Jangan mudah menyalahkan kalau belum tahu


Cerita ini hanya sedikit pengalaman waktu mengisi acara Workshop/Lokakarya pengenalan OpenSource di salah satu Yayasan yang memiliki beberapa sekolah SD dan SMP IT

Acara pertama presentasi kelebihan dan kekurangan OS/Aplikasi OpenSource

kemudian acara dilanjutkan tanya jawab

peserta 1: kalau untuk menggambar di Windows kan ada Corel Draw, kalau di OpenSource pakai apa

jawaban saya: bisa pakai Inkscape, saya pun membuka program Inkscape dan sedkit melakukan demo sederhana

akhirnya saya menjelaskan program-program lainnya yang bisa dipakai untuk menggantikan program di windows, misalnya:

Photoshop: bisa diganti GIMP, MS Office: bisa diganti LibreOffice, dll.

kemudian ada seorang guru TIK dari salah satu SMP bertanya

“apa di LibreOffice bisa membuat daftar isi secara otomatis?” saya sudah mencobanya koq tidak bisa, beberapa teman-teman juga gak bisa, tidak seperti di MS Word yang mudah cara buatnya

“maksudnya bagaimana bu?” saya pun bertanya sambil berlagak bego

kemudian bu guru tadi menunjukkan contoh daftar isi pada Skripsi yang dibawanya (Skripsi apa TA waktu itu saya kurang memperhatikkannya)

oke, sekarang ibu tunjukkan bagaimana cara membuatnya di MS Word, jawab saya sambil meminta ibu guru tadi untuk maju kedepan

eh…. ibu guru menjawab “saya juga tidak bisa membuat daftar isi di MS Word”

Gubrak……. kirain bisa......

Akhirnya saya terpaksa Demo penggunaan LibreOffice Writer, termasuk cara membuat daftar isi secara otomatis, padahal dalam daftar acara tidak ada materi tersebut

Contoh cara Membuat daftar isi secara otomatis di LibreOffice Writer


#jangan menyalahkan aplikasi di OpenSource kalau belum tahu cara menggunakannya

Postingan terkait:

6 Tanggapan untuk "Jangan mudah menyalahkan kalau belum tahu"

  1. saya gak menyalahkan aplikasinya, yang saya masalahkan itu kesalahkaprahan sedari SD saya kok di ajari cuma OS windows dan aplikasi berbayar yang udah di crak, padahal LibreOfice dan GIMP serta inkscape bisa di install di windows juga, yah paling gak mbok yo dulu walau OS windows tapi di ajari aplikasi yang freeOpen

    ReplyDelete
  2. memang butuh teknis khusus yang "tak terduga" pak, misal penguasaan writer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teknis khusus bisa dikuasai asal ada niat dan tekad

      Delete
  3. Replies
    1. Terimakasih....
      kapan-kapan kita ngobrol dan bahas LibreOffice sambil makan soto+bergedel

      Delete

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.