Masalah pada Motherboard Samsung Harappa-12

Artikel ini masih ada hubungannya dengan artikel Mengenal Front Panel Motherboard karena masih menggunakan Motherboard yang sama.


Sudah bukan rahasia lagi jika motherboard yang berasal dari PC Built-Up sering memiliki karakteristik yang berbeda dari motherboard PC rakitan. Begitupun dengan motherboard Samsung Harappa-12 yang memiliki sedikit perbedaan dengan motherboard biasa, jika hal ini dialami oleh orang awam pasti dianggapnya motherboard tersebut bermasalah.


Salah satu masalah pada motherboard ini adalah; saat kita melakukan perubahan pengaturan pada BIOS kemudian menyimpannya.

Setelah komputer restart secara otomatis komputer menjadi hang atau diam saja dengan tampilan di monitar bertulisakan Samsung, tanda lainnya adalah lampu Num Lock pada keyboard menyala dan waktu dipencet tidak mati, jika ingin melatih kesabaran Anda, hal ini sebenarnya sangat berguna, tunggu saja tampilan tersebut sekitar 30 s/d 45 menit nantinya akan jalan sendiri.



Untuk Anda yang tidak suka melatih kesabaran, solusinya cukup mudah yaitu; matikan secara paksa dengan memencet tombol power beberapa saat sehingga komputer mati, setelah itu nyalakan kembali, mudah bukan?.  

Masalah VGA
Walaupun chipset VGA pada motherboard ini menggunakan Intel namun masih memakai seri 82865G Integrated Graphics Controller (32 MB), sudah diketahui secara umum bahwa chipset jenis ini memang kurang bagus untuk OS Linux (di windows juga sama ding), kekurangannya adalah untuk urusan grafis dan multimedia kurang bagus, karena motherboard jenis ini memang ditujukan untuk komputer perkantoran (office) yang fungsinya untuk urusan ketik-mengetik.

Uji Coba BlankOn Linux
Seperti yang saya tulis diatas bahwa Chipset VGA matherboard Samsung seri ini memang kurang bagus dalam urusan grafis dan multimedia, begitupun waktu dicoba pada BlankOn 8 Rote saat proses pemilihan bahasa sebelum melakukan pemasangan sebagian tulisan tidak terbaca dengan baik.

Sebenarnya masalah tampilan tidak hanya terjadi pada OS GNU/Linux saja, namun justru pada System Operasi Windows (terutama Windows XP) malah lebih parah, yaitu setelah selesai proses Install Windows XP, kemudian masuk desktop yang muncul persis seperti tampilan Windows 98 sebelum install driver VGA.

Kembali ke BlankOn 8 Rote
Setelah proses pemilihan Bahasa selesai, kemudian masuk ke desktop tampilan normal-normal saja, begitupun setelah di install hasilnya tetap bagus dan lancar jaya.
Saat digunakan juga tidak mengalami masalah, misalnya saat untuk memutar lagu, suaranya langsung keluar tanpa masalah, driver LAN juga langsung terpasang, satu kekurangannya adalah saat digunakan untuk memutar film kualitas HD gerakan gambar kadang putus, hal ini dapat dimaklumi karena VGA On-Borad (bawaan) hanya 32 MB, jika ingin digunakan untuk kebutuhan multimedia sebaiknya upgrade VGA yang lebih besar lagi dengan menambahkan VGA AGP 128 MB.

Sedangkan jika Anda menggunakan OS Windows semua driver harus di install satu persatu, yang paling susah adalah mencari driver Audionya, karena dari vendor tidak menyediakan drivernya secara resmi, coba saja search di Internet dengan kata kunci Driver Audio Samsung Harappa-12 maka akan banyak ditemukan postingan yang mengalami masalah dengan driver Audio tersebut, begitupun jika Anda menggunakan driver pack, driver Audio juga tetap tidak ada yang cocok.
Sebenarnya kalau dilihat dari Chipset Audio motherboard ini menggunakan chipset ADI1918A, namun saat Anda menggunakan driver seri tersebut tetap saja tidak cocok
Daripada pusing-pusing mikirin driver, lupakan saja Windows dan gunakan GNU/Linux

Oh ya ada satu lagi masalah dengan motherboard jenis ini yaitu, jika ada Peripheral yang menancap pada salah satu port USB (misalnya: Flashdisk, Printer, Modem dll)  maka saat dihidupkan terdapat jeda beberapa saat pada tulisan Samsung seperti kejadian saat setelah melakukan pengaturan BIOS. Jika Flashdisk yang dipakai sudah sedikit eror maka saat mau masuk ke System Operasi akan tampil tulisan yang menyatakan bahwa flashdisk tersebut sudah bermasalah, solusinya sebelum menyalakan komputer usahakan Peripheral pada port USB dilepas semua terlebih dulu.


Demikian Artikel saya kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, sampai jumpa pada artikel lain dengan tema dan pembahasan yang berbeda

Artikel Terkait
Hardware Kompatible Linux

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Masalah pada Motherboard Samsung Harappa-12"

  1. bro saya dapet tugas nginstal ulang pc dengan mobo ini, sebenarnya mobo ini support install via fdd g? karena saya coba berkali2 g bisa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Support Install lewat Flashdisk kok, itu saya installnya juga pakai Flashdisk

      Delete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.