Cara Membuat Garis Ukur Gambar pada Inkscape

Beberapa bulan lalu salah satu pembaca blog gratisan saya ada yang bertanya melalui Email seperti pada gambar berikut:




















Membaca pertanyaan diatas tentu saja saya sangat menghargai cara dia bertanya yang menurut saya sudah sangat tepat yaitu dengan menyebut Aplikasi lain dengan benar dan menyertakan contoh gambar yang dimaksud, sehingga paling tidak saya sudah langsung paham inti dari permasalahannya.

Untuk membuat garis ukur seperti gambar diatas pada aplikasi desain grafis Inkscape kita harus melakaukannya dengan beberapa kombinasi teknik yang sebenarnya sangat sederhana (menurut saya), kalau di corel draw saya tidak tahu caranya apakah dapat dilakukan dengan sekejap atau bagaimana,  kata teman-teman sih membuat desain menggunakan Corel Draw sangat mudah, karena sampai saat ini saya memakai corel bisanya hanya membuka halaman baru dan melakukan klik tanda silang dipojok kanan atas,  bahkan saya pernah membeli CD Corel Draw 12 Original gara-gara ingin menguasinya namun sampai sekarang tetap tidak bisa.

Weleh...... kok malah ngoceh gak karuan begini :D

Untuk membuat garis ukur seperti diatas dapat dilakukan dengan menggunakan dua dari fitur pada Extension Visualze Path dengan kombinasi beberapa teknik.

Tentang Extensions Visualze Path
Extension pada kelompok Visualze Path digunakan untuk memberikan informasi mengenai path.

Cara menggunakan Extension: arahkan kursor pada Menu Bar => klik Extensions => pilih kelompok Extensions => pilih summenu Extensions


A. Dimensions
Extension ini menambahkan kotak dengan style panah sebagai ukuran object. Kotak pada sisi object digunakan sebagai pembatas panah. Panah dan object asli menyatu dalam satu group.






B. Measure Path 
Extension ini mengukur panjang atau area dari path, kemudian mencetak panjang atau area path dengan teks. Terdapat jendela pengaturan untuk menentukan ukuran dan lokasi teks yang akan ditambahkan.












Untuk membuat atau menambahkan ukuran pada gambar dapat dilakukan dengan cara kombinasi kedua extensions diatas dibantu teknik Grouping, maka hasilnya seperti berikut:


















Berikut saya jelaskan sedikit tentang teknik Group dan Ungroup pada Inkscape

C. Grouping and Ungroup
Kadang-kadang beberapa object perlu dimanipulasi secara bersamaan dalam kelompok. Misalnya untuk menjaga beberapa object tetap dalam posisi yang sama antara object satu dengan yang lainnya.
Grouping (pengelompokan) objek dapat digunakan untuk membuat group dari sekelompok objek sehingga apabila akan melakukan editing (pergeseran, perpindahan posisi, dll) semua objek dalam satu group akan mengikuti perubahan tersebut.

Dalam sebuah Canvas dapat dibua group beberapa object dengan kelompok object berbeda-beda secara terpisah. Grouping juga dapat dilakukan terhadap object dalam layer yang berbeda beda, dengan catatan objek-objek tersebut akan digabungkan ke dalam satu layer.

C.1. Grouping 
Group dapat dibuat dengan memilih atau menyeleksi beberapa objek terlebih dulu, kemudian lakukan salah satu langkah berikut:

  • Melalui Menu Bar, klik Object  => Group
  • Melalui ikon Comand Bar, klik ikon  Group selected objects
  • Menggunakan Keyboard, tekan tombol Ctrl+G atau Ctrl+U

C.2. Ugroup
Object yang sudah di kelompokkan (grouping) dapat dipisahkan kembali dengan cara berikut:

  • Melalui Menu Bar, klik Object  => Ungroup
  • Melalui ikon Comand Bar, klik ikon ungroup selected groups
  • Menggunakan Keyboard, tekan tombol Shift+Ctrl+G atau Shift+Ctrl+U, sedangkan cara lain lakukan langkah berikut,  klik group => tekan Ctrl kemudian Enter, jika ingin melakukan group kembali tekan Ctrl kemudian Enter.
  • Cara lain untuk melakukan ungroup adalah dengan cara klik dua kali group, kemudian pilih salah satu object. 

Seleksi object dalam Group
Object pada suatu group dapat dimodifiaksi atau dimanipulasi seperti biasa dengan cara masuk kedalam group atau tanpa melakukan ungroup. Untuk melakukannya, pilih salah satu object dalam suatu group, klik object tersebut sambil menekan tombol Ctrl, cara lainnya adalah dengan menekan Shift+Ctrl+Alt, kemudian pilih dan klik object.

Untuk memilih beberapa object dalam group, klik object sambil menekan Shift+Ctrl kemudian pilih object lainnya.

Menambahkan Object ke dalam Group
Untuk menambahkan object ke grup dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya, berikut beberapa metode yang dapat dilakukan:

  • Pilih group oject => lakukan ungroup => tambahkan object, kemudian lakukan grouping kembali.
  • Masuk ke  grup dan menggambar object baru.
  • Copy atau Cut object lain dari canvas, masuk ke  group kemudian lakukan Paste

Sekarang silakan praktekkan sendiri cara diatas untuk membuat atau menambahkan ukuran pada gambar, pada tulisan ini saya sengaja tidak menjelaskan secara detail cara dan teknik yang saya lakukan, itu semua agar pembaca dapat memecahkannya sendiri dengan melakukan praktek secara langsung. 

Catatan
Saya akan menulis tekniknya lebih detail lagi jika sudah ada beberapa komentar diblog ini yang menyatakan bahwa masih belum bisa memecahkan masalah ini.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Membuat Garis Ukur Gambar pada Inkscape"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.