Mengenal Peramban Web Chromium


Apa itu Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Peramban web

Penjelajah web, dalam bahasa Inggris disebut Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang berada di internet. Penjelajah web yang populer diatanranya adalah; Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Internet Explore, dan lain-lain.
Chromium
Untuk melakukan penjelajahan (browsing) pada BlankOn tersedia aplikasi peramban (browser) yang bernama Chromium. 
Chromium merupakan proyek BlankOn bersama komunitas opensource yang bertujuan untuk membangun peramban (browser) agar saat berselancar bagi pengguna Internet lebih aman, cepat dan stabil.


Membuka Chromium
Dalam contoh saya menggunakan Chromium pad distro BlankOn 8 Rote, untuk pengguna distro lainnya silakan sesuaikan
Untuk membuka aplikasi peramban web Chromium lakukan langkah berikut: klik Menu Utama BlankOn ->> Aplikasi ->> Internet ->> Peramban Web Chromium atau bisa dengan melakukan klik  ikon Chromium di menu favorit pada BlankOn panel

Untuk membuka suatu situs, ketik alamat situs yang akan Anda buka pada bar alamat kemudian tekan ENTER, Bar Alamat dalam bahasa inggris sering disebut URL


Menambah Tab
Chromium bisa digunakan untuk membuka berbagai macam situs dalam satu waktu secara bersamaan dengan cara membuka tab baru. 
Untuk membuka tab baru, klik tanda “+” (tambah) disebelah kanan halaman yang sudah dibuka sebelumnya.


Penanda peramban (Bookmark)
Penanda Peramban atau Bookmark adalah fasilitas yang disediakan oleh peramban untuk menyimpan alamat situs yang sering dibuka. 
Untuk melakukan Bookmark pada Chromium, klik ikon bintang disamping bilah alamat, tulis sesuai judul yang diinginkan, kemudian klik Done.



Unduh (simpan) Halaman Situs
Klik kanan pada situs yang akan disimpan, kemudian pilih Simpan Sebagai (Save As) 



Tulis judul situs tersebut pada menu “Name”, pilih folder dimana akan diletakan hasil unduhan tersebut, atau bisa juga membuat folder baru dengan melakukan klik pada Buat Folder (create folder), beri nama folder tersebut, kemudian tekan Enter.


Unduh Gambar

Tulis kata kunci pada bar alamat , misalnya Komputer, pilih Images, arahkan kursor ke salah satu gambar, klik kanan pilih Save Images As, pada kotak Name isikan nama gambar sesuai dengan jenis gambar yang disimpan, kemudian klik Save.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Peramban Web Chromium"

Post a comment

Silakan langsung tulis komentar Anda jika ada pertanyaaan, koreksi atau penjelasan lainnya sesuai tema pada artikel, budayakan ber-komentar dengan baik.