Cara Membuat Gambar Melingkar di Inkscape

Pada saat saya jaga stand BlankOn Linux di acara Gnome Asia Summit 2015 tanggal 8 - 9 Mei lalu ngobrol dengan pak Iwan Tahari, dari obrolan tersebut pak Iwan Tahari bertanya kurang lebih begini
"bagaimana caranya membentuk suatu gambar menjadi melingkar menggunakan Inkscape, dengan catatan gambar tersebut sebelumnya sudah dibuat terlebih dulu dengan posisi lurus"
Yang saya tangkap dari pertanyaan tersebut mungkin seperti gambar di bawah ini
Dari obrolan selanjutnya beliau menjelaskan apakah mungkin bisa menggunakan teknik Put on Path seperti untuk modifikasi teks namun dengan hasil teks yang terdiri beberapa huruf melingkar, bukan teksnya yang melingkari object (weleh.... susah jelasinnya) mending lihat gambar di bawah ini aja apa yang dimaksud.
Bukan begini maksudnya
Cara termudah untuk modifikasi suatu gambar yang lurus menjadi melingkar sebenarnya sudah saya tulis di buku Desain Grafis dengan Inkscape yang sudah dapat Anda beli secara online mulai bulan Februari lalu, adapun halaman yang membahas fitur ini ada di halaman 137 s/d 139 yaitu Pattern Along Path, namun di halaman tersebut pembahasannya sedikit berbeda.

Oke langsung saja saya tulis tutorial cara membuat gambar melingkar seperti pertanyaan di atas.

Buka salah satu gambar vektor yang sudah Anda buat sebelumnya menggunakan Inkscape, dalam contoh saya menggunakan gambar cicak dengan ukuran 9,00 cm x 3,00 cm seperti di bawah ini:
Buat object lingkaran dengan ukuran 4,00 cm x 4,00 cm (tidak harus dengan ukuran ini), setelah itu ubah menjadi Path 
Klik gambar cicak, kemudian lakukan teknik copy pada gambar tersebut (tekan Ctrl+C) yang nantinya akan di paste-kan ke lingkaran.

Klik atau seleksi object lingkaran yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian buka jendela pengaturan Live Path Effects, caranya klik Path => Path Effect Editor atau tekan  Shift+Ctrl+7.

Pada Jendela Pengaturan Path Effect Editor yang tampil arakhan kursor pada submenu Apply new effect, pilih Pattern Along Path, kemudian klik Add


Selanjutnya paste gambar cicak yang telah di copy sebelumnya ke object lingkaran, caranya klik ikon Paste path, maka hasilnya object lingkaran secara otomatis berubah menjadi gambar cicak melingkar.


Sampai disini kita sudah berhasil mengubah gambar yang tadinya lurus menjadi melingkar, Anda dapat mengubah posisi gambar dengan teknik Rotation atau Flip.


Untuk membuat agar gambar cicak terlihat seolah-olah seperti dalam lingkaran, buatlah object lingakaran yang ukurannya sedikit lebih besar dari gambar cicak melingkar tadi, kemudian atur agar object lingkaran berada di belakang gambar cicak.


Selain itu Anda juga dapat mengubah warna gambar cicak menjadi warna lain dengan Color Palette atau Pattern.
Selain bentuk melingkar, Anda juga dapat mengubah menjadi bentuk lain, misalnya kotak, segitiga, spiral dll.

Contoh dengan bentuk spiral, padahal aslinya cicak gak bisa melingkar begini 


Sedangkan jika teks lurus ingin dijadikan melingkar seperti cara di atas caranya sedikit berbeda, secara garis besar dapat dilakukan cara berikut: ubah teks menjadi Path, lakukan Ungroup, ubah struktur object yang berasal dari teks tadi menjadi Union, setelah itu baru lakukan teknik LPE Pattern Along Path

Demikian tutorial sederhana namun lumayan panjang yang dapat saya tulis dan bagi kali ini, sampai jumpa pada tulisan lainnya dengan tema yang berbeda.

Dibawah ini adalah video sederhana sesuai tutorial di atas



Catatan:
Untuk dapat memahami Konsep, Teknik, dan Teori Path Effect Editor, Flip, Rotation dll. silakan baca buku Desain Grafis dengan Inkscape yang sudah saya tulis
-


Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Cara Membuat Gambar Melingkar di Inkscape"

  1. nah ini yang saya cari.
    sayang baru nemu sekarang. terimakasih ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali

      Delete
  2. weh keren tutorialnya. mau tanya juga gan. inkscape punyaku kok pake bahasa indo ya. aku instal di windows.gmn caranya biar jd bahasa inggris biar bs sesuai dalam mengikuti tutorial yg anda buat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkas => Preferensi Inkscape atau tekan Shift+Ctrl+P => Antarmuka => Antarmuka => Bahasa (perlu jalan ulang) => Inggris (en)
      https://3.bp.blogspot.com/-Y9OSzfpVuk8/Vr86b_0XGfI/AAAAAAAAGt0/HgbSi96HuB8/s1600/1.ini-caranya.png

      Delete
  3. Great article thank you! Nice Share

    ReplyDelete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.