Mengenal dan menggunakan Ellipse Tool pada Inkscape


Sambungan dari 3D Tool Box

Ellipse Tool digunakan untuk menggambar object berbentuk lingkaran, elips, dan busur.

A.  Cara menggunakan
Klik ikon Create circles, ellipse, and arcs pada Tool Box (tekan tombol F5 atau E pada keyboard) klik tombol kiri mouse geser dan lepas di Canvas, maka pada canvas terbentuk object lingkaran yang pada pojok kiri dan atas bagian tengah terdapat kotak kecil bujur sangkar, sedangkan pada sisi kanan tengah terdapat dua lingkaran kecil yang saling bertumpuk, jika lingkaran pertama di geser maka lingkaran dibawahnya akan terlihat.
Fungsi kotak bujur sangkar sebagai pegangan untuk mengubah ukuran lebar dan tinggi object, sedangkan lingkaran kecil untuk mengubah object yang semula bentuk lingkaran menjadi elips atau busur.

B.  Modifikasi Object
Untuk mengubah bentuk lingkaran menjadi busur, tarik dan geser pegangan berbentuk lingkaran keatas atau kebawah, atau klik ikon berbentuk Busur pada Tool Control agar lebih mudah melakukannya, untuk mengubah bentuk lingkaran menjadi elips tarik dan geser pegangan berbentuk lingkaran keatas sambil menekan tombol Crtl pada keyboard atau klik ikon berbentuk Elips pada Tool Control terlebih dahulu, sedangakn untuk mengembalikan object berbentuk busur ataupun elips ke bentuk lingkaran klik ikon Lingkaran pada Tool Control.


Dalam melakukan pengaturan jarak rentang busur atau elips selain dengan cara menggeser pegangan lingkaran kecil dalam jark tetentu bisa juga dengan mengubah angka pada kotak isian di Start dan End.

Tips
Untuk membuat lingkaran agar lebar dan tinggi sama lakukan sambil menekan tombol Ctrl, sedangkan jika dilakukan dengan menekan tombol Shift maka object yang terbentuk akan membesar ke semua arah (sisi).

Bersambung ke  Mengenal Star Tool 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal dan menggunakan Ellipse Tool pada Inkscape"

Post a Comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.