah Menggunakan Linux itu Sulit?"

  1. Ga benar kok, gosip semua itu. Yang benar make Linux itu bikin ketagihan... :D

    ReplyDelete
  2. Setuju saya dengan Preman diatas ini…

    ReplyDelete
  3. gunakan linux dari sekarang :D

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.