Membuat Diagram di Libre Office

Beberapa hari lalu di Group Facebook LibreOffice Indonesia ada yang bertanya seperti gambar di bawah ini
Karena saya sedang fokus ngurusi buku Inkscape maka lama sudah tidak menulis artikel tentang LibreOffice, maka hari ini sambil nunggu sampul buku tersebut selesai dicetak saya sempatkan untuk menulis artikel LibreOffice.

Untuk membuat diagram atau bagan di LibreOffice dapat menggunakan Tool Drawing. Jika Tool Drawing pada LibreOffice yang Anda gunakan belum aktif secara otomatis seperti gambar dibawah ini, maka perlu diaktifkan secara manual.

Untuk mengaktifkan Tool Drawing lakukan cara berikut:
Klik ikon Show Draw Functions pada Toolbar Standard, cara lainnya klik View => Toolbars => Drawing

Jika LibreOffice yang Anda gunakan tidak sedang dalam masalah maka secara otomatis Tool Drawing tampil di halaman Libreoffice yang sedang digunakan, biasanya terletak di atas Status Bar yang sedang aktif.


Arahkan kursor ke Tool Drawing => pilih Basic Shape, klik tanda Segitiga menghadap kebawah untuk memilih bentuk Shape yang akan dibuat, jika sudah sesuai pilihan, klik bentuk tersebut, kemudian arahkan kursor ke Page (halaman), klik => tahan dan seret kursor hingga membentuk gambar Persegi Panjang, setelah itu lepas.

Sekarang gambar persegi panjang sudah selesai dibuat namun warna dan ukurannya belum sesuai, untuk mengganti warna dalam, arahkan kursor pada Drawing Object Properties, klik menu Area Style / Filling, pilih warna yang sesuai, untuk mengganti warna garis, klik Line Color, pilih warna yang sesuai, sedangkan untuk mengubah ukuran garis klik salah satu ikon segitiga kecil menghadap ke atas/bawah pada Line Width, segitiga menghadap ke atas untuk memperbesar garis, segitiga menghadap ke bawah untuk memperkecil garis, cara lainnya dapat Anda lakukan dengan mengisi nilai tertentu pada kotak isian yang tersedia dengan nilai tertentu sesuai keinginan 

Setelah gambar kotak selesai dibuat, selanjutnya adalah membuat garis yang memiliki ujung tanda panah penghubung antara kotak satu dengan kotak lainnya, garis ini dalam dunia desain grafis disebut conenector and markers, lebih jelasnya silakan baca di Buku Inkscape yang saya tulis.

Arahkan kursor  Tool Drawing => pilih Line,  klik => tahan dan seret hingga membentuk gambar Garis Lurus Datar (garis horizontal), setelah itu lepas, lakukan hal yang sama untuk membuat Garis Lurus Tegak (garis vertical), agar garis yang dibuat benar-benar lurus, saat menyeret kursor pada halman lakukan sambil menekan tombol Shift pada Keyboard.

Untuk memberi tanda panah (markers) pada ujung garis, klik Arrow Style pada Drawing Object Properties, pilih sesuai keinginan, untuk mengubah bentuk garis klik Line Style, sedangkan untuk mengubah warna garis lakukan seperti cara pada saat mengubah warna kotak persegi panjang.

Agar gambar yang dibuat tidak terpisah-pisah karena tidak sengaja tergeser pada saat mengerjakan gambar lain, sebaiknya kelompokkan (grouping) terlebih dulu gambar yang sudah jadi, caranya klik ikon Select di pojok paling kiri Tool Drawing, kemudian seleksi gambar yang akan di kelompokkan, setelah itu klik ikon Group pada Drawing Object Properties.

Sekarang buat gambar lainnya sehingga membentuk bagan atau diagram seperti apa yang ditanyakan pada group Facebook LibreOffice Indonesia.

Catatan:
Sebenarnya untuk membuat garis bengkok pada LibreOffice dapat dilakukan secara langsung cukup dengan membuat satu garis kemudian modifikasinya meggunakan fasilitas Edit Point yang disediakan oleh Tool Drawing, namun cara ini agak rumit bagi pemula, namun bagi Anda yang sudah menguasai teknik Node Tool pada Inkscape seperti yang saya tulis pada buku Desain Grafis dengan Inkscape hal ini malah lebih mudah.

Tulisan ini merupakan copy-paste sebagian kecil dari buku Panduan LibreOffice yang sedang saya tulis, dan jika tidak ada halangan akan saya rillis tahun depan.

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Membuat Diagram di Libre Office "

  1. sangat membantu sekali
    mantap :::

    ReplyDelete
  2. ada link buat belajar LO writer gak
    seperti unutk menyusun makalah,skripsi

    terima kasih

    ReplyDelete
  3. ada link buat belajar LO writer gak
    seperti unutk menyusun makalah,skripsi

    terima kasih

    ReplyDelete
  4. Terima kasih infonya membantu saya mengerjakan tugsa

    mampir di web ku ya www.sugihacc.com
    thanks

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.