Membuat Flashdisk menjadi Bootable pada OS Windows

Dari beberapa Email yang masuk ke inbox saya ternyata masih banyak teman-teman yang menanyakan “bagaiman caranya membuat Live Linux pada Flashdisk” pertanyaan ini biasanya berasal dari teman yang memiliki Netbook tapi masih menggunakan OS Windows dan  ingin mencoba Distro Linux yang sebelumnya telah di unduh tapi merasa kesulitan untuk melakukan pemasangan pada Netbook tersebut, mungkin  mereka lama-lama penasaran juga karena sering membaca Artikel saya yang sebagian besar tentang Linux.



UNeetbootin
UnetBootin adalah aplikasi open source yang berfungsi membuat bootable Live USB untuk berbagai distribusi Linux. Sehingga kita bisa menjalankan linux langsung dari USB Flashdisk untuk melakukan pemasangan Distro Linux ke Komputer/Netbook yang tidak terpasang Drive Optic CD/DVD, kelebihan lainnya adalah kita bisa mencoba Distro Linux tanpa memerlukan hardisk dan tidak mengganggu sistem atau data yang ada di hardisk.

Aplikasi ini bisa dijalankan pada beberapa Sistem Operasi Komputer

Selain itu, kita juga bisa menambahkan berbagai plugins lainnya. Selengkapnya tentang cara penambahan plugins, bisa dibaca di http://unetbootin.wiki.sourceforge.net/useplugin

Cara Penggunaan
UNetBootin, menyediakan fitur untuk langsung download Linux dari internet atau menggunakan file ISO (CD Image) yang sebelumnya sudah kita unduh. Flashdisk diperlukan berukuran 1 GB atau lebih besar dan menggunakan format file system FAT32. Untuk Sistem Operasi Windows Aplikasi ini tidak perlu di install, tetapi bisa langsung dijalankan saja.

Sebelum Anda mempraktekkan tulisan ini ada beberapa yang harus di persiapkan terlebih dulu diantaranya:
  1. Flashdisk 2 GB atau lebih besar lebih baik.
  2. ISO/CD distro Linux BlankOn yang harus Anda Unduh terlebih dulu bagi yang belum memiliknya (tidak harus BlankOn bisa juga distro lainnya).
  3. Unetbootin yang bisa Anda unduh di situs resminya pada tautan berikut ini: http://unetbootin.sourceforge.net/

Pertama format flashdisk Anda dengan jenis FAT32, jika Anda memakai Flashdisk yang sudah ada isinya, silakan backup dulu isinya ke hardisk atau ke media simpan lainnya dengan cara Salin-Tempel, kemudian setelah Flashdisk selesai dibuat Bootable Anda bisa memasukkan kembali data tersebut.

Format Flashdisk Anda
Klik dua kali file unetbootin-windows-568.exe telah telah Anda unduh sebelumnya, atau Anda juga bisa melakukannya dengan cara klik kanan file unetbootin-windows-568.exe ->Open (hasilnya sama saja)

Tidak beberapa lama akan keluar tampilan Unetbootin, karena kita akan membuat Live USB dengan menggunakan ISO Distro Linux yang sudah diunduh sebelumnya klik saja menu yang ada tititk disebelah kanan “Diskimage” jangan lupa perhatikan juga bagian “Type” pastikan disitu sudah benar pilih “USB Drive” begitupun pada bagian “Drive” Anda harus benar-benar diperhatikan jangan sampai salah pada Flashdisk lainnya yang terpasang pada komputer (jika hanya 1 Flashdik yang terpasang gak bakalan salah), saya sarankan lebih baik jika ada beberapa Flashdisk yang terpasang silakan dilepas saja.

Lakukan pencarian pada folder kita meletakkan berkas ISO Distro Linux yang telah kita miliki, setelah ketemu klik “Open” jika keluar tampilan seperti saat pertama kita menjalankan Unetbootin klik saja “Ok”

Tidak beberapa lama kemudian akan tampil halaman proses Ekstrak ISO Distro Linux tersebut ke dalam Flashdisk yang kita miliki, lama proses yang dibutuhkan tergantung dari spesifikasi komputer yang digunakan.


Akhirnya Proses pembuatan Live USB pada Flashdisk selesai juga, Jika Anda ingin melanjutkan pekerjaan dengan menggunakan OS yang sekarang Anda pakai silakan klik “Exit” tapi kalau Anda sudah tidak sabar untuk mencoba Live USB Flashdisk yang kita buat tadi silakan klik “Reboot Now” maka secara otomatis Komputer akan restart.


Agar bisa menjalankan Live USB Flashdisk yang kita buat tadi silakan Setting BIOS Anda dengan USB FDD sebagai urutan pertama (tidak mutlak USB FDD, tergantung jenis Motherboard dan BIOS yang Anda pakai).



Dalam praktek pembuatan Artikel ini saya memakai Komputer dengan sepesifikasi sebagai berikut:
  • Motherboard: LGA (soket 775)
  • Processor: Dual Core E5300
  • RAM Memori: 2x512 MB (DDR2)
  • Flasdisk: 4 GB (merk rahasia)
  • OS: Windows XP SP3 bajakan (milik customer)
  • Untuk mengambil gambar tangkapan layar saya menggunakan tombol Printscreen dan saya paste ke dalam GIMP for Windows selanjutnya saya Simpan sebagai PNG.

Sedangkan untuk melakukan posting saya memakai Distro Linux BlankOn, dengan beberapa aplikasi yang sudah terpasang secara otomatis, misalnya, untuk Edit Gambar saya menggunakan GIMP, untuk menulis artikel secara offline menggunakan LibreOffice Writer dan untuk posting ke blog menggunakan Browser Chromium.

Indek:
Unduh: Download
Salin-Tempel: Copy-Paste
Simpan Sebagai: Save As
Berkas: File



Demikian Tutorial singkat yang dapat saya susun, bilamana ada kesamaan dengan artikel yang sudah ada sebelumnya saya mohon maaf, tidak ada maksud untuk menjiplak.

Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Membuat Flashdisk menjadi Bootable pada OS Windows"

  1. Saya mau bertanya, apakah flash disk yang sudah di bootable untuk OS Linux masih bisa di isi file2 yg lain layaknya FD seperti biasa atau FD tersebut sudah menjadi ROM? :)

    Masih newbie dan buta soal linux hehe #windows person :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Flashdisk tersebut masih seperti Flashdisk biasa, kapasitas yang masih kosong masih bisa kita isi Berkas (file)yang lain layak seperti Flashdisk lainnya, biasanya saya membuat Folder khusus dalam FD tersebut untuk menyimpan berkas, supaya tidak tercammpur dengan isi berkas OS yang ada, misalnya kita ingin menghapus salah satu berkas tidak keliru dengan file dari OS tersebut (pembeda saja istilahnya)

      Delete
  2. Owh berarti tinggal buat folder khusus untuk menyimpan file2 lain seperti doc, xls, ppt dll..
    Okey terima kasih atas jawabannya :)

    ReplyDelete
  3. Mau nanya lagi dong hehe...

    PERTAMA, saya sudah install Distro Linux BlankOn di FlashDisk saya, setelah rebot dan sudah masuk ke desktop nya Distro BlankOn, lalu di Desktop itu ada Icon "Install BlankOn 7.0" apakah saya Install dulu atau tidak usah? .. Dan apakah itu jika saya install nanti, akan ter-install di Flasdisk atau Harddisk (yg sudah ada windowsnya)

    KEDUA, saya sudah mencicipi beberapa program2 di Distro BlankOn, dari membuka gambar, musik, dan video semuanya lancar dan bagus, tetapi ada satu hal yang membuat saya kecewa ketika saya ingin membuka file2 MS Office 2010 seperti docx, pptx, xlsx, etc.. kenapa saat splash screen Open Office selesai malah ForceClose sendiri dan sudah saya lakukan sampai 10X tidak muncul2 jendela word yang akan saya ketik nantinya, apakah itu kesalahan dari saya atau BlankOn belum sempurna? ...

    Terima Kasih :)
    #Nama Saya Indra

    ReplyDelete
  4. untuk jawaban pertanyaan pertama coba baca tulisan saya sebelumnya di link ini:
    http://imgos-belajarlinux.blogspot.com/2012/01/trik-install-dualboot-pada-komputer.html
    atau buka buku panduannya yang sudah disertakan pada distro BlankOn, klik ->menu utama ->Favorite ->Help/Bantuan, baca halaman 20 s/d 27

    untuk jawaban pertanyaan kedua mungkin tulisan saya disini:
    http://imgos-belajarlinux.blogspot.com/search/label/Open%20Source
    bisa sedikit memberi gambaran

    ReplyDelete
  5. udah slesai d pasang di flashdisk mas
    trus boot, atur bios, pilih flashdisk
    udah itu pas booting cuman nongool layar item doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin Flashdisk-nya tidak mendukung untuk Live Distro linux, saya juga punya 1 Flashdisk hadiah dari sebuah seminar sampai sekarang bisa di buat Bootable, mungkin juga ISO Distro Linux-nya yang corupt, atau bisa juga Windowsnya dalah keadaan kurang baik, misal ada Virusnya

      Delete
  6. permisi gan saya mau tanya, untuk UNeetbootin bisa nggk untuk membuat banyak sistem operasi, contohnya ubuntu 11.04, linux mint, ubuntu edition dan yang lainnya pokoknya lebih dari 1.
    dan mana yang bagus diantara software ini UNeetbootin/linux live usb creator?
    makaaih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya pakai uNetbootin hanya bisa satu distro dalam 1 Flashdisk, kalau mau buat lebih satu distro dalam 1 flashdisk pakai Multisystem : http://imgos-belajarlinux.blogspot.com/2011/09/4-system-operasi-dalam-1-flashdisk.html

      Unetbootin sama live usb creator sama saja menurut saya, cuma ada sedikit perbedaan, kalau pakai Unetbootin kapasitas flashdisk yang terpakai sama dengan kapasitas ISO yang dimasukkan, misalnya besar ISO 699 Mb maka yang masuk ke Flashdisk juga segitu, tapi kalau pakai hasilnya akan berbbeda karena terjadi ekstrak ISO, untuk membuktikannya silakan dicoba sendiri

      Delete
  7. Tadinya saya mau pake linux nadia yg cinnamon. tapi setelah baca rekomendasi dari website ini jadi pengin download blank on. Karena karyanya anak negeri, jadi meskipun agak lama (45 menit) downloadnya. Beda sama cinnamon yang 10 menit sudah selesai download.Tapi tidak mengapa, berhubung bersemangat ingin tau hasilnya Blank On. Terimakasih yaah buat rekomnya, terus berkarya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap semangat pak,

      mari kita gunakan karya anak negri, sebelum di klaim negara lain

      Delete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.