Sabtu, 29 Juni 2013

Mengenal dan Menggunakan Star Tool pada Inkscape

Sambungan  dari Ellipse Tool

3.8.  Star Tool 
Star Tool dapat digunakan untuk menggambar object berbentuk Plygon dan Star (bintang). Penggunaan Star Tool dalam pembuatan object polygon dan star sangat mudah dilakukan layaknya membuat kotak dan lingkaran dengan menggunakan Rectangle Tool dan Ellipse Tool, bentuk object yang dibuat dapat di modifikasi menjadi bentuk lain dengan cara menyeret gagang atau titik pusat object, cara lainnya dengan memberi nilai angka tertentu di kotak isian pada Tool Control. 


A.  Cara Menggunakan
Klik ikon Stars and Polygon pada Toolbox atau tekan tombol Bintang (*) pada keyboard, kemudian pilih dan klik ikon Polygon (segilima) atau Star (bintang) pada Tool Control, letakkan kursor pada area kerja, klik => tahan dan seret tombol kiri mouse hingga membentuk object Polygon atau Star, setelah itu lepas.

Jika object yang di buat berbentuk Segilima (polygon) maka pegangan pada object tersebut hanya satu buah yang terletak pada salah satu sudut object, pegangan object tersebut berbentuk Diamond (permata) berwarna putih namun jika kursor didekatkan akan berubah merah, fungsi pegangan tersebut untuk mengubah ukuran dan memutar Polygon, untuk mengubah ukuran dapat dilakukan dengan cara menyeretnya ke arah luar atau dalam, sedangkan untuk memutarnya dilakukan dengan cara melakukan klik pengangan, tahan dan geser memutar.


Jika object yang di buat berbentuk Bintang (star) maka akan terdapat dua pegangan yang terletak pada salah satu sudut luar dan dalam object.
Pegangan luar fungsinya sama seperti pada polygon, sedangkan pegangan dalam untuk mengatur dan memodifikasi bentuk dan ukuran  jari-jari object.


Dalam memodifikasi bentuk Bintang (star) dapat dilakukan dengan menyeret pegangan sebelah dalam, jika ingin memodifikasi bentuk yang lebih rumit dapat dilakukan  sambil menekan tombol Ctrl, Shift, dan Shift+Alt pada keyboard.

Ikon Star and Polygon
Untuk memudahkan pembuatan dan modifikasi object Star and Polygon dapat menggunakan ikon dan menu pada Tool Control, berikut penjelasan dari ikon dan menu pada Tool Control star dan Polygon:

A.  Star and Polygon
Digunakan untuk menentukan jenis object yang akan dibuat

B.  Menu Corner
Digunakanuntuk menentukan jumlah sudut atau jari-jari object.

C.  Menu Spoke Ratio
Digunakan untuk menentukan rasio jari-jari atau sudut bagian dalam object, menu ini yang dapat diterapkan pada mode Star (bintang).

D.  Menu Rounded
Digunakan untuk mengatur sudut luar pada object baik Star maupun Polygon, sudut object akan berubah membulat pada saat nilai angka pada menu ini dibuah, efek dari penggunaan menu ini akan berbeda-beda tergantung dari banyaknya sudut pada object.

E.  Menu Randomised
Untuk mengatur sudut object secara acak baik Star maupun Polygon.

F.  Reset Shape
Digunakan untuk mengembalikan bentuk object yang sudah di modifikasi ke bentuk awal saat object dibuat.


Bersambung ke Spiral Tool 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

UNTUK DAPAT MEMBERI KOMENTAR SILAKAN LOGIN DENGAN AKUN YANG ANDA MILIKI

silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.

Saran

Saran