Review Laptop MSI CX420 @P6100

Beberapa bulan lalu Istana Media pernah dapat dagangan Laptop MSI CX420, awalnya kami mengira laptop tersebut sudah menggunakan processor seri i namun setelah diteliti lagi ternyata belum, karena saat cari info di internet dengan kata kunci MSI CX420, yang ditemukan sudah menggunakan processor seri i, ternyata perbedaannya terdapat pada seri dibelakangnya yaitu @P6100.




Berikut spesifikasi Laptop tersebut:
  • Layar : 14inch
  • Procesor : Intel Pentium P6100
  • Ram : 2 Gb DDR3
  • HD : 320 Gb
  • ODD : DVD Super Multi
  • VGA : Ati Radeon 5470 1 Gb
  • Lain2 : USB x3 Bluetooth, HDMI, LAN, VGA Out, Webcam, Wifi


Singkat cerita 1 hari kemudian laptop tersebut sudah langsung laku terjual tanpa kami sempat mencobanya lebih lebih lama sehingga bisa menulis reviewnya. 
Kemarin pembeli laptop tersebut datang lagi ke kios, dengan membawa laptop dalam keadaan erorr (kernel panic), sehingga harus diservice. Setelah Laptop dibongkar ternyata permasalahannya ada pada salah satu RAM Memorinya, hal ini diketahui setelah salah satu RAM Memory kami lepas.




Sebenarnya bawan RAM Memori Laptop ini hanya 1 (satu) keping dengan ukuran 2 GB, namun sudah di upgrade (ditambahi 1 keping) sehingga menjadi 4 GB, kami tidak tahu RAM Memory tersebut diugrade sebelum kami dapatkan atau diupgrade oleh pemilik terakhir laptop ini.

Uji Coba Menggunakan BlankOn
Setelah Laptop normal kembali maka kami melakukan uji-coba dengan menggunakan BlankOn 8 Rote, saat diuji-coba semua berjalan lancar tanpa banyak mengalami masalah yang berarti.



Untuk urusan Audio terdapat dua pilihan yang dapat digunakan yaitu; Cedar HDMI Audio [Radeon HD 5400/6300 Series] dan Built-in Audio yang keduanya langsung dapat dimainkan secara terpisah, namun jika menggunakan Cedar HDMI Audio sebelum driver VGA ATI Radeon HD5470 diinstall secara manual suaranya kurang bagus, terutama jika digunakan untuk merekam.

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa Laptop seri ini menggunkan VGA ATI Radeon HD5470, secara default memang langsung dikenali dengan baik, namun hasilnya masih kurang maksimal, sehingga  penggerak (driver) harus dipasang secara manual agar dapat lebih maksimal saat digunakan, untuk Install VGA ATI Radeon HD5470 ikuti caranya seperti pada Debian User Forum, dengan demikian Grafik pada laptop ini semakin maksimal, misalnya untuk menjalankan Game berat.
Namun jika kita menggunakan driver ATI Radeon HD5470 yang diinstall terpisah memiliki sedikit resiko yaitu; Laptop cepat panas, solusinya pasanglah FAN Cooler Laptop untuk mengurangi panas tersebut.

Uji Coba BlankOn 9 Suroboyo
Rasanya kurang afdol jika laptop ini tidak diuji menggunakan Distro BlankOn Linux seri terbaru yaitu BlankOn 9 Suroboyo.
Saat diuji-coba menggunakan BlankOn 9 Suroboyo secara live semua terlihat berjalan lancar, kendala terjadi saat proses pemasangan, yaitu berhenti di tengah jalan pada proses install.

Solusi maslaah ini
Sudah bukan rahasia lagi jika Desktop Manokwari pada BlankOn 9 Suroboyo masih kurang kompatible pada beberapa hardware, yaitu ketika setelah login maka dekstop manokwari kadang tidak mau tampil atau hang dengan tampilan polos. Untuk menyelesaikan masalah ini lakukan cara berikut:
  • Masuk ke mode text dengan menekan Ctrl+Alt+F1, kemudian ketik $ sudo -pkill-manokwari, jika meminta kata sandi ketik saja live
  • Masuk lagi ke desktop dengan menekan Ctrl+Alt+F7, kemudian lakukan pemasangan BlankOn seperti biasanya.
Demikian Review Laptop MSI CX420 @P6100 bedasarkan uji-coba yang kami lakukan, semua yang kami tulis disini apa adanya sesuai kejadian sesungguhnya tanpa ada niat yang kurang baik, dan kami tulis dengan tujuan sekedar berbagi.

===========
Untuk Anda yang sedang mencari beberapa hardware komputer yang kompatible dengan Linux silakan baca blog rintisan Uji Hardware pada Linux


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Review Laptop MSI CX420 @P6100"

  1. Sip banget, Kang. Embrio untuk reviewland khusus Linux, nih. Bisa jadi lahan bisnis baru.

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.